Chapter Four: Dear Billy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chapter Four: Dear Billy
Episode Stranger Things
Poster promosi oleh Butcher Billy[1]
Nomor episodeMusim 4
Episode 4
SutradaraShawn Levy
PenulisPaul Dichter
Durasi78 menit
Bintang tamu
  • Robert Englund sebagai Victor Creel
  • Dacre Montgomery sebagai Billy Hargrove
  • Tom Wlaschiha sebagai Dmitri Antonov / Enzo
  • Nikola Đuričko sebagai Yuri Ismaylov
  • Mason Dye sebagai Jason Carver
  • Myles Truitt sebagai Patrick McKinney
  • Ed Amatrudo sebagai Director Hatch
  • Kevin L. Johnson sebagai Young Victor Creel
  • Livi Burch sebagai Alice Creel
  • Tyner Rushing sebagai Virginia Creel
  • Raphael Luce sebagai Henry Creel
  • Ira Amyx sebagai Agent Harmon
  • Kendrick Cross sebagai Agent Wallace
Kronologi episode
← Sebelumnya
"Chapter Three: The Monster and the Superhero"
Selanjutnya →
"Chapter Five: The Nina Project"

"Chapter Four: Dear Billy" adalah episode keempat dari musim keempat dari serial televisi drama horor fiksi ilmiah Amerika Serikat, Stranger Things. Episode ini ditulis oleh Paul Dichter dan disutradarai oleh Shawn Levy. Episode ini dirilis pada 27 Mei 2022 di Netflix bersama dengan enam episode lainnya yang terdiri dari volume 1 musim keempat.

Berlatar pada tanggal 24 Maret 1986, episode ini berkonsentrasi pada perjuangan Max Mayfield, dengan bantuan teman-temannya, untuk bertahan dari perhatian karakter misterius Vecna, dan tindakannya sebelum kematian yang diantisipasi di tangan Vecna.[2]

"Dear Billy" menerima pujian kritis dan dicatat sebagai episode yang paling menonjol musim ini. Pujian khusus diberikan kepada jalan cerita Max, termasuk untuk penampilan Sadie Sink, penggunaan lagu "Running Up That Hill" milik Kate Bush saat klimaks episode, dan tema depresi dan bunuh diri.[3][4] Komentar positif lainnya yang dibuat termasuk penampilan tamu Robert Englund serta tulisan Dichter dan penyutradaraan Levy.

Plot[sunting | sunting sumber]

Max terbangun dari kesurupannya tepat saat Nancy dan Robin tiba, dan menjelaskan kepada lainnya bahwa dia menderita gejala yang sama seperti yang dialami Chrissy dan Fred sebelum Vecna membunuh mereka. Dia menyimpulkan bahwa dia memiliki waktu 24 jam untuk hidup jika tidak menemukan penghalangnya. Lucas juga datang dan memperingatkan Dustin bahwa Jason, yang sementara itu mencoba menginterogasi Erica, berencana untuk membunuh Eddie.

Setelah Eleven pergi bersama Sam Owens untuk membantunya mendapatkan kembali kekuatannya, Mike, Jonathan dan Will ditinggalkan di rumah Byers di Lenora di bawah pengawasan agen Harmon dan Wallace, yang menjelaskan situasinya kepada mereka. Mike dan Will berdamai atas konflik mereka beberapa hari terakhir, dan Will mengungkapkan keraguan atas kemampuan Owens karena kurangnya keterlibatannya dalam menyelamatkan Will dari kendali Mind Flayer. Jonathan menyarankan agar mereka melarikan diri dan menemukan Eleven sendiri, dan mereka berencana meminta Argyle agar mengantarkan pizza ke rumah sementara mereka menyelinap ke van Argyle dan pergi. Tepat sebelum Argyle tiba, anak buah Sullivan menyerbu rumah untuk membunuh semuanya dan menangkap agen Owens. Wallace ditangkap sementara Lainnya dan Harmon yang terluka melarikan diri di van Argyle.

Hopper melarikan diri dari kamp penjara Kamchatka dengan melepaskan rantainya dan meledakkan gudang peralatan, sementara Joyce dan Murray bertemu dengan penyelundup, Yuri Ismaylov dan membayarnya untuk mengembalikan Hopper. Yuri mengkhianati mereka dengan membius mereka untuk dibawa ke Rusia untuk hadiah yang lebih besar. Dia memberi tahu penjara Rusia tentang keberadaan Hopper dan mengkhianati Antonov, yang akhirnya keduanya di tahan.

Max mulai menulis surat kepada keluarga dan teman-temannya. Nancy dan Robin memalsukan identitas sebagai mahasiswa psikologi lulusan Universitas Notre Dame untuk menyusup ke Pennhurst Asylum dan menemui Victor Creel, berharap dia akan memberi mereka kunci untuk mematahkan kutukan Vecna dan menyelamatkan Max. Setelah berbohong kepada sipir, mereka diberi waktu singkat untuk berbicara dengan Creel. Creel mengatakan bahwa setelah mereka pindah ke rumah mereka pada tahun 1959, mereka disiksa oleh penglihatan yang dia yakini dibuat oleh setan. Dia menyaksikan istrinya dibunuh oleh Vecna sebelum dia terjebak dalam memori traumatis dari waktunya di Perang Dunia II. Setelah mendengar musik dari radio rumahnya, dia melepaskan diri, dan menemukan putrinya mati dan putranya koma, hingga akhirnya di kabarkan tewas seminggu kemudian; Sejak itu, Creel membutakan dirinya untuk menghindari nasib yang sama. Setelah melihat efek kejiwaan musik pada pasien, Robin menyimpulkan bahwa memainkan lagu favorit seseorang dapat membuka pintu gerbang dari kutukan Vecna. Penyamaran Nancy dan Robin di ketahui, tetapi mereka dapat melarikan diri.

Max memaksa Steve untuk mengantarnya ke rumahnya untuk mengirimkan surat-surat kepada keluarganya, di mana dia melihat ibunya. Mereka tampak berdamai sebelum terungkap bahwa hal itu adalah ilusi dari Vecna. Max kemudian meminta Steve untuk membawanya ke kuburan untuk membaca surat Billy di batu nisannya. Saat dia selesai, Vecna mengambil alih pikirannya dan, dalam bentuk Billy, mengejeknya tentang kematian Billy akibat Max. Saat yang lain melihatnya dalam keadaan kesurupan, Dustin menghubungi Robin dan memberi tahu kuncinya. Mereka memainkan lagu favorit Max, "Running Up That Hill" untuknya. Dalam ranah Vecna, musik membuka portal, dan Max, mengingat saat-saat bahagianya sejak tiba di Hawkins, lolos dari cengkeraman Vecna dan berlari menuju portal. Vecna menyerangnya, tetapi Max berhasil melarikan diri, dan kembali ke dunia nyata.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Rotten Tomatoes, episode ini mendapatkan rating persetujuan 100% berdasarkan 5 ulasan, dengan rating rata-rata 9.0/10.[5]

Dampak[sunting | sunting sumber]

Penggunaan lagu "Running Up That Hill" oleh Kate Bush saat klimaks episode,[2] membawa kebangkitan kembali popularitas lagu tersebut,[6] yang berpuncak di UK Singles Chart, dan di sejumlah dari negara lain:[7] Australia,[8] Belgia,[9] Irlandia,[10] Lithuania,[11] Luksemburg,[12] Selandia Baru,[13] Swedia,[14] dan Swiss.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dorn, Lori (June 13, 2022). "Themes From Each Episode of 'Stranger Things' Season 4 Transformed Into Classic Wall Posters". Laughing Squid. Diakses tanggal June 29, 2022. 
  2. ^ a b Davis, Clayton (June 1, 2022). "Why Sadie Sink Should Be Running Up That Hill to an Emmy Nomination for 'Stranger Things'". 
  3. ^ "Stranger Things: How 'Dear Billy' Can Break Game of Thrones' Emmy Record". June 26, 2022. 
  4. ^ Montgomery, Daniel (June 23, 2022). "'Dear Billy' from 'Stranger Things' aims to be most awarded episode in Emmy history". 
  5. ^ "Stranger Things: Season 4, Episode 4". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal June 26, 2022. 
  6. ^ Simpson, Dave (31 May 2022). "The strangest thing? Why Kate Bush is back at the top of the charts. Thanks to the Netflix show Stranger Things, the 80s classic Running Up That Hill has found a new audience. And it's not the only 40-year-old hit the show could revive". The Guardian. Diakses tanggal 1 June 2022. 
  7. ^ "Kate Bush's Running Up That Hill claims a second week at Number 1 on Official UK Singles Chart". Official Charts. 24 June 2022. Diakses tanggal 24 June 2022. 
  8. ^ "ARIA Top 50 Singles Chart". Australian Recording Industry Association. 13 June 2022. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  9. ^ "Belgium Songs, Retrieved 2022/06/18". Billboard. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  10. ^ "Official Irish Singles Chart Top 50". Irish Recorded Music Association. 17 June 2022. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  11. ^ "2022 23-os savaitės klausomiausi (TOP 100)" (dalam bahasa Lituavi). AGATA. 10 June 2022. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  12. ^ "Luxembourg Songs: Week of June 18, 2022". Billboard. Diakses tanggal June 23, 2022. 
  13. ^ "NZ Top 40 Singles Chart". Recorded Music NZ. 13 June 2022. Diakses tanggal 17 June 2022. 
  14. ^ "Veckolista Singlar, vecka 23". Sverigetopplistan. Diakses tanggal 17 June 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]