Stranger Things

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stranger Things
Stranger Things logo.png
Genre
PembuatThe Duffer Brothers
Pemeran
Penata musik
  • Kyle Dixon
  • Michael Stein
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
Jmlh. musim4
Jmlh. episode34 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
  • The Duffer Brothers
  • Shawn Levy
  • Dan Cohen
  • Cindy Holland
  • Brian Wright
  • Matt Thunell
  • Karl Gajdusek
  • Iain Paterson
  • Curtis Gwinn
Lokasi produksiJackson, Georgia
Sinematografi
  • Tim Ives
  • Tod Campbell
  • Lachlan Milne
  • David Franco
  • Ricardo Diaz[1]
Penyunting
  • Dean Zimmerman
  • Kevin D. Ross
  • Nat Fuller
  • Katheryn Naranjo
Durasi42–139 Menit
Rumah produksi
  • 21 Laps Entertainment
  • Monkey Massacre
  • Upside Down Pictures (musim 5)[2]
DistributorNetflix Originals
Anggaran$270 million (season 4)[3]
Rilis
Jaringan asliNetflix
Format gambar
Format audioDolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli15 Juli 2016 (2016-07-15) –
sekarang
Pranala luar
Situs web

Stranger Things adalah serial televisi web fiksi ilmiah, Fantasi,Horor dari Amerika Serikat yang dibuat, ditulis, diarahkan, dan diproduksi oleh The Duffer Brothers, serta co-executive yang diproduksi oleh Shawn Levy dan Dan Cohen. Musim pertama dari serial ini dirilis di Netflix pada 15 Juli 2016, dengan musim kedua, ketiga dan keempat masing-masing menyusul pada Oktober 2017, Juli 2019, dan Mei dan Juli 2022. Pada Februari 2022, serial ini diperbarui untuk musim kelima sekaligus yang terakhir.

Berlatar pada tahun 1980-an, di kota fiksi Hawkins, Indiana, serial ini berfokus di sekitar banyak peristiwa supernatural yang terjadi di kota, khususnya hubungan mereka dengan realitas alternatif yang disebut "Upside Down", hal tersebut muncul akibat fasilitas eksperimen anak pemerintah Amerika Serikat. Serial ini dibintangi oleh Winona Ryder, David Harbour, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Noah Schnapp, Sadie Sink, Joe Keery, Cara Buono, Matthew Modine, Dacre Montgomery, Sean Astin, Paul Reiser, Maya Hawke, Priah Ferguson dan Brett Gelman.

The Duffer Brothers mengembangkan Stranger Things sebagai campuran drama investigasi dan elemen supernatural yang digambarkan dengan horor, fiksi ilmiah, dan fantasi kekanak-kanakan. Berlatar pada tahun 1980-an, Duffer Brothers memasukkan referensi ke pop kultur dari dekade itu sementara tema dan aspek penyutradaraan terinspirasi oleh karya Steven Spielberg, David Lynch, Stephen King, Wes Craven dan H.P. Lovecraft. Mereka juga mengambil inspirasi dari eksperimen yang dilakukan saat Perang Dingin dan Teori konspirasi yang melibatkan eksperimen rahasia pemerintah.

Stranger Things telah mendapatkan rekor pemirsa di Netflix, dan dipuji oleh para kritikus karena karakterisasi, atmosfer, akting, soundtrack, penyutradaraan, penulisan, dan penghormatannya pada film 1980-an. Kritikus menganggap Stranger Things sebagai salah satu seri unggulan Netflix, yang telah mencapai banyak penggemar yang berdedikasi dan dikreditkan dengan meluncurkan karier dari pemeran mudanya. Stranger Things telah menerima banyak penghargaan dan nominasi, termasuk nominasi dari Penghargaan Golden Globe, British Academy Television Awards, Directors Guild of America Award, Writers Guild of America Award, dan Penghargaan Grammy, serta kemenangan dari Primetime Emmy Award, Screen Actors Guild Award for Outstanding Performance by an Ensemble in a Drama Series, Lembaga Film Amerika, Critics' Choice Television Awards dan People's Choice Awards.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Stranger Things berlatar di kota pedesaan fiksi Hawkins, Indiana pada awal tahun 1980-an. Laboratorium Nasional Hawkins di dekatnya seolah-olah melakukan penelitian ilmiah untuk Departemen Energi Amerika Serikat, tetapi secara diam-diam melakukan eksperimen ke dalam paranormal dan supranatural, termasuk yang melibatkan subjek uji coba untuk manusia. Secara tidak sengaja, mereka telah membuat portal ke dimensi alternatif yang disebut "the Upside turn". Pengaruh Upside Down mulai memengaruhi penghuni Hawkins secara tidak sadar dengan cara yang tidak menyenangkan.[4][5]

Musim pertama dimulai pada bulan November 1983, ketika Will Byers (Noah Schnapp) diculik oleh makhluk dari Upside Down. Ibunya, Joyce dan kepala polisi kota, Jim Hopper mencari Will. Pada saat bersamaan, seorang gadis psikokinetik muda bernama Eleven ( Millie Bobby Brown )kabur dari laboratorium dan membantu teman-teman Will seperti Mike Wheeler (Finn Wolfhard), Dustin Henderson (Gaten Matarazzo) dan Lucas Sinclair (Caleb McLaughlin), dengan usaha mereka sendiri untuk menemukan Will.[6]

Musim kedua ditetapkan setahun kemudian, dimulai pada bulan Oktober 1984. Will telah diselamatkan, tetapi sedikit yang tahu mengenai kejadiannya. Ketika Will ditemukan, Will masih dipengaruhi oleh hal negatif dari Upside Down, teman dan keluarganya mengetahui ada ancaman yang lebih besar terhadap alam semesta mereka yang berasal dari Upside Down.[7][8][9][10][11][12][13]

Musim ketiga ditetapkan beberapa bulan kemudian, pada hari-hari menjelang perayaan Fourth of July pada tahun 1985. Pusat perbelanjaan "Starcourt" yang baru telah menjadi pusat perhatian bagi penduduk Hawkins, membuat sebagian besar toko lain gulung tikar. Hopper menjadi semakin khawatir tentang hubungan Eleven dan Mike sambil tetap berusaha merawat Joyce. Tanpa diketahui ke kota, sebuah laboratorium rahasia Soviet di bawah Starcourt berusaha untuk membuka pintu gerbang ke Upside Down, memungkinkan entitas dari Upside Down untuk memiliki orang-orang di Hawkins dan menciptakan kengerian baru untuk dihadapi.

Musim keempat ditetapkan beberapa bulan kemudian, pada Maret 1986. Joyce, Will, Eleven, dan Jonathan telah pindah ke Lenora, California untuk memulai awal yang baru. Di California, Eleven berjuang dengan kehilangan kekuatannya dan diintimidasi di sekolah. Sementara itu, di Hawkins, makhluk dari Upside Down, entitas yang kemudian dijuluki Vecna, mulai membunuh penduduk Hawkins, membuka gerbang baru antara dua dunia dalam prosesnya. Berencana untuk menghentikan Vecna, Dr. Sam Owens dan Dr. Martin Brenner membawa Eleven ke fasilitas untuk membantunya mendapatkan kembali kekuatannya. Sementara itu, Joyce dan Murray terbang ke Rusia untuk menyelamatkan Hopper dari Gulag di Kamchatka.

Pemain dan Karakter[sunting | sunting sumber]

The Duffer Brothers, Shawn Levy dan pemain utama musim kedua Stranger Things di San Diego Comic-Con International 2017

Pemain Utama[sunting | sunting sumber]

  • Winona Ryder sebagai Joyce Byers,[14] Ibu dari Will dan Jonathan Byers. Dia bercerai dengan Lonnie Byers. Di musim kedua, dia berkencan dengan teman sekelasnya dari sekolah menengah, Bob, sampai Bob meninggal di musim yang sama.
  • David Harbour sebagai Jim Hopper,[14] Kepala Departemen Polisi Hawkins. Setelah anak perempuannya meninggal karena kanker, Hopper bercerai dan menjadi pecandu minuman alkohol. Akhirnya, ia tumbuh menjadi lebih bertanggung jawab, menyelamatkan Will Byers serta mengambil Eleven sebagai putri angkatnya.
  • Finn Wolfhard sebagai Mike Wheeler,[15] putra dari Karen dan Ted, Adik dari Nancy, salah satu dari sahabat Will Byers. Seorang siswa yang cerdas, teliti dan berkomitmen terhadap teman-temannya. Dia jatuh cinta pada Eleven.
  • Millie Bobby Brown[15] sebagai Eleven ("El"), seorang gadis muda dengan kemampuan Psikokinesis dan kosakata yang terbatas. Nama aslinya adalah Jane, putri biologis Terry Ives. Setelah melarikan diri dari Laboratorium Hawkins, dimana ia dijadikan sebagai bahan eksperimen, dia berteman dengan Mike, Dustin, dan Lucas. Dia jatuh cinta pada Mike.
  • Gaten Matarazzo sebagai Dustin Henderson,[15] salah satu sahabat Will. Dia menderita cleidocranial dysplasia yang menyebabkan dia cadel. Di musim kedua, dia bangga dengan gigi depan barunya dan tertarik pada Max. Di musim 3, dia mendapatkan pacar, Suzie, yang dia temui di Camp Know Where.
  • Caleb McLaughlin sebagai Lucas Sinclair,[15] salah satu sahabat Will. Dia mewaspadai Eleven tapi kemudian berteman dengannya. Pada musim kedua, dia juga tertarik pada Max, hingga akhirnya mereka berpacaran. Dia menjadi lebih populer di musim 4 akibat bergabung dengan tim bola basket SMA Hawkins.
  • Natalia Dyer sebagai Nancy Wheeler,[15] putri dari Karen dan Ted dan kakak dari Mike. Pada musim pertama, dia adalah pacar Steve Harrington. Pada musim kedua, ia menjadi pacar Jonathan Byers. Dia adalah seorang jurnalis yang bercita-cita tinggi.
  • Charlie Heaton sebagai Jonathan Byers,[15] kakak dari Will Byers dan putra dari Joyce Byers. Dia adalah remaja yang pendiam dan pemalu di sekolah, fotografer yang bercita-cita tinggi. Dia dekat dengan ibu dan saudara laki-lakinya dan dia menjadi pacar Nancy Wheeler.
  • Cara Buono sebagai Karen Wheeler (musim 1–3; pendukung musim 4),[16] Ibu dari Nancy, Mike dan Holly.
  • Matthew Modine sebagai Martin Brenner (musim 1 dan 4; pendukung musim 2),[17] ilmuwan yang bertanggung jawab atas Laboratorium Hawkins dan melatih Eleven. Manipulatif dan terpencil, dia dan timnya mencari Eleven di musim 1. Dia disebut sebagai 'Papa' oleh Eleven. Di musim 4, dia kembali untuk membantu Eleven mendapatkan kekuatannya kembali.[18]
  • Noah Schnapp sebagai Will Byers (musim 2–sekarang; pendukung musim 1),[15] adik dari Jonathan Byers dan putra dari Joyce Byers. Dia ditangkap oleh monster dari "Upside Down", sebuah dimensi alternatif yang ditemukan oleh ilmuwan dari Laboratorium Hawkins..[19] Schnapp dipromosikan menjadi pemain reguler untuk musim kedua, setelah menjadi pemain pendukung di musim pertama.[20]
  • Sadie Sink sebagai Maxine "Max" Mayfield / "Madmax" (musim 2–sekarang), adik tiri dari Billy. Seorang tomboi yang menarik perhatian Lucas dan Dustin, akhirnya berkencan dengan Lucas. Di musim 4, dia adalah salah satu remaja yang diincar oleh Vecna.[20]
  • Joe Keery sebagai Steve Harrington (musim 2–sekarang; pendukung musim 1), seorang siswa SMA yang populer dan pacar Nancy Wheeler. Dia mengucilkan Jonathan Byers tetapi kemudian datang untuk berteman dengannya. Dia dan Nancy kemudian putus di musim kedua. Ia dikenal sebagai 'babysitter' di grupnya karena sering ditinggal menjaga anak-anak, terutama Dustin yang paling dekat dengannya.[21][20]
  • Dacre Montgomery sebagai Billy Hargrove (musim 2–3; tamu musim 4), kakak tiri Max yang kasar. Dia menantang popularitas Steve. Di musim 3, dia dikendalikan oleh Mind Flayer dan kemudian mengorbankan dirinya untuk melindungi lainnya.[20]
  • Sean Astin sebagai Bob Newby (musim 2; tamu musim 3), mantan teman sekolah Joyce dan Hopper. Pada musim kedua, ia pemilik Toko Radio Hawkins[22] dan merupakan pacar Joyce.[12]
  • Paul Reiser sebagai Sam Owens (musim 2 dan 4; tamu musim 3), seorang kepala eksekutif Departemen Energi. Dia menggantikan Brenner sebagai direktur Laboratorium Hawkins. Dia keras kepala dan berkomitmen untuk penelitian ilmiah, tetapi berempati dengan penduduk Hawkins dan membantu Hopper mengadopsi Eleven.[22]
  • Maya Hawke sebagai Robin Buckley (musim 3–sekarang), seorang gadis yang bekerja bersama Steve di toko es krim di mal yang kemudian mengaku sebagai lesbian. Dia dan Steve Harrington menjadi teman dekat.[23]
  • Priah Ferguson sebagai Erica Sinclair (musim 3–sekarang; pendukung musim 2), adik perempuan Lucas yang ikut membantu grup. Dia terungkap sangat cerdas dan sangat tertarik pada D&D.[23]
  • Brett Gelman sebagai Murray Bauman (musim 4; pendukung musim 2–3), seorang ahli teori konspirasi, penyelidik swasta dan teman lama Hopper yang membantu Nancy dan Jonathan di musim 2 dan Hopper dan Joyce di musim 3 dan 4.

Episode[sunting | sunting sumber]

MusimEpisodeWaktu rilis
1815 Juli 2016 (2016-07-15)
2927 Oktober 2017 (2017-10-27)
384 Juli 2019 (2019-07-04)
49727 Mei 2022 (2022-05-27)
21 Juli 2022 (2022-7-1)

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Netflix awalnya tidak mengungkapkan jumlah pemirsa untuk serial aslinya, dan Symphony Technology Group mengumpulkan data untuk musim tersebut berdasarkan orang-orang yang menggunakan perangkat lunak pada ponsel mereka yang mengukur tayangan televisi dengan mendeteksi suara program. Menurut Symphony, dalam 35 hari pertama rilis, Stranger Things memiliki rata-rata rating sekitar 14,07 juta orang dewasa berusia antara 18–49 tahun di Amerika Serikat. Ini menjadikannya tontonan tertinggi ketiga pada musim itu di Amerika Serikat, di belakang musim pertama Fuller House dan musim keempat Orange Is the New Black.[24] Dalam analisis September 2016, Netflix menemukan bahwa Stranger Things "memikat" pemirsa dengan episode kedua dari musim pertama, menunjukkan bahwa episode kedua adalah "angsuran pertama yang memimpin setidaknya 70 persen pemirsa yang menonton episode itu untuk menyelesaikan seluruh musim pertama."[25]

Untuk musim ketiga, Netflix mengungkapkan bahwa serial ini telah memecahkan rekor penayangan untuk Netflix, dengan 40,7 juta rumah tangga telah menonton acara ini dalam empat hari pertama, dan 18,2 juta sudah menonton seluruh seri dalam jangka waktu tersebut.[26] Dalam bulan pertama, musim ketiga ditonton oleh 64 juta rumah tangga, membuat rekor baru untuk serial Netflix asli yang paling banyak ditonton.[27][28]

Serial ini adalah acara TV yang paling banyak diikuti dalam sejarah aplikasi media sosial TV Time, dengan lebih dari 5 juta pengikut.[29]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Agregator pengulas Rotten Tomatoes memberi musim pertama peringkat persetujuan 97% berdasarkan 91 ulasan dan peringkat rata-rata tertimbang 8,12/10. Konsensus kritis situs tersebut menyatakan, "Menyenangkan, memilukan, dan terkadang menakutkan, Stranger Things bertindak sebagai penghormatan adiktif untuk film Spielberg dan televisi vintage tahun 1980-an."[30] The New York Times telah membandingkan serial ini dengan Stand by Me karya Rob Reiner, menghubungkan perasaan nostalgia mereka dengan "...menemukan momen abadi di mana segala sesuatu tampak menggoda, sangat baru."[31] Pengumpul ulasan Metacritic memberikan musim pertama skor normal 76 dari 100 berdasarkan 34 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[32]

Di Rotten Tomatoes, musim kedua memiliki peringkat persetujuan 94% berdasarkan 150 ulasan dan peringkat rata-rata 7.86/10. Konsensus kritis situs tersebut menyatakan, "Musim kedua yang dibangun dengan lambat, Stranger Things menyeimbangkan momen humor dan rasa manis nostalgia melawan horor yang berkembang." [33] Pada Metacritic, musim kedua memiliki skor normal 78 dari 100, berdasarkan 33 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[34]

Di Rotten Tomatoes, musim ketiga memiliki peringkat persetujuan 89% berdasarkan 140 ulasan dan peringkat rata-rata 7.86/10. Konsensus kritis situs tersebut menyatakan, "Bersemangat dan menawan, Stranger Things mengubah dirinya menjadi perjalanan musim panas yang memukau..."[35] Pada Metacritic, musim ketiga memiliki skor normal 72 dari 100, berdasarkan 28 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[36]

Di Rotten Tomatoes, musim keempat memegang peringkat persetujuan 88% berdasarkan 176 ulasan, dengan peringkat rata-rata 7.90/10. Konsensus kritis situs tersebut berbunyi, "Lebih gelap dan lebih padat dari pendahulunya, bab keempat Stranger Things menetapkan panggung untuk musim terakhir serial dengan cara yang layak".[37] Di Metacritic, dua volume musim keempat memiliki skor 69 dari 100 berdasarkan 29 kritik dan 74 dari 100 berdasarkan 18 kritik, keduanya menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[38][39]

Stranger Things menduduki peringkat acara TV terbaik ketiga tahun 2016 oleh The Guardian dan Empire.[40][41] Seri ini juga termasuk dalam daftar acara TV terbaik The Atlantic tahun 2017.[42]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stranger Things". Ricardo Diaz - Cinematographer. Diakses tanggal December 23, 2021. 
  2. ^ Fleming, Mike (2022-07-06). "Duffer Brothers Launch Netflix Shingle Upside Down Pictures". Deadline Hollywood (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-07-07. 
  3. ^ Nair, Rupesh (2022-04-22). "Season 4 of Stranger Things Reportedly Costed $30 Million Per Episode". IGN India (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-21. 
  4. ^ Ho, Rodney (July 19, 2016). "New Netflix drama series Stranger Things to shoot in Atlanta". The Atlanta Journal-Constitution. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-01-28. Diakses tanggal January 27, 2016. 
  5. ^ "Netflix to premiere original series Montauk in 2016". Reuters. April 2, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal April 3, 2015. 
  6. ^ Gallagher, Caitlin (July 15, 2016). "Is Hawkins A Real Town? 'Stranger Things' Will Make You Nostalgic For These Other '80s Classics". Bustle. Diakses tanggal August 5, 2016. 
  7. ^ Ausiello, Michael (November 1, 2016). "Stranger Things: Millie Bobby Brown to Return as Eleven in Season 2". TVLine. Diakses tanggal November 1, 2016. 
  8. ^ Chitwood, Adam (November 8, 2016). "'Stranger Things' Season 2: Shawn Levy Confirms He's Directing Again; Teases Season 3". Collider. Diakses tanggal November 9, 2016. 
  9. ^ Stack, Tim (September 27, 2017). "Stranger Things 2 returns to Upside Down with new monster, bigger story". Entertainment Weekly. Diakses tanggal September 28, 2017. 
  10. ^ Stack, Time (February 9, 2017). "Stranger Things 2 : Where is Eleven?". Entertainment Weekly. Diakses tanggal February 9, 2017. 
  11. ^ Stack, Tim (February 9, 2017). "Stranger Things season 2: Who's in danger? Who's new? The plot revealed!". Entertainment Weekly. Diakses tanggal February 9, 2017. 
  12. ^ a b Longeretta, Emily (January 21, 2017). "'Stranger Things' Season 2 Scoop: Sean Astin Playing Winona Ryder's 'Boyfriend' & More". Hollywood Life. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-24. Diakses tanggal January 25, 2017. 
  13. ^ Hime, Nelly (September 1, 2016). "Stranger Things Season 2 Confirmed, Duffer Brothers Reveal Details". Nagame Digital. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-03. Diakses tanggal October 8, 2016. 
  14. ^ a b Ausiello, Michael (June 15, 2015). "Scoop: Winona Ryder to Headline Untitled Netflix Supernatural Thriller". TVLine. Diakses tanggal August 24, 2015. 
  15. ^ a b c d e f g Andreeva, Nellie (August 20, 2015). "Duffer Bros. Netflix Supernatural Drama Series Sets Young Cast, Gets Title". Deadline.com. Diakses tanggal August 24, 2015. 
  16. ^ Petski, Denise (September 1, 2015). "Cara Buono Joins Netflix's 'Stranger Things'; Dean Cain In 'Lady Dynamite'". Deadline.com. Diakses tanggal July 17, 2016. 
  17. ^ "Netflix's 'Stranger Things' Adds Matthew Modine to Cast (Exclusive)". TheWrap. October 27, 2015. Diakses tanggal July 17, 2016. 
  18. ^ "'Stranger Things' executive producer confirms a major character's fate". Business Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 16, 2017. Diakses tanggal December 16, 2017. 
  19. ^ Pedersen, Erik (June 9, 2016). "'Stranger Things' Trailer: First Look At Netflix's Supernatural Drama Starring Winona Ryder & Matthew Modine". Deadline.com. Diakses tanggal August 4, 2016. 
  20. ^ a b c d Petski, Denise (October 14, 2016). "'Stranger Things' Netflix Series Adds Two New Regulars, Promotes Two For Season 2". Deadline.com. Diakses tanggal October 14, 2016. 
  21. ^ Crossan, Ashley (August 31, 2016). "EXCLUSIVE: 'Stranger Things' Actor Joe Keery on Season 2, Steve's Hair and Justice for Barb". Entertainment Tonight. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2016. Diakses tanggal January 2, 2017. 
  22. ^ a b Schwindt, Oriana (November 7, 2016). "'Stranger Things' Season 2 Casts Sean Astin, Paul Reiser, Linnea Berthelsen". Variety. Diakses tanggal November 8, 2016. 
  23. ^ a b Andreeva, Nellie (March 2, 2018). "'Stranger Things': Priah Ferguson Promoted, Maya Hawke Added As New Regular In Season 3 Of Netflix Series". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 3, 2018. Diakses tanggal March 3, 2018. 
  24. ^ Holloway, Daniel (August 25, 2016). "'Stranger Things' Ratings: Where Series Ranks Among Netflix's Most Watched". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2016. Diakses tanggal August 26, 2016. 
  25. ^ Butler, Bethoine (September 23, 2016). "'Stranger Things' won over most viewers in just two episodes, according to Netflix". The Washington Post. Diarsipkan dari versi asliPerlu mendaftar (gratis) tanggal February 25, 2017. Diakses tanggal February 6, 2017. 
  26. ^ Mumford, Gwilym (July 9, 2019). "Stranger Things 3 smashes viewing figure record for Netflix". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 9, 2019. Diakses tanggal July 9, 2019. 
  27. ^ Spangler, Todd (October 16, 2019). "'Stranger Things 3' Is Most-Watched Season to Date, Netflix Says". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal December 18, 2019. Diakses tanggal January 24, 2020. 
  28. ^ "Netflix's Most Popular Original Has An Audience Bigger Than Canada's Population". Narcity (dalam bahasa Inggris). Narcity Media. October 17, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 24, 2020. Diakses tanggal January 24, 2020. 
  29. ^ "Stranger Things (TVShow Time)". TV Time. 2016-07-15. Diakses tanggal 2021-06-17. 
  30. ^ "Stranger Things: Season 1 (2016)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 9, 2018. Diakses tanggal March 22, 2020. 
  31. ^ Genzlinger, Neil (July 14, 2016). "Review: With 'Stranger Things,' Netflix Delivers an Eerie Nostalgia Fix". The New York Times. ISSN 0362-4331. Diarsipkan dari versi asliAkses gratis dibatasi (uji coba), biasanya perlu berlangganan tanggal June 17, 2019. Diakses tanggal June 17, 2019. 
  32. ^ "Stranger Things: Season 1". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 27, 2019. Diakses tanggal August 17, 2016. 
  33. ^ "Stranger Things: Season 2 (2017)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 14, 2020. Diakses tanggal March 22, 2020. 
  34. ^ "Stranger Things: Season 2". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 6, 2017. Diakses tanggal November 6, 2017. 
  35. ^ "Stranger Things: Season 3 (2019)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 12, 2019. Diakses tanggal March 22, 2020. 
  36. ^ "Stranger Things: Season 3". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2019. Diakses tanggal December 15, 2019. 
  37. ^ "Stranger Things: Season 4 (2022)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal May 23, 2022. 
  38. ^ "Stranger Things: Season 4". Metacritic. Diakses tanggal May 23, 2022. 
  39. ^ "Stranger Things: Season 4.5". Metacritic. Diakses tanggal July 3, 2022. 
  40. ^ "The 50 best TV shows of 2016: the full list". The Guardian. December 6, 2016. ISSN 0261-3077. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 13, 2019. Diakses tanggal March 18, 2019. 
  41. ^ Dyer, John Nugent, Emma Thrower, James White, Owen Williams, James (December 2, 2016). "The Best TV Shows Of 2016". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 19, 2019. Diakses tanggal March 18, 2019. 
  42. ^ Gilbert, Sophie (December 11, 2017). "The 20 Best TV Shows of 2017". The Atlantic. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 30, 2018. Diakses tanggal March 18, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]