Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night
Nama lain
Jepang劇場版 ソードアート・オンライン プログレッシブ 星なき夜のアリア
HepburnGekijōban Sōdo Āto Onrain Puroguresshibu Hoshi no Nai Yoru no Aria
SutradaraAyako Kōno
Berdasarkan
Sword Art Online
oleh Reki Kawahara
Pemeran
Penata musikYuki Kajiura
SinematograferYuki Ōshima
PenyuntingKiyoshi Hirose
Perusahaan
produksi
DistributorAniplex
Tanggal rilis
  • 2021 (2021)
NegaraJepang
BahasaJepang

Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night (劇場版 ソードアート・オンライン -プログレッシブ- 星なき夜のアリア, Gekijōban Sōdo Āto Onrain -Puroguresshibu- Hoshi no Nai Yoru no Aria) adalah film petualangan aksi fiksi ilmiah animasi Jepang tahun 2021 berdasarkan novel Sword Art Online yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec. Film ini diproduksi oleh A-1 Pictures dan disutradarai oleh Ayako Kawano, dan merupakan bagian resmi dari alur cerita Sword Art Online, menampilkan desain karakter oleh Kento Toya dan musik oleh Yuki Kajiura. Ini adalah film kedua setelah Sword Art Online The Movie: Ordinal Scale dari serial Sword Art Online. Film ini menggambarkan kisah pertemuan antara Kirito dan Asuna, meliput peristiwa di lantai pertama Aincrad, khususnya perjuangan awal Asuna untuk menghadapi realitas dunia barunya, yaitu yang ditulis dari sudut pandang Asuna.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2022, Akihiko Kayaba menciptakan sebuah virtual reality massively multiplayer online role-playing game (VRMMORPG) bernama Sword Art Online (SAO).[a] NerveGear adalah mesin atau helm FullDive generasi ke-2 yang dibuat oleh perusahaan bernama Argus, oleh ilmuwan dalang Akihiko Kayaba. Ini memiliki satu antarmuka yang menutupi seluruh kepala dan wajah pemain. Itu sepenuhnya mengendalikan kesadaran pemain dengan mengarahkan kembali sinyal yang dikirim otak ke tubuh dan mengirimkan gelombangnya sendiri untuk merangsang panca indera, sehingga mereka dapat mengalami dan mengontrol karakter dalam game mereka dengan pikiran mereka, tanpa gerakan fisik. Ia memiliki sumber baterai sendiri, serta pemancar gelombang mikro elektromagnetik frekuensi tinggi. Itu adalah teknologi VR pertama yang diproduksi secara massal.

Pada tanggal 6 November 2022, 10.000 pemain login ke dunia maya mainframe SAO untuk pertama kalinya dengan ekspektasi tinggi pada game generasi berikutnya tetapi akhirnya hanya menemukan bahwa mereka tidak dapat keluar dari game yaitu mereka terjebak di dalam game mematikan dari pencipta game tersebut. Sementara itu, Akihiko Kayaba muncul hanya untuk memberi tahu para pemain bahwa jika mereka ingin bebas maka mereka harus mengalahkan 100 lantai Aincrad, kastil baja yang merupakan setting SAO. Itulah satu-satunya cara pemain bisa log out, membebaskan diri mereka dari cengkeraman rencana jahat Akihiko. Dia juga menyatakan bahwa mereka yang menderita kematian dalam game atau secara paksa menghapus NerveGear di luar game akan menderita kematian dalam kehidupan nyata, yang berarti tidak bisa kembali.

Asuna Yuuki memasuki game mematikan ini. Saat memasuki permainan, Dia merasa sangat sedih karena jatuh ke dalam jebakan. Dia memutuskan untuk mengisolasi dirinya dari kelompok dan guild yang lebih besar, dibentuk untuk menyerang setiap bos lantai karena ada bahaya menjadi petarung tunggal dalam masyarakat guild yang terdiri dari pemain yang semakin putus asa. Karena itu, dia bersumpah untuk bertarung sendirian. Dia adalah pemain yang sangat terampil yang dikenal sebagai "Lightning Flash". Kemudian, Dia menjadi Wakil Komandan Knight of Blood.

Kazuto Kirigaya, juga dikenal sebagai "Kirito" adalah salah satu dari 1.000 penguji di beta tertutup game sebelumnya. Dia memiliki keuntungan dari pengalaman bermain game VR sebelumnya. Pada hari pertama penyerangan, dia memutuskan untuk melindungi beta tester lainnya dari diskriminasi. Dia mengisolasi dirinya dari kelompok yang lebih besar dan memainkan permainan itu sendiri, memakai mantel "beater", sebuah portmanteau dari "beta tester" dan "cheater". Setiap hari telah menjadi perjuangan baginya untuk bertahan hidup sehingga mengalahkan rasa takut yaitu, untuk tumbuh lebih kuat.

Setelah satu bulan rilis, lebih dari dua ribu pemain telah kehilangan nyawa mereka karena para pemain tidak dapat bertahan dalam iklim VRMMORPG yang sangat sulit dan keras. Seiring kemajuan pemain sepanjang permainan, Kirito berteman dengan Asuna karena dia adalah pemain level tinggi yang langka. Mereka berakhir dalam hubungan romantis dan bahkan menikah secara resmi dalam game. Keduanya memutuskan untuk bertarung bersama sehingga mereka dapat membebaskan diri mereka sendiri serta orang lain dari permainan dan menjalani kehidupan normal. Mereka pun memutuskan untuk bertemu, bahkan bertukar nama dan alamat asli agar bisa melanjutkan hubungan asmara mereka.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Nama Tokoh Pengisi Suara
Inggris Jepang (Nihongo) Jepang[1] Inggris
Kirito / Kazuto Kirigaya Kirito (キリト) / Kirigaya Kazuto (桐ヶ谷 和人) Yoshitsugu Matsuoka Bryce Papenbrook
Asuna / Asuna Yuuki Asuna (アスナ) / Yuuki Asuna (結城 明日奈) Haruka Tomatsu Cherami Leigh
Mito / Misumi Tozawa Mito (ミト) [2] Inori Minase Anairis Quiñones

Produksi[sunting | sunting sumber]

Setelah akhir dari Sword Art Online: Alicization - War of Underworld (digantikan oleh Mahōka Kōkō no Rettōsei: Raihōsha-hen dan setelahnya Mahōka Kōkō no Yūtōsei, 86 -EIGHTY SIX- dan Date A Live IV), sebuah film anime yang diadaptasi dari Sword Art Online: Progressive diumumkan pada 19 September 2020.[3] Sebuah trailer teaser pertama dan visual utama dari film anime juga dirilis pada hari yang sama.[4] Trailer teaser resmi dari film anime telah dirilis di AnimeUS, yang menampilkan Asuna dalam pakaian sipil menatap iklan Sword Art Online, sebuah game virtual reality (VR), yang dikembangkan oleh perusahaan bernama Argus dan dijadwalkan rilis pada 6 November 2022.[5] Visual utama menampilkan Asuna menghunus pedangnya, saat kota besar Aincrad melayang di atas kepalanya.[6]

Trailer film tersebut dirilis di Anime US dan Aniplex USA pada tanggal 8 November dan 19 November 2020 masing-masing.[7][8] Trailer pertama dari film tersebut dirilis dari akun Twitter resmi anime tersebut.[9] Itu kemudian diturunkan menjadi film baru berjudul Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night, sesuai situs resmi anime Inggris. Film ini akan tayang perdana pada tahun 2021. Film ini telah diadaptasi dari volume pertama dari seri novel ringan Sword Art Online: Progressive. Seri novel ringan ini adalah versi baru dari kisah Sword Art Online yang dimulai di awal petualangan epik Kirito dan Asuna - di level paling pertama dari dunia Aincrad yang sangat sulit dan mematikan.

Ayaka Kawano mengarahkan film tersebut, dengan Yasuyuki Kai sebagai sutradara aksi, dan A-1 Pictures kembali untuk produksi.[10] Para pengisi suara dari serial anime kembali mengulangi peran mereka dalam film, termasuk pengisi suara Yoshitsugu Matsuoka sebagai Kirito dan Haruka Tomatsu sebagai Asuna.

Pada 27 Maret 2021, diumumkan bahwa film tersebut akan dirilis secara teatrikal di Jepang pada Q4 2021. Bersamaan dengan trailer baru, visual key kedua dirilis, dengan Inori Minase bergabung sebagai pemeran sebagai karakter baru Mito.[11]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Jepang[sunting | sunting sumber]

Film ini akan tayang perdana pada tahun 2021 di Jepang.[12] Pemesanan tiket di muka diumumkan pada 25 Desember 2020 di situs web resmi film. Versi teater dari tiket muka edisi terbatas pertama menggunakan visual teaser dengan Asuna berdiri di depan Aincrad dirilis pada 28 Desember 2020 dan berakhir pada 11 Januari 2021 (Senin) di situs web Aniplex+.[13] Aniplex mengumumkan bahwa tiket muka edisi terbatas pertama film tersebut telah mencatat penjualan tiket muka tercepat di dunia. Tiket muka edisi terbatas ini diharapkan akan dikirim pada akhir Februari 2021.[14]

Sebuah pameran panggung untuk film tersebut diumumkan pada 18 Februari 2021 yang akan diadakan di "Connect Green Stage" Anime Japan 2021 dari 27 Maret hingga 28 Maret 2021,[15] dengan acara yang diadakan secara online karena pandemi COVID-19.[16][17][18]

Internasional[sunting | sunting sumber]

Aniplex of America telah melisensikan film tersebut untuk dirilis di bioskop Amerika Utara pada tahun 2021.[19]

Indonesia juga direncanakan akan menayangkan film ini 11 Desember 2021 sebagai Fans Screening/Penayangan Perdana yang ditayangkan di beberapa bioskop di Ibukota. Penayangan Nasional akan dimulai pada 5 Januari 2022 di seluruh bioskop Indonesia.

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Film sekuel berjudul Sword Art Online The Movie: Progressive - Scherzo of Deep Night akan dibuka pada tahun 2022.[20]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seperti yang digambarkan dalam volume pertama dari seri novel ringan Sword Art Online: Progressive

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "STORY・CHARACTER". sao-p.net (dalam bahasa Japanese). Aniplex. Diakses tanggal 2021-03-27. 
  2. ^ "『劇場版 ソードアート・オンライン -プログレッシブ- 星なき夜のアリア』オフィシャルサイト". sao-p.net (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 2021-07-05. 
  3. ^ "SAO:「ソードアート・オンライン プログレッシブ」アニメ化". MANTANWEB(まんたんウェブ) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 Maret 2021. 
  4. ^ Jennings, Collier (2020-09-21). "Sword Art Online: Progressive Series Confirmed, Drops a Teaser Trailer". CBR (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  5. ^ "Sword Art Online: Progressive - Official Teaser - YouTube". www.youtube.com. Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  6. ^ "Upcoming Sword Art Online Film". Twitter. 19 September 2020. Diakses tanggal 19 September 2020. 
  7. ^ Loo, Egan (19 September 2020). "Sword Art Online: Progressive Light Novels Get Anime". Anime News Network (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Februari 2021. 
  8. ^ "Sword Art Online: Progressive The Movie – Official Trailer – YouTube". www.youtube.com. Diakses tanggal 4 Februari 2021. 
  9. ^ "アニメ ソードアート・オンライン 公式". Twitter. 
  10. ^ Loo, Egan (8 November 2020). "Sword Art Online: Progressive Anime Is Film Opening in 2021 From A-1 Pictures". Anime News Network. Diakses tanggal 4 Februari 2021. 
  11. ^ Harding, Daryl (27 Maret 2021). "Sword Art Online Progressive: Aria of a Starless Night Anime Film Premieres in Japan in Autumn 2021". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 27 Maret 2021. 
  12. ^ "SAO:「劇場版 ソードアート・オンライン プログレッシブ 星なき夜のアリア」2021年公開". MANTANWEB(まんたんウェブ) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 Maret 2021. 
  13. ^ "『劇場版 ソードアート・オンライン プログレッシブ 星なき夜のアリア』オフィシャルサイト". 『劇場版 ソードアート・オンライン プログレッシブ 星なき夜のアリア』オフィシャルサイト (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 4 Februari 2021. 
  14. ^ "劇場版 ソードアート・オンライン プログレッシブ 星なき夜のアリア 限定版前売券 第1弾|ANIPLEX+". ANIPLEX+ (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 4 Februari 2021. 
  15. ^ "AnimeJapan 2021". AnimeJapan 2021 (dalam bahasa Jepang). 18 Februari 2021. Diakses tanggal 20 Februari 2021. 
  16. ^ Lang, Nico (18 February 2021). "Neues Projekt von A-1 Pictures und Aniplex angekündigt | Anime2You". www.anime2you.de (dalam bahasa Jerman). Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  17. ^ LÓPEZ, FRANCISCO (19 Februari 2021). "Anime Japan 2021: Lineup revela paneles con Attack on Titan, Demon Slayer, My Hero Academia y más". BitMe (dalam bahasa Spanyol). Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  18. ^ "AnimeJapan 2021". AnimeJapan 2021 (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  19. ^ "SWORD ART ONLINE the Movie -PROGRESSIVE- Official Website". Aniplex of America. Diakses tanggal 18 Maret 2021. 
  20. ^ Hodgkins, Crystalyn (November 1, 2021). "Sword Art Online Progressive Anime Gets New Film in 2022". Anime News Network. Diakses tanggal November 1, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]