Symphonic metal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Nightwish merupakan salah satu band dari genre symphonic metal. Penggunaan penyintesis sebagai piano dan string tradisional, serta vokal soprano Tarja Turunen (keluar dari band pada tahun 2005), merupakan representasi dari ciri khas genre ini.[1][2]

Symphonic metal adalah subgenre dari musik heavy metal yang menggabungkan heavy drum dan gitar dari metal dengan elemen musik klasik orkestra yang berbeda, seperti instrumen simfonik, paduan suara dan terkadang orkestra lengkap, atau bisa juga hanya orkestrasi keyboard.

Band symphonic metal sering menampilkan vokalis wanita yang terlatih menyanyikan musik klasik, sehingga menimbulkan julukan opera metal atau metal operatik. Band symphonic metal biasanya juga menampilkan vokalis kedua yang melakukan growl, ciri umum yang biasanya ditemui dalam genre gothic metal. Contoh paling khas dan menonjol dari band symphonic metal adalah band Belanda Epica dan Within Temptation, band Finlandia Nightwish, dan band Swedia Therion. Selain menambahkan banyak elemen musik klasik dasar, keempat band ini juga banyak berfokus pada elemen-elemen yang lazim dijumpai dalam partitur film.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bowar, Chad. "Highest Hopes review". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-12-09. Diakses tanggal 2008-07-14. 
  2. ^ "Nightwish – Dark Passion Play Review". Heavymetal.about.com. 2010-06-14. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-07-07. Diakses tanggal 2011-10-23.