Jane's Addiction

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jane's Addiction
Dave Navarro dan Perry Farrell tampil di 2010
Dave Navarro dan Perry Farrell tampil di 2010
Informasi latar belakang
AsalLos Angeles, California, Amerika Serikat
Genre
Tahun aktif
  • 1985 (1985)–1991
  • 1997
  • 2001–2004
  • 2008–sekarang
Label
Artis terkait
Situs webwww.janesaddiction.com
Anggota
Mantan anggota

Jane's Addiction adalah grup musik rok Amerika dari Los Angeles, dibentuk pada tahun 1985. Grup ini terdiri dari vokalis Perry Farrell, gitaris Dave Navarro, drummer Stephen Perkins dan bassis Chris Chaney. Jane's Addiction adalah salah satu grup pertama dari gerakan rok alternatif awal 1990-an yang mendapatkan perhatian media arus utama dan kesuksesan komersial di Amerika Serikat.

Didirikan oleh Farrell dan pemain bass asli Eric Avery setelah pembubaran band Farrell sebelumnya, Psi Com, Jane's Addiction adalah salah satu band pertama dari gerakan rok alternatif awal 1990-an yang mendapatkan perhatian media arus utama dan kesuksesan komersial di Amerika Serikat. Rilisan pertama Jane's Addiction adalah album live self-titled pada tahun 1987 dan dengan cepat menarik perhatian Warner Bros. Records. Dua album studio pertama grup, Nothing's Shocking (1988) dan Ritual de lo Habitual (1990), dirilis dengan pujian kritis yang meluas, dan basis kelompok penggemar fanatik yang meningkat. Akibatnya, Jane's Addiction menjadi ikon dari apa yang disebut Farrell sebagai "Bangsa Alternatif". Tur perpisahan awal band, pada tahun 1991, meluncurkan Lollapalooza pertama, yang sejak itu menjadi festival rok alternatif abadi.

Grup ini secara singkat bersatu kembali pada tahun 1997, dengan Flea of ​​the Red Hot Chili Peppers menggantikan Avery pada gitar bass. Pada tahun 2001, reuni kedua terjadi, dengan Martyn LeNoble—dan kemudian Chris Chaney—menempati peran sebagai pemain bass. Pada tahun 2003, grup ini merilis album studio ketiganya, Strays, sebelum bubar lagi pada tahun berikutnya.

Pada tahun 2008, formasi asli grup ini bersatu kembali dan memulai tur dunia. Eric Avery, bagaimanapun, kemudian meninggalkan grup pada awal 2010 saat grup mulai mengerjakan materi baru. Grup ini merilis album studio keempatnya The Great Escape Artist pada tahun 2011, dengan Chaney kembali ke grup untuk rekaman dan tur berikutnya, dan menampilkan TV di multi-instrumentalis Radio Dave Sitek. Pada 2016, Jane's Addiction dinominasikan untuk masuk ke Rock and Roll Hall of Fame.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Jane's Addiction". AllMusic. 
  2. ^ D.X. Ferris. "10 Best Jane's Addiction Songs". Ultimate Classic Rock. Diffuser Network.