Sword Art Online The Movie: Progressive - Scherzo of Deep Night

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sword Art Online The Movie: Progressive - Scherzo of Deep Night
Poster rilis teatrikal
Nama lain
Jepang劇場版 ソードアート・オンライン -プログレッシブ- 冥き夕闇のスケルツォ
HepburnGekijōban Sōdo Āto Onrain Puroguresshibu Kuraki Yūyami no Sukerutso
SutradaraAyako Kōno
Produser
  • Shintarou Kawakami
  • Kaoru Adachi
  • Yousuke Futami
  • Keisuke Hirai
  • Masami Niwa
SkenarioYukito Kizawa
CeritaReki Kawahara
Berdasarkan
Sword Art Online
oleh Reki Kawahara
Pemeran
Penata musikYuki Kajiura
SinematograferYuki Ōshima
PenyuntingKiyoshi Hirose
Perusahaan
produksi
DistributorAniplex
Tanggal rilis
  • 22 Oktober 2022 (2022-10-22)
Durasi100 menit
NegaraJepang
BahasaBahasa Jepang
Pendapatan
kotor
US$8.69 juta[1][2]

Sword Art Online The Movie: Progressive - Scherzo of Deep Night (Jepang: 劇場版 ソードアート・オンライン -プログレッシブ- 冥き夕闇のスケルツォ, Hepburn: Gekijōban Sōdo Āto Onrain Puroguresshibu Kuraki Yūyami no Sukerutso) adalah sebuah film petualangan aksi fiksi ilmiah animasi Jepang tahun 2022 yang didasarkan pada Sword Art Online: Progressive yang ditulis oleh Reki Kawahara dan diilustrasikan oleh abec dan merupakan sekuel dari film Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night tahun 2021. Staf dan pemeran dari film pertama mengulangi peran mereka, termasuk produksi oleh A-1 Pictures dan arahan oleh Ayako Kōno, dengan desain karakter oleh Kento Toya dan musik oleh Yuki Kajiura. Film ini dirilis pada tanggal 22 Oktober 2022.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Dua bulan telah berlalu sejak permainan mematikan itu dimulai, dan Kirito dan Asuna terus membuat kemajuan. Mereka berhenti untuk mencari harta karun, tetapi kemudian mereka harus menghadapi monster yang paling tidak disukai Asuna.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Nama Tokoh Pengisi Suara
Inggris Jepang (Nihongo) Jepang[3] Inggris[4]
Kirito / Kazuto Kirigaya Kirito (キリト) / Kirigaya Kazuto (桐ヶ谷 和人) Yoshitsugu Matsuoka Bryce Papenbrook
Asuna / Asuna Yuuki Asuna (アスナ) / Yuuki Asuna (結城 明日奈) Haruka Tomatsu Cherami Leigh
Argo / Carina Tomo Hosaka Arugo (アルゴ) / Hosaka Karīna Tomo (帆坂 カリーナ 朋) Shiori Izawa Kimberley Anne Campbell
Mito / Misumi Tozawa Mito (ミト) [5] / Tozawa Misumi (兎沢 深澄) Inori Minase Anairis Quiñones
Liten Rīten (リーテン) Kaede Hondo AmaLee
Morte Morute (モルテ) Yūsuke Kobayashi A.J. Beckles
Agil / Andrew Gilbert Mills Egiru (エギル) / Andoryū Girubāto Miruzu / (アンドリュー・ギルバート・ミルズ) Hiroki Yasumoto Patrick Seitz
Kibao Kibaō (キバオウ) Tomokazu Seki Derek Stephen Prince

Produksi[sunting | sunting sumber]

Tidak lama setelah perilisan Sword Art Online The Movie: Progressive - Aria of a Starless Night, sebuah film sekuel dan judulnya diumumkan, dengan jadwal rilis pada tahun 2022.[6] Staf dan pemeran dari film sebelumnya mengulangi peran mereka, seperti produksi oleh A-1 Pictures dan pengarahan oleh Ayako Kōno, dengan desain karakter oleh Kento Toya dan musik oleh Yuki Kajiura.[7] Eir Aoi membawakan lagu utama film, "Shinzō" (心臓, "Heart").[3]

Film ini mengadaptasi volume keempat dari seri novel ringan karena salah satu alur cerita keseluruhan dari seri tersebut belum selesai.[8]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Film ini awalnya dijadwalkan untuk melakukan pemutaran awal pada 24 Agustus 2022, sebelum rilis teatrikal penuh pada 10 September.[3] Namun, perilisannya ditunda hingga 22 Oktober karena pandemi COVID-19.[9][10] Aniplex of America melisensikan film ini untuk dirilis di Amerika Utara dan Kanada pada 3 Februari 2023.[4] Film ini telah dirilis di Pakistan pada 17 Februari 2023.[11]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Richard Eisenbeis dari Anime News Network memberikan film ini rating 'C+', memuji pembangunan dunia, produksi, dan soundtracknya, namun mengkritik ketergantungannya yang berlebihan pada kiasan yang sama dengan yang ada di prekuelnya, sehingga membuat film ini "lebih mudah ditebak dan kurang kuat secara emosional."[12] Menulis untuk The Guardian, Phil Hoad memberi film ini dua dari lima bintang, memuji urutan aksi dan animasinya, tetapi mengkritik plotnya, mencatat "ada sedikit ambisi yang berharga di sini di luar apa yang terasa seperti transposisi yang kikuk dan berlebihan dari pengalaman bermain video game."[13] Sementara itu, Nick Valdez dari Comic Book Resources memberikan ulasan positif, memuji produksi dan karakternya, tetapi mencatat bahwa film ini ditujukan bagi pemirsa lama dan penggemar waralaba Sword Art Online.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sword Art Online Progressive Scherzo of a Dark Dusk (2022)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal 1 November 2022. 
  2. ^ "Sword Art Online: Progressive - Scherzo of a Dark Dusk". 
  3. ^ a b c Mateo, Alex (2 Agustus 2022). "2nd Sword Art Online Progressive Anime Film Reveals New Trailer, Theme Song by Eir Aoi". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Oktober 2022. 
  4. ^ a b Saabedra, Humberto (18 November 2022). "Sword Art Online the Movie -Progressive- Scherzo of Deep Night Gets North American Theatrical Screenings In February 2023". Crunchyroll. Diakses tanggal 18 November 2022. 
  5. ^ "『劇場版 ソードアート・オンライン -プログレッシブ- 星なき夜のアリア』オフィシャルサイト". sao-p.net (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 5 Juli 2021. 
  6. ^ Hodgkins, Crystalyn (1 November 2021). "Sword Art Online Progressive Anime Gets New Film in 2022". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Oktober 2022. 
  7. ^ Mateo, Alex (1 Juli 2022). "2nd Sword Art Online Progressive Anime Film Reveals Trailer, Cast, Staff". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Oktober 2022. 
  8. ^ Kawahara, Reki [@kunori] (November 1, 2021). 原作をお読み下さっている方は、「ロンドやコンチェルトやバルカローレは?」とお思いかもしれませんが、エルフ戦争クエストが完結していない等々の事情により今回は『スケルツォ』が映像化されることとなりました。必ずご満足頂ける作品になると確信しておりますので、応援よろしくお願いします! (Tweet) (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 6 Oktober 2022 – via Twitter. 
  9. ^ Hodgkins, Crystalyn (22 Agustus 2022). "2nd Sword Art Online Progressive Film Delayed Due to COVID-19". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Oktober 2022. 
  10. ^ Pineda, Rafael (6 September 2022). "2nd Sword Art Online Progressive Film Opens on October 22 After COVID-19 Delay". Anime News Network. Diakses tanggal 6 Oktober 2022 2022. 
  11. ^ "https://twitter.com/cinepax_cinema/status/1624468310380392449". Twitter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 17 Fenruari 2023.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  12. ^ Eisenbeis, Richard (29 Oktober 2022). "Review: Sword Art Online the Movie -Progressive- Scherzo of Deep Night". Anime News Network. Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  13. ^ Hoad, Phil (30 Januari 2023). "Sword Art Online Progressive: Scherzo of Deep Night review – dungeon-crawler drama". The Guardian. Diakses tanggal 31 Januari 2023. 
  14. ^ Valdez, Nick (31 Januari 2023). "Sword Art Online Progressive: Scherzo of Deep Night Review: Fall in Love With the Anime All Over Again". Comic Book Resources. Diakses tanggal 31 Januari 2023. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]