Ian Christe

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ian Christe (lahir 1970 di Biel/Bienne, Swiss) adalah seorang penulis, disjoki dan penerbit Bazillion Points Books. Ia bersekolah di Akademi Mynderse, Tahun Penghubung Sekolah Clarkson, dan Universitas Indiana Bloomington (1987-1990).

Christe adalah penulis buku sejarah heavy metal Sound of the Beast: The Complete Headbanging History of Heavy Metal, diterbitkan dalam bahasa Inggris pada tahun 2003 dan kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis, Jerman, Finlandia, Spanyol, Jepang, Portugis, Kroasia, Italia, Ceko, Serbia, dan Polandia. Sebuah acara radio mingguan yang dikenal sebagai Bloody Roots diluncurkan pada tahun 2004 berdasarkan buku tersebut, di stasiun Hard Attack/Liquid Metal dari Sirius XM Radio. Dipandu oleh Christe, acara ini berfokus pada era atau gaya tertentu dari heavy metal, dengan Christe membahasnya secara mendalam. Dia juga menjadi pembawa acara harian singkat di saluran Sirius Buzzsaw selama beberapa tahun. Karya pertamanya yang diterbitkan adalah di fanzine IAN, dan ia memulai sebagai pembawa acara radio di WEOS di Jenewa, New York, pada usia 14 tahun.

Sebagai penulis majalah lepas, artikelnya muncul di Rolling Stone, Popular Mechanics, Spin, AP, Wired, Revolver, CMJ, Stance, Bananafish, Mother Jones, The Baffler, Chicago Reader, Warp, Blender, Salon.com, HotWired, Mass Appeal, Utne Reader, I.D., dan Guitar World. Christe juga membuat penampilan film dan televisi di VH1 Classic, MTV2, VH1, dan beberapa film dokumenter yang berhubungan dengan metal. Dia telah menulis catatan liner untuk rilis oleh Megadeth, Kematian, Mantas, William Hooker, dan lainnya.

Grup musik metalnya yang tidak biasa, Dark Noerd the Beholder, muncul di soundtrack film kultus Gummo. Christe juga merekam dengan grup musik bluegrass Grouse Mountain Skyride, band eksperimental drone metal Kuboaa, dan tampil selama tahun 2000 dan 2001 sebagai penyanyi dengan band "couvert" Jacques Dutronc Les Opportunistes, salah satu band pertama dari kebangkitan rock Brooklyn awal 2000-an.

Pada tahun 2007, Christe meluncurkan Bazillion Points Publishing untuk mempromosikan buku-buku oleh penulis yang memiliki pemikiran yang sama.

Pada tanggal 30 Juni 2010 Bazillion Points Publishing merilis Touch and Go: The Complete Hardcore Punk Zine '79-'83 oleh Tesco Vee dan Dave Stimson. Buku ini menceritakan 22 edisi Touch and Go, fanzine hardcore punk DIY. Zine adalah pendahulu dari Touch and Go Records.

Publikasi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]