Stranger Things (musim 2)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stranger Things
Musim 2
Poster promosi
Dibintangi
Negara asalAmerika Serikat
Jml. episode9
Rilis
Jaringan asliNetflix
Tanggal disiarkan27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 1
Berikutnya →
Musim 3
Daftar episode

Musim kedua dari serial televisi drama horor fiksi ilmiah Amerika Serikat, Stranger Things dirilis di seluruh dunia pada layanan streaming Netflix pada 27 Oktober 2017.[1] Serial ini dibuat oleh Duffer brothers, yang juga bertindak sebagai produser eksekutif bersama dengan Shawn Levy, Dan Cohen dan Iain Paterson.

Musim ini dibintangi oleh Winona Ryder, David Harbour, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, Noah Schnapp, Sadie Sink, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Joe Keery, Dacre Montgomery, Cara Buono, Sean Astin dan Paul Reiser. Brett Gelman, Linnea Berthelsen, Matthew Modine dan Priah Ferguson juga muncul dalam peran berulang. Stranger Things 2 mendapat ulasan yang sangat positif, terutama untuk cerita, pengembangan karakter, nilai produksi, efek visual, akting (terutama Harbour, Brown, Schnapp, Keery, Montgomery, dan Astin), dan nada yang lebih gelap dibandingkan musim sebelumnya.

Premis[sunting | sunting sumber]

Pada musim gugur 1984, Will Byers mengetahui dirinya menjadi target dari "Upside Down" dan melihat tentakel besar yang disebut Mind Flayer akan meneror warga Hawkins. Seluruh kelompok bersama dengan pendatang baru dari California, Max Mayfield serta Eleven yang hilang harus bergabung sekali lagi untuk mencegah ancaman yang akan datang.

Pemain dan Karakter[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

Peran pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Linnea Berthelsen sebagai Kali / Eight
  • Joe Chrest sebagai Ted Wheeler
  • Catherine Curtin sebagai Claudia Henderson
  • Priah Ferguson sebagai Erica Sinclair
  • Brett Gelman sebagai Murray Bauman
  • Karen Ceesay sebagai Sue Sinclair
  • Arnell Powell sebagai Charles Sinclair
  • Jennifer Marshall sebagai Susan Hargrove
  • Will Chase sebagai Neil Hargrove
  • Tinsley dan Anniston Price sebagai Holly Wheeler
  • Cynthia Barrett sebagai Marsha Holland
  • Chester Rushing sebagai Tommy H
  • Kai L. Greene sebagai Funshine
  • Randy Havens sebagai Scott Clarke
  • Susan Shalhoub Larkin sebagai Florence
  • James Landry Hébert sebagai Axel
  • Anna Jacoby-Heron sebagai Dottie
  • Gabrielle Maiden sebagai Mick
  • Rob Morgan sebagai Officer Powell
  • John Paul Reynolds sebagai Officer Callahan
  • Chelsea Talmadge sebagai Carol
  • Madelyn Cline sebagai Tina
  • Abigail Cowen sebagai Vicki
  • Matty Cardarople sebagai Keith
  • Tony Vaughn sebagai Principal Coleman
  • Charles Lawlor sebagai Mr. Melvald
  • Aaron Muñoz sebagai Mr. Holland
  • Pruitt Taylor Vince sebagai Ray
  • Matthew Modine sebagai Martin Brenner[6]

Episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
91"Chapter One: MADMAX"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Pada tanggal 28 Oktober 1984, seorang gadis bertato "008" di lengannya memiliki kekuatan untuk membuat orang melihat sesuatu, merupakan bagian dari geng kriminal yang berhasil merampok bank dan melarikan diri di Pittsburgh, Pennsylvania. Di Hawkins, kota bersiap untuk Halloween. Maxine "Max" Mayfield, seorang gadis baru di sekolah, menarik perhatian para anak lelaki. Joyce berkencan dengan teman sekelas dari SMA-nya Bob Newby, Hopper menyelidiki ladang labu yang membusuk secara misterius, dan ahli teori konspirasi Murray Bauman menyelidiki orang-orang yang melihat Eleven, dan mempercayai bahwa Eleven adalah mata-mata Rusia. Mike dan Nancy bersedih masing-masing karena Eleven dan Barb, dan Will mengalami episode halusinasi yang jelas dari Upside Down dan monster bayangan besar yang memiliki tentakel. Joyce dan Hopper membawa Will menemui direktur lab yang baru, Dr. Sam Owens, yang telah memberikan pemeriksaan medis rutin kepada Will sejak dia kembali dari "Upside Down". Owens berteori bahwa episode Will adalah PTSD. Gerbang di ruang bawah tanah lab terus berkembang, mengkhawatirkan Owens. Nancy dan Steve makan malam dengan orang tua Barb, yang masih percaya putri mereka hilang dan menyewa Murray untuk menemukan Barb. Hopper pulang ke kabin di hutan dengan dia diam-diam, di mana ia tinggal bersama Eleven.
102"Chapter Two: Trick or Treat, Freak"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Kilas balik mengungkapkan bahwa Eleven melarikan diri dari Upside Down, tetapi terpaksa bersembunyi dari agen. Halloween tiba, Eleven bertanya pada Hopper apakah dia bisa melakukan trick-or-treat, tetapi Hopper bersikeras bahwa dia harus tetap bersembunyi sampai dia dapat mencapai kesepakatan dengan Owens yang mengizinkan Eleven menjalani kehidupan normal, hal tersebut membuat Eleven marah. Ladang labu lainnya membusuk di seluruh kota, dan Hopper menemukan zat organik di ladang, yang mirip dengan zat di laboratorium. Nancy ingin memberi tahu orang tua Barb tentang kematian Barb, tetapi Steve mengatakan itu adalah ide yang buruk, karena agen mungkin akan mengejar mereka jika mereka mengatakan yang sebenarnya kepada siapa pun. Sebaliknya, mereka menghadiri pesta Halloween, di mana Nancy mabuk dan mencaci maki Steve karena kurangnya empati untuk orang tua Barb. Steve pergi dan Jonathan membawa pulang Nancy. Para anak lelaki pergi trick-or-treat dan kemudian bergabung dengan Max. Will memiliki episode lain di malam hari dan memberi tahu Mike tentang penglihatannya, membuat Mike mengakui bahwa dia mencoba menghubungi Eleven. Eleven mencoba menghubungi Mike menggunakan kekuatannya, tetapi tidak berhasil. Dustin kembali ke rumah setelah melakukan trik-or-treat dan menemukan makhluk aneh di tempat sampahnya.
113"Chapter Three: The Pollywog"Shawn LevyJustin Doble27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Kilas balik mengungkapkan bahwa Hopper menemukan Eleven di hutan dan setuju untuk merawatnya di kabin. Saat ini, Bob mendorong Will untuk menghadapi ketakutannya, tidak memahami sejauh mana gangguan yang di alami Will. Nancy membujuk Jonathan untuk membantunya memberi tahu orang tua Barb yang sebenarnya, dan mereka mengatur sebuah rencana. Makhluk yang ditemukan Dustin di tempat sampahnya adalah hewan kecil mirip siput yang dia beri nama D'Artagnan ("Dart"). Dia menunjukkan Dart ke anak-anak lain, dan Will menyimpulkan bahwa itu dari Upside Down, karena mengeluarkan suara yang mirip dengan yang didengar Will dalam halusinasinya. Hopper menuduh Owens gagal menjaga gerbang agar tetap terkendali. Frustrasi karena terus bersembunyi, Eleven pergi mencari Mike; di sekolah, dia melihat dia berdebat dengan Max dan menganggapnya saling menggoda. Patah hati karena itu, Eleven pergi. Will menderita episode lain dan mengikuti saran Bob untuk menghadapi monster bayangan, tetapi monster itu menguasainya.
124"Chapter Four: Will the Wise"Shawn LevyPaul Dichter27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Joyce dan anak-anak membangunkan Will yang tidak sadarkan diri. Joyce membawa Will pulang, tetapi Will bertingkah aneh, menggambar coretan di kertas dan menuntut agar rumah tetap dingin. Joyce memanggil Hopper, dan bersama-sama, mereka menemukan coretan. Hopper menyadari bahwa gambar itu mewakili tanaman merambat. Nancy dan Jonathan ditangkap oleh agen ketika mereka mencoba menghubungi ibu Barb, di mana Owens menunjukkan kepada mereka portal ke Upside Down. Owens mengakui Barb meninggal di Upside Down, dan mengatakan bahwa dia ingin mencegah pemerintah asing mempelajarinya. Mereka dibebaskan, dan terungkap Nancy diam-diam merekam pengakuan Owens. Lucas yang tergila-gila mencoba mendekati Max, tetapi kakak tirinya yang kejam, Billy Hargrove, campur tangan. Setelah kembali ke kabin, Eleven berdebat dengan Hopper tentang dia menyelinap keluar, hingga akhirnya Eleven menghancurkan jendela kabin dengan marah. Saat membersihkan kekacauan keesokan paginya, dia menemukan penelitian Hopper tentang ibu kandungnya, Terry Ives, dan mencoba menghubungi Terry dengan kekuatannya. Dustin yang ketakutan mengetahui bahwa Dart telah keluar dari kandangnya dan melahap kucing peliharaannya, kemudian mengetahui bahwa Dart merupakan Demogorgon yang masih bayi. Hopper menggali salah satu ladang labu dan menemukan terowongan yang mengarah ke Upside Down.
135"Chapter Five: Dig Dug"Andrew StantonJessie Nickson-Lopez27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Hopper terperangkap di terowongan dan pingsan. Mike tidur di rumah keluarga Byers untuk membantu pemulihan Will. Will dapat melihat Hopper, hingga membuat Joyce membutuhkan bantuan Bob untuk menentukan arti yang di gambar Will. Bob mengidentifikasi gambar tersebut dan menyadari bahwa itu adalah peta Hawkins dan ladang labu adalah tempat yang dituju Hopper. Nancy dan Jonathan membawa rekaman pengakuan Owens kepada Murray, yang menyadari bahwa publik tidak akan mempercayai cerita tersebut, karena sulit dipercaya dan menyarankan untuk membuatnya agar lebih mudah dipahami. Lucas menceritakan tentang Will kepada Max. Dustin menjebak Dart di ruang bawah tanahnya dan meminta bantuan Steve untuk melawannya. Eleven melacak Terry dan Becky Ives dan mengetahui ada gadis lain yang dilatih seperti dia. Joyce, Bob, Will dan Mike menyelamatkan Hopper, dan para ilmuwan dari lab tiba dan membakar terowongan. Saat ini terjadi, Will pingsan dan mulai kejang-kejang dan berteriak kesakitan.
146"Chapter Six: The Spy"Andrew StantonKate Trefry27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Will dilarikan ke lab, dan ia hilang ingatan. Owens berteori bahwa monster bayangan adalah virus yang telah menyebar ke otak Will dan mengendalikannya, dan makhluk-makhluk dari Upside Down berbagi pikiran yang sama. Oleh karena itu, merusak terowongan akan mematikan bagi Will yang sekarang terinfeksi. Nancy dan Jonathan menghabiskan malam di rumah Murray, yang memaksa mereka untuk mengakui perasaan mereka satu sama lain. Keesokan paginya, ketiganya mengirim salinan rekaman pengakuan Owens ke berbagai surat kabar di seluruh negeri. Lucas dan Max berkumpul kembali dengan Dustin dan Steve, dan kelompok itu berusaha memikat Dart ke tempat barang rongsokan. Max meminta maaf karena telah memusuhi Lucas, menjelaskan bahwa Billy jahat akibat ayahnya yang menikah lagi dengan ibu Max. Dart tiba dan diapit oleh sekelompok monster. Kelompok itu terpojok sampai kawanan itu tiba-tiba kabur. Will menemukan lokasi yang tidak bisa dilihat monster itu. Tidak menyadari bahwa monster itu memanipulasi Will, Owens mengirim tim untuk menyelidiki. Tim diserang oleh para monster dan masuk ke lab.
157"Chapter Seven: The Lost Sister"Rebecca ThomasJustin Doble27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Eleven melakukan perjalanan ke Chicago, Illinois, dan bertemu dengan gadis lain dari ingatan Terry, bernama Kali. Menyadari mereka memiliki tato yang mirip dan keduanya merupakan percobaan Brenner, Eleven dan Kali menganggap diri mereka saudara perempuan. Kali dapat memproyeksikan gambar ke dalam pikiran dan kehidupan orang-orang. Eleven mengungkapkan bahwa Brenner sudah mati, sehingga geng memutuskan untuk membunuh orang yang menyiksa Terry sebagai gantinya. Kali membantu Eleven mengasah kemampuannya dengan menunjukkan bahwa menyalurkan amarahnya adalah kunci untuk memperkuat kekuatannya. Setelah Eleven menggunakan kekuatannya untuk menemukan target geng bernama Ray, geng tersebut pergi ke apartemen Ray untuk membunuhnya. Eleven mulai mencekik Ray dengan kekuatannya, membuatnya mengklaim bahwa Brenner masih hidup. Eleven menolak untuk membunuh Ray setelah melihat foto kedua putrinya yang masih kecil, dan menghalang Kali membunuh Rai. Geng melarikan diri ke tempat persembunyian mereka, dan Kali bersikeras Eleven tetap tinggal dan membalaskan dendam ibunya atau kembali ke Hawkins. Eleven kemudian melihat Mike dan Hopper dalam visinya dan memutuskan untuk kembali, sementara Kali dan gengnya melarikan diri dari polisi.
168"Chapter Eight: The Mind Flayer"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Sekelompok makhluk yang menyerang lab, membunuh sebagian besar ilmuwan. Menyadari bahwa Will adalah mata-mata monster itu, Mike meyakinkan Joyce untuk membius Will untuk mencegah makhluk itu melacak mereka. Mike, Joyce, Hopper, Bob dan Owens membawa tubuh Will yang tidak sadarkan diri ke ruang keamanan lab untuk menghalangi diri mereka dari makhluk-makhluk itu. Listrik lab padam, dan Bob secara sukarela mengatur ulang listrik dan membiarkan kelompok itu melarikan diri. Misi Bob berhasil, hingga Mike, Joyce, Hopper dan Will melarikan diri. Dokter Owens kemudian tinggal di belakang untuk membimbing Bob ke jalan keluar. Namun, monster menyerang dan menganiayanya sampai mati di depan Joyce. Putus asa untuk membalas dendam pada monster bayangan, Dungeons & Dragons, kelompok tersebut berteori bahwa Mind Flayer ingin menyebar ke alam semesta ini dan membunuhnya akan membunuh semua makhluk yang terhubung dengannya–termasuk Will. Menggunakan kode Morse, mereka dapat berkomunikasi dengan Will yang sebenarnya, yang memerintahkan mereka untuk "CLOSE GATE". Mind Flayer menemukan lokasi mereka dan mengirim makhluk-makhluk untuk mengejar mereka. Saat makhluk-makhluk itu mendekat, seseorang tiba-tiba menabrak jendela dan mendarat di lantai, mati. Pintu kemudian terbuka sendiri, dan Eleven masuk ke rumah.
179"Chapter Nine: The Gate"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers27 Oktober 2017 (2017-10-27)
Setelah reuni singkat, Eleven dan kelompok menyusun rencana untuk menutup gerbang tanpa membunuh Will. Hopper dan Eleven menuju ke lab untuk menutup portal. Selama waktu ini, Jonathan, Nancy dan Joyce membersihkan virus dari Will dengan membuatnya terlalu panas di kabin Hopper. Untuk mencegah makhluk-makhluk itu menyerang Hopper dan Eleven. Mike, Dustin, Lucas, Max dan Steve berencana memasuki terowongan untuk memikat kawanan itu. Billy tiba di rumah Byers, untuk mencari Max. Billy menemukan Max dan langsung berkelahi dengan Steve, hingga akhirnya Max berhasil membius Billy, dan kelompok itu memasuki terowongan untuk melakukan rencana mereka. Nancy berhasil melepaskan Will dari genggaman Mind Flayer. Eleven melepaskan amarahnya, berhasil menutup gerbang, dan membunuh makhluk-makhluk itu. Satu bulan kemudian, rekaman Nancy telah mengekspos lab, yang menyebabkan Lab di tutup. Barb dimakaman, dan Owens memalsukan akta kelahiran untuk Eleven dan menamainya Jane Hopper. Mike, Eleven, Dustin, Will, Lucas, dan Max menghadiri dansa musim dingin sekolah mereka di mana Lucas dan Max menari dan berciuman, Mike dan Eleven, sementara Dustin menari dengan Nancy setelah ditolak oleh seorang gadis. Sementara itu, Mind Flayer masih hidup di Upside Down, menjulang di atas sekolah dan mengawasi para kelompok.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, musim kedua memiliki peringkat persetujuan 94% berdasarkan 146 ulasan dan peringkat rata-rata 7.86/10. Konsensus kritis situs tersebut menyatakan, "Musim kedua Stranger Things membangun lambat dan menyeimbangkan momen humor dan rasa manis nostalgia melawan horor yang berkembang yang semuanya lebih efektif berkat karakter yang mendukung."[7] Di Metacritic, musim kedua memiliki skor normal 78 dari 100, berdasarkan 33 kritik, menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hoffman, Ashley (October 13, 2017). "Stranger Things Season 2 Is Your Halloween Binge. Here's What to Know Now". Time. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2018. Diakses tanggal November 3, 2017. 
  2. ^ a b Ausiello, Michael (June 15, 2015). "Scoop: Winona Ryder to Headline Untitled Netflix Supernatural Thriller". TVLine. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 16, 2015. Diakses tanggal August 24, 2015. 
  3. ^ a b c d e f g Andreeva, Nellie (August 20, 2015). "Duffer Bros. Netflix Supernatural Drama Series Sets Young Cast, Gets Title". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 22, 2015. Diakses tanggal August 24, 2015. 
  4. ^ a b c d "Stranger Things S2 Casting Announcement". Netflix Media Center. February 8, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 13, 2019. Diakses tanggal October 14, 2016. 
  5. ^ Petski, Denise (September 1, 2015). "Cara Buono Joins Netflix's 'Stranger Things'; Dean Cain In 'Lady Dynamite'". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 2, 2015. Diakses tanggal July 17, 2016. 
  6. ^ "Netflix's 'Stranger Things' Adds Matthew Modine to Cast (Exclusive)". TheWrap. October 27, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2015. Diakses tanggal July 17, 2016. 
  7. ^ "Stranger Things: Season 2 (2017)". Rotten Tomatoes. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 14, 2020. Diakses tanggal July 12, 2019. 
  8. ^ "Stranger Things: Season 2". Metacritic. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 6, 2017. Diakses tanggal November 6, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]