Stranger Things (musim 3)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stranger Things
Musim 3
Poster promosi
Dibintangi
oleh
Negara asalAmerika Serikat
Jumlah episode8
Rilis
Saluran asliNetflix
Tanggal tayang4 Juli 2019 (2019-07-04)
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Musim 2
Selanjutnya →
Musim 4
Daftar episode Stranger Things

Stranger Things 3 merupakan serial televisi drama horor fiksi ilmiah Amerika Stranger Things musim ke-3 yang dirilis di seluruh dunia secara eksklusif melalui layanan streaming Netflix pada 4 Juli 2019. Serial ini dibuat oleh Duffer brothers, yang juga merupakan produser eksekutif bersama dengan Shawn Levy, Dan Cohen dan Iain Paterson.

Musim ketiga dibintangi oleh Winona Ryder, David Harbor, Finn Wolfhard, Millie Bobby Brown, Gaten Matarazzo, Caleb McLaughlin, Noah Schnapp, Sadie Sink, Natalia Dyer, Charlie Heaton, Joe Keery, Dacre Montgomery, Maya Hawke, Priah Ferguson dan Cara Buono. Brett Gelman, Cary Elwes, Jake Busey, Michael Park dan Francesca Reale muncul dalam peran berulang.[1][2][3] Stranger Things 3 menerima ulasan positif dari para kritikus, yang memuji visual, humor, penampilan (terutama Harbour, Brown, Montgomery, dan Hawke), dan bobot emosional, tetapi beberapa mengkritik narasi berulang dan mengesampingkan karakter tertentu.

Premis[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas 1985 di Hawkins, Starcourt Mall yang baru dibuka telah menjadi pusat perhatian kota, membuat toko-toko lain gulung tikar. Kepala polisi Hawkins, Jim Hopper, tidak menyetujui hubungan Eleven dan Mike, sementara Joyce mempertimbangkan untuk pindah dari Hawkins demi kehidupan yang lebih baik bagi anak-anaknya dan dirinya sendiri, meninggalkan keadaan persahabatan anak-anak dan hubungannya sendiri dengan Hopper di udara. Joyce melihat sesuatu yang aneh terjadi dengan magnetnya dan memutuskan untuk menyelidikinya. Namun, fluktuasi kekuatan yang aneh memicu kesadaran Will akan sesuatu di dunia lain, dan Eleven dan Max merasa ada yang tidak beres dengan penduduk kota. Meskipun telah menutup portal ke Upside Down, mereka takut bahwa mereka semua masih dalam bahaya. Teman-teman bekerja sama untuk membantu saudara laki-laki Max, Billy, sementara Hopper dan Joyce memiliki petualangan mereka sendiri.

Pemain dan Karakter[sunting | sunting sumber]

Pemain utama[sunting | sunting sumber]

Juga dibintangi[sunting | sunting sumber]

  • Jake Busey sebagai Bruce Lowe[2]
  • Joe Chrest sebagai Ted Wheeler[5]
  • Catherine Curtin sebagai Claudia Henderson[6]
  • Andrey Ivchenko sebagai Grigori[7]
  • Michael Park sebagai Tom Holloway[8]
  • Yasen Peyankov sebagai Russian scientist[9]
  • Francesca Reale sebagai Heather Holloway[3]
  • Alec Utgoff sebagai Alexei[10]

Pemeran pendukung[sunting | sunting sumber]

Peran tamu[sunting | sunting sumber]

  • Sean Astin sebagai Bob Newby[13]
  • Rob Morgan sebagai Officer Powell[12]
  • John Reynolds sebagai Officer Callahan[12]
  • Randy Havens sebagai Scott Clarke[14]
  • Tinsley dan Anniston Price sebagai Holly Wheeler
  • Caroline Arapoglou sebagai Winnie Kline
  • Allyssa Brooke sebagai Candice
  • Will Chase sebagai Neil Hargrove[15]
  • Christopher Convery sebagai young Billy[16]
  • Jacey Sink sebagai young Max[17]
  • Beth Riesgraf sebagai Ibu Billy[18]
  • Susan Shalhoub Larkin sebagai Florence
  • John Vodka sebagai General Stepanov
  • Arthur Darbinyan sebagai Dr. Zharkov
  • Misha Kuznetsov sebagai Commander Ozerov[12]
  • Gabriella Pizzolo sebagai Suzie[19]
  • Paul Reiser sebagai Sam Owens[20]
  • Matty Cardarople sebagai Keith[21]
  • Michael Silvio Fortino sebagai Ricky the Gas Station Cashier [22]

Episode[sunting | sunting sumber]

No.
total
No.
musim
JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
181"Chapter One: Suzie, Do You Copy?"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers4 Juli 2019 (2019-07-04)
Pada bulan Juni 1984, para ilmuwan Soviet berusaha untuk memaksa membuka gerbang baru ke Upside Down. Satu tahun kemudian di Hawkins, popularitas Starcourt Mall yang baru mengharuskan banyak bisnis lokal tutup, membuat marah warga kota. Mike dan Eleven telah memulai hubungan romantis, yang membuat Hopper kecewa; dia kemudian mengancam Mike untuk tidak menemui Eleven. Dustin kembali dari perkemahan musim panas dan mendirikan menara radio untuk menghubungi pacar barunya, Suzie, di mana teman-temannya tidak mempercayainya, dan Dustin justru mencegat transmisi Rusia. Will secara pribadi merasakan bahwa Mind Flayer mungkin masih hidup. Tikus berkumpul di pabrik dan meledak menjadi massa organik. Dalam perjalanan ke pertemuan seksual dengan Mrs Wheeler, Billy lari dari jalan di mana ia terjatuh akibat makhluk tak terlihat dan diseret ke dalam pabrik.
192"Chapter Two: The Mall Rats"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers4 Juli 2019 (2019-07-04)
Billy melarikan diri dari penggilingan setelah makhluk itu memperlihatkan Upside Down, di mana ia bertemu dengan seorang doppelgänger. Tersiksa oleh penglihatan dan suara tersebut, Billy kemudian dipandu oleh makhluk itu untuk menculik rekan penjaga pantainya Heather Holloway dan membawanya ke makhluk itu. Nancy dan Jonathan, bekerja sebagai magang di Hawkins Post, menyelidiki rumah Mrs. Driscoll, seorang wanita tua yang khawatir tentang tikus gila yang memakan pupuknya, dan mereka tidak memperhatikan salah satu tikus yang meledak. Max dan Eleven bersatu untuk mengalihkan perhatian mereka dari Mike dan Lucas saat berbelanja di Starcourt; Eleven putus dengan Mike. Joyce menyelidiki hilangnya magnet yang aneh di antara benda-benda di rumah dan tempat kerjanya, secara tidak sengaja membuatnya kencan dengan Hopper. Dustin bertemu kembali dengan Steve, yang bekerja di toko es krim mal dengan Robin, mantan teman sekelas Steve; ketiganya menerjemahkan pesan radio Rusia dan yakin bahwa itu pasti sebuah kode.
203"Chapter Three: The Case of the Missing Lifeguard"Shawn LevyWilliam Bridges4 Juli 2019 (2019-07-04)
Eleven menggunakan kekuatannya untuk memata-matai Mike, dan kemudian Billy, yang merasakan kehadirannya. Dia dan Max mengetahui bahwa Billy telah hilang. Nancy dan Jonathan menemukan laporan tentang pupuk yang hilang dan perilaku aneh di antara tikus di seluruh kota, dan mereka menemukan Mrs. Driscoll sendiri memakan pupuk di rumahnya. Will berkelahi dengan Lucas dan Mike saat mereka kesal karena Eleven dan Max. Robin menerjemahkan komunikasi Rusia, mengarahkan ke kiriman yang tiba di Starcourt malam itu; Robin, Steve dan Dustin melihat tentara Rusia bersenjata melakukan pengiriman. Joyce meyakinkan Hopper bahwa demagnetisasi berasal dari perangkat elektromagnetik di Hawkins Lab yang ditinggalkan; ketika mereka menyelidiki, Hopper diserang oleh Grigori, seorang tentara Rusia. Max dan Eleven melacak Billy dan Heather di rumah orang tua Heather; setelah Eleven dan Max pergi, Billy dan Heather menaklukkan orang tuanya, hingga Will merasakannya, membuatnya menyadari Mind Flayer masih hidup.
214"Chapter Four: The Sauna Test"Shawn LevyKate Trefry4 Juli 2019 (2019-07-04)
Billy dan Heather membawa orang tuanya ke pabrik, di mana mereka dirasuki oleh Mind Flayer. Hopper mengingat pertemuan Grigori dengan walikota Larry Kline; dia dan Joyce memaksa Kline untuk mengungkapkan bahwa Starcourt Mall adalah markas Rusia yang membeli properti terbengkalai di Hawkins. Di Starcourt, Dustin, Steve dan Robin, bersama saudara perempuan Lucas, Erica, menemukan bahwa dok pemuatan mal adalah lift, yang ada di bawah mal. Nancy dan Jonathan dipecat oleh bos mereka karena melecehkan Mrs. Driscoll; Nancy mengunjungi Mrs. Driscoll di rumah sakit karena curiga dan melihatnya dirasuki oleh Mind Flayer. Will mengungkapkan hubungannya dengan Mind Flayer kepada Mike, Lucas, Eleven dan Max, dan berspekulasi bahwa hal itu telah merasuki Billy. Mereka menyusun rencana untuk menjebak Billy di sauna kolam untuk memastikan bahwa dia kerasukan, tetapi Billy melarikan diri dan hampir membunuh mereka sampai Eleven menaklukkannya. Billy kembali ke penggilingan, di mana lusinan warga kota telah dirasuki oleh Mind Flayer.
225"Chapter Five: The Flayed"Uta BriesewitzPaul Dichter4 Juli 2019 (2019-07-04)
Hopper dan Joyce mencari salah satu properti yang ditinggalkan, menemukan laboratorium tersembunyi. Grigori datang untuk membunuh mereka, dan mereka nyaris melarikan diri dengan seorang sandera – seorang ilmuwan Rusia bernama Alexei mengikuti di belakangnya. Dustin, Steve, Robin dan Erica tiba di laboratorium Rusia di bawah Starcourt dan bersembunyi dari tentara Rusia yang menurunkan peti dari lift. Mencoba menemukan ruang komunikasi, kelompok itu menemukan area pengujian besar di mana para ilmuwan mencoba membuka paksa portal ke Upside Down. Karena Alexei tidak bisa berbahasa Inggris, Hopper dan Joyce membawanya ke Murray – satu-satunya penutur bahasa Rusia yang mereka tahu. Grigori mencoba mengikuti mereka tetapi kehilangan jejak. Nancy dan Jonathan berkumpul kembali dengan Will, Mike, Lucas, Eleven dan Max dan kemudian berteori bahwa Billy dan Driscoll sama-sama dirasuki oleh Mind Flayer, yang menggunakannya untuk "menguliti" orang untuk membuat kawanan. Kelompok tersebut memutuskan untuk mengunjungi Driscoll di rumah sakit untuk mempelajari lebih lanjut, tetapi dia hilang. Mereka diserang oleh Tom dan Bruce, yang sekarang menjadi Flayed yang larut menjadi satu massa organik yang menyerupai Mind Flayer setelah Nancy dan Jonathan membunuh mereka.
236"Chapter Six: E Pluribus Unum"Uta BriesewitzCurtis Gwinn4 Juli 2019 (2019-07-04)
Eleven yang baru saja berdamai dengan Mike, menggunakan kekuatannya untuk melumpuhkan Mind Flayer. Di lab Rusia di bawah Starcourt, Steve dan Robin ditangkap, dibius dan diinterogasi, tetapi Dustin dan Erica berhasil menyelamatkan mereka. Dengan terjemahan Murray, Hopper dan Joyce menyandera Alexei, memaksanya untuk mengungkapkan bahwa Rusia berusaha mengakses Upside Down dan mereka membuka portal di bawah Starcourt. Hopper memanggil Owens untuk memperingatkan Pemerintah AS tentang ancaman tersebut. Grigori menyudutkan Kline di Hari Kemerdekaan Hawkinsadil, menuntut dia meningkatkan upaya untuk menemukan Hopper. Untuk menemukan Mind Flayer, Eleven menggunakan kekuatannya untuk berkomunikasi secara psikis dengan Billy, mempelajari masa kecilnya yang bermasalah. Billy merasakan kehadiran Eleven, memberikan akses kepada Mind Flayer ke lokasinya, dan mengungkapkan bahwa Mind Flayer berencana membunuhnya untuk membalaskan dendamnya karena menutup gerbang. Flayed berkumpul di penggilingan, larut menjadi massa organik dan menyatu dengan Mind Flayer.
247"Chapter Seven: The Bite"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers4 Juli 2019 (2019-07-04)
Will merasakan Mind Flayer mendekat. Para Mind Flayer menyerang dan melukai Eleven sebelum mereka melarikan diri. Dustin dan Erica menyeret Steve dan Robin yang terbius ke bioskop di Starcourt. Kelompok Eleven masuk ke supermarket untuk membantu mengobati luka-lukanya dan mengumpulkan lebih banyak persediaan. Dustin menghubungi mereka melalui walkie-talkie untuk mencoba menjelaskan situasinya sebelum dia kehilangan daya baterai. Eleven menggunakan kekuatannya untuk menemukan Dustin, dan kelompok itu pergi ke mal. Steve mengakui bahwa dia memiliki perasaan untuk Robin, tapi dia mengaku kepada Steve sebagai lesbian. Kelompok Hopper berjalan ke tempat pekan raya di Hawkins untuk menemukan anak-anak, di mana mereka ditemukan oleh Kline, yang memberi tahu Rusia. Grigori menembak mati Alexei di depan Murray. Murray, Hopper, dan Joyce menghindari beberapa agen Soviet dan mengetahui bahwa agen tersebut mencari anak-anak di mal. Kelompok Eleven tiba di mal pada waktunya untuk menghentikan Rusia menembak kelompok Dustin. Eleven pingsan dan lukanya berdenyut.
258"Chapter Eight: The Battle of Starcourt"The Duffer BrothersThe Duffer Brothers4 Juli 2019 (2019-07-04)
Eleven melepaskan dirinya dari potongan Mind Flayer yang tertanam di lukanya, membuatnya tidak berdaya. Kelompok Hopper tiba, dan rencana dibuat untuk membawa kelompok Eleven ke tempat yang aman. Pada saat yang sama, Hopper, Joyce, dan Murray menghancurkan mesin, dengan Dustin dan Erica menavigasi mereka dari menara radionya. Billy dan Mind Flayer menjebak kelompok Eleven di mal. Yang lain menyerang Mind Flayer dengan kembang api, saat Eleven membebaskan Billy dari kendalinya. Billy mengorbankan dirinya untuk melindungi Eleven, Mike dan Max. Hopper bertarung dan membunuh Grigori, terjebak dengan mesin, hingga kehabisan waktu, Joyce dipaksa untuk memicu ledakan, menutup gerbang, dengan Hopper tampaknya hancur dalam prosesnya. Tubuh fisik Mind Flayer mati saat Dr. Owens tiba dengan pasukan militer. Tiga bulan kemudian, kematian ditutupi, Starcourt dihancurkan dan Kline yang dipermalukan ditangkap. Keluarga Byers dan Eleven yang masih tak berdaya bersiap untuk pindah dari Hawkins. Mike dan Eleven mengakui cinta mereka satu sama lain dan membuat rencana untuk bertemu di Thanksgiving. Di Kamchatka, penjaga Rusia diperintahkan untuk memberi makan seorang tahanan, tetapi "bukan orang Amerika", melainkan untuk Demogorgon yang ditangkap.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Levy mencatat pada November 2016 bahwa dia dan Duffer Brothers sudah mulai merencanakan musim ketiga yang potensial, dengan mengatakan, "Kami tidak akan lengah dan kami tidak ingin mengarang seperti hari sebelum kami harus menulisnya. dan berhasil, jadi kami pasti optimis dan kami sudah mulai berpikir ke depan." [23] The Duffer Brothers mengantisipasi memiliki sekitar empat hingga lima musim untuk dikerjakan, tetapi ingin "memiliki akhir yang benar-benar terbatas" sementara seri ini masih pada puncak kesuksesan, menurut Matt, daripada membiarkannya berakhir tanpa batas.[24] Pada bulan Agustus 2017, Duffer Brothers mengkonfirmasi akan ada musim ketiga, dengan kemungkinan satu musim lagi setelah itu, dengan Ross mengatakan, "Kami berpikir itu akan menjadi empat musim dan kemudian keluar".[25] Namun, produser eksekutif Shawn Levy kemudian menyarankan bahwa empat atau lima musim total adalah kemungkinan, mengklaim bahwa "sebenarnya adalah kita pasti akan empat musim dan ada sangat banyak kemungkinan musim kelima. Di luar itu, menurut saya sangat tidak mungkin." [26] Matt Duffer kemudian berkomentar bahwa tidak ada keputusan resmi yang dibuat, mengklaim bahwa "Sulit, seperti empat tampaknya pendek, lima tampaknya panjang. Jadi saya tidak tahu harus berbuat apa." [27] Pada bulan Desember 2017, Netflix secara resmi mengkonfirmasi bahwa mereka telah menyalakan lampu hijau musim ketiga,[28] yang terdiri dari delapan episode. Levy juga menegaskan bahwa musim keempat "pasti terjadi" dan ada potensi untuk musim kelima.[29] Setahun kemudian, judul episode untuk musim ketiga terungkap, bersamaan dengan konfirmasi bahwa musim tersebut akan diberi nama Stranger Things 3, mirip dengan musim kedua.[30]

Menulis[sunting | sunting sumber]

Penulisan untuk musim ketiga dimulai sebelum pemutaran perdana musim kedua, dengan sebagian besar ditulis dalam pertarungan dua belas hingga empat belas jam oleh pembuat serial.[31] Dilaporkan bahwa Netflix ingin musim ketiga dan keempat ditulis secara bersamaan untuk memfasilitasi jadwal produksi berturut-turut, karena para aktor menua lebih cepat daripada karakter di layar mereka, tetapi Duffer Brothers dan produser Shawn Levy memilih untuk fokus hanya pada musim ketiga untuk memastikan itu berkembang lebih baik dan lebih disempurnakan.[32]

Dalam hal narasi, Levy mengatakan musim ini akan kurang tentang Will, dengan mengatakan, "Kami tidak akan menempatkan Will di neraka untuk musim ketiga berturut-turut. Dia akan berurusan dengan hal-hal, tapi dia tidak akan berada di titik terendah. . . Kami [akan] berurusan dengan kekuatan jahat yang baru." [33] David Harbour mengatakan bahwa musim ketiga juga sangat menarik dari film Fletch .[34] Baik Levy dan Natalia Dyer menggemakan sentimen bahwa acara musim ini akan lebih berorientasi dewasa, dengan Dyer menyebut narasi musim ini ". . . Lebih besar, lebih gelap, [dan] lebih menakutkan." [35]

Dokumen pitch awal untuk musim ini menampilkan adegan yang membuat monster Mind Flayer mengamuk melalui Parade Empat Juli Hawkins, tetapi gagasan itu kemudian dibatalkan saat skrip ditulis.[36]

Casting[sunting | sunting sumber]

Musim ketiga melihat Ryder, Harbour, Wolfhard, Brown, Matarazzo, McLaughlin, Schnapp, Sink, Dyer, Heaton, Buono, Keery, dan Montgomery kembali.[37] Pada bulan Maret 2018, diumumkan bahwa karakter Priah Ferguson telah dipromosikan ke peran yang berulang, dan bahwa Maya Hawke telah berperan sebagai Robin, pemeran utama baru yang digambarkan sebagai "gadis alternatif." [1] Karakter Hawke kemudian terungkap sebagai rekan kerja Steve di kedai es krim Scoops Ahoy di Starcourt Mall yang baru dibangun.[38] Casting Cary Elwes dan Jake Busey diumumkan pada April 2018; Elwes berperan sebagai Walikota Kline, "politisi klasik tahun 80-an – lebih mementingkan citranya sendiri daripada orang-orang di kota kecil yang dia pimpin," dan Busey sebagai Bruce, reporter licik yang bekerja di The Hawkins Post.[2] Francesca Reale berperan sebagai Heather, penjaga pantai yang populer di kolam renang komunitas.[3] Pada September 2018, casting masih belum selesai untuk musim ini, yang pada saat itu telah syuting selama lima bulan dan kurang dari dua bulan dari penyelesaian. Carmen Cuba, direktur casting acara tersebut, menghubungkan proses casting yang lebih lambat dari biasanya dengan kerahasiaan plot yang tinggi yang dipasangkan dengan karakterisasi dan pentingnya pergeseran peran tertentu.[39]

Untuk musim ketiga, dilaporkan bahwa beberapa anggota pemeran akan menerima kenaikan gaji. Ryder dan Harbour menerima kenaikan menjadi $350.000 per episode dari masing-masing $150.000 dan $80.000; Wolfhard, Matarazzo, McLaughlin, dan Schnapp memperoleh kenaikan gaji hingga lebih dari $200.000 per episode, mungkin sebanyak $250.000, peningkatan yang signifikan dari $20.000 yang dilaporkan yang mereka hasilkan di musim pertama (kemudian meningkat sebesar $60.000); dan Dyer, Heaton, dan Keery menerima sekitar $150.000 per episode. Kenaikan upah Brown tidak diungkapkan, tetapi diperkirakan lebih besar dari rekan-rekan mudanya. Beberapa sumber menyarankan dia menghasilkan setidaknya $ 250.000 dan mungkin telah menerima antara $ 300.000 dan $ 350.000 per episode.[40][41][42]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "'Stranger Things': Priah Ferguson Promoted, Maya Hawke Added As New Regular In Season 3 Of Netflix Series". Deadline Hollywood. March 2, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 12, 2018. Diakses tanggal October 2, 2018. 
  2. ^ a b c d "Cary Elwes, Jake Busey Join 'Stranger Things' Season 3". Variety. April 18, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2018. Diakses tanggal October 2, 2018. 
  3. ^ a b c d "'Stranger Things' Season 3 Casts 'Haters Back Off' Alum Francesca Reale". Variety. May 19, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 15, 2018. Diakses tanggal October 2, 2018. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k l m n o "Netflix renews Stranger Things for a third season". Netflix Media Center. December 1, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2017. Diakses tanggal February 8, 2019. 
  5. ^ Lunkin, Chris (July 3, 2019). "LSU professor continues his role on hit show 'Stranger Things'". WBRZ. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 4, 2019. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  6. ^ Knolle, Sharon. "'Stranger Things' Cast Who Guest Starred on 'Law & Order,' 'SVU' and 'CI'". Moviefone. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  7. ^ Alter, Ethan (July 15, 2019). "He'll be back? 'Stranger Things' Terminator, Andrey Ivchenko, takes us inside his scene-stealing Season 3 role". Yahoo!. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2021. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  8. ^ Mancuso, Vinnie (July 3, 2019). "'Stranger Things': Everything We Learned About Season 3 On Set at the Starcourt Mall". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2019. Diakses tanggal June 14, 2019. 
  9. ^ Sadovi, Carlos (April 15, 2019). "UIC head of theatre and actor Yasen Peyankov: 'Teaching makes me a better actor and director'". University of Illinois at Chicago. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 1, 2019. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  10. ^ Edwards, Tara (July 6, 2019). "The Internet Has A Lot Of Feelings About Alexei & His Slurpee In Stranger Things 3". Refinery29. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 7, 2019. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  11. ^ Burton, Bonnie (July 7, 2019). "Stranger Things 3: You can actually call Murray Bauman's phone number". CNET. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 29, 2019. Diakses tanggal November 9, 2019. 
  12. ^ a b c d Gimmell, Ammie (July 5, 2019). "Stranger Things Season 3 Cast & New Character Guide". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2021. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  13. ^ Seddon, Dan (July 5, 2019). "Stranger Things boss talks season 3, episode 1's surprise cameo". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  14. ^ Lindsay, Kathryn. "R29 Binge Club: "Stranger Things" Season 3". Refinery29. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 4, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  15. ^ Romero, Ariana. "Here's Who Definitely Died In The "Stranger Things" Season 3 Finale". Refinery29. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 4, 2019. Diakses tanggal July 14, 2019. 
  16. ^ Lang, Audrey (July 4, 2019). "Christopher Convery to Appear on "Stranger Things" Season 3, WAITRESS Becomes the Longest-Running Show at the Brooks Atkinson Theatre, and more!". Young Broadway Actor News. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 14, 2019. Diakses tanggal July 14, 2019. 
  17. ^ "Chapter Six: E Pluribus Unum". Stranger Things. Musim ke-3. Episode ke-6. July 4, 2019. Netflix. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2021. Diakses tanggal July 15, 2019. 
  18. ^ Petski, Denise (March 22, 2019). "'Lovestruck': Beth Riesgraf, Jeffery Self & Linda Park Cast In Fox's Tom Kapinos Pilot". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  19. ^ "The Song Dustin & Suzie Sing In 'Stranger Things' Season 3 Totally Surprised Gaten Matarazzo". Bustle. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 9, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  20. ^ Adams, Erik. "All our unanswered Stranger Things 3 questions". TV Club. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 10, 2019. Diakses tanggal July 10, 2019. 
  21. ^ "'Stranger Things': Maya Hawke Pulls the Curtain Back on Season 3 Breakout Role". The Hollywood Reporter. July 4, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 6, 2019. Diakses tanggal November 25, 2020. 
  22. ^ "We talked to Ricky, the 7-Eleven cashier!". Diarsipkan dari versi asli tanggal September 16, 2021. Diakses tanggal September 16, 2021. 
  23. ^ Chitwood, Adam (November 8, 2016). "'Stranger Things' Season 2: Shawn Levy Confirms He's Directing Again; Teases Season 3". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2017. Diakses tanggal February 6, 2017. 
  24. ^ Stack, Time (February 13, 2017). "Stranger Things: How many seasons will the Netflix series go?". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 13, 2017. Diakses tanggal February 13, 2017. 
  25. ^ Sternbergh, Adam (August 20, 2017). "Turned Upside Down". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 22, 2017. Diakses tanggal August 22, 2017. 
  26. ^ Collinson, Gary (October 1, 2017). "Shawn Levy suggests that Stranger Things could run for 5 seasons". Flickering Myth. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 11, 2021. Diakses tanggal December 2, 2017. 
  27. ^ Piester, Lauren (October 30, 2017). "Stranger Things Season 5? The Duffer Brothers Are Trying to Decide How Long the Show Will Last". Entertainment Online. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 30, 2017. Diakses tanggal December 2, 2017. 
  28. ^ Alexander, Julia (December 1, 2017). "Netflix officially renews Stranger Things for third season". Polygon. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2017. Diakses tanggal December 1, 2017. 
  29. ^ Foutch, Haleigh (April 21, 2018). "Exclusive: 'Stranger Things' Season 3 Starts Filming Monday; Andrew Stanton Not Returning". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2018. Diakses tanggal April 22, 2018. 
  30. ^ Ramos, Dino-Ray (December 9, 2018). "'Stranger Things' Teases Titles For Season 3". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 10, 2018. Diakses tanggal December 9, 2018. 
  31. ^ "Stranger Things season 3 might not debut until 2019". The Verge. December 10, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2018. Diakses tanggal October 13, 2018. 
  32. ^ "Stranger Things Creators Already Working on Season 3". Screen Rant. October 27, 2017. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 29, 2018. Diakses tanggal October 13, 2018. 
  33. ^ Radloff, Jessica (January 24, 2018). "'Stranger Things' Season 3 Is Further Along Than You Think". Glamour. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2018. Diakses tanggal January 24, 2018. 
  34. ^ Bitran, Tara (August 18, 2018). "'Stranger Things' Season 3 Is Inspired by 1985's 'Fletch'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2018. Diakses tanggal August 18, 2018. 
  35. ^ Stone, Sam (January 27, 2019). "Stranger Things Star Natalia Dyer Says Season 3 Is Bigger and Darker". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 28, 2019. Diakses tanggal January 28, 2019. 
  36. ^ Martin, Kevin (October 1, 2019). "Chasing Russians and Monsters in STRANGER THINGS Season 3". VFX Voice. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 1, 2020. Diakses tanggal March 30, 2020. 
  37. ^ Ausiello, Michael (February 9, 2018). "Stranger Things Season 3 Episode Count (Finally) Revealed". TVLine. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2016. Diakses tanggal February 9, 2018. 
  38. ^ "'Stranger Things' First Look At Maya Hawke As Robin & Hint Of Delayed Premiere Date For Season 3". Deadline Hollywood. July 16, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2018. Diakses tanggal October 2, 2018. 
  39. ^ "'Stranger Things' Casting Director Still Searching for Talent for "Challenging" Season 3". The Hollywood Reporter. September 21, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 21, 2018. Diakses tanggal October 2, 2018. 
  40. ^ Andreeva, Nellie (March 19, 2018). "'Stranger Things' Cast Scores Major Salary Increases Ahead Of Season 3". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 27, 2019. Diakses tanggal February 14, 2019. 
  41. ^ "Stranger Things' teenage stars to earn more than $1.6m for season 3". The Daily Telegraph. March 20, 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 27, 2019. Diakses tanggal February 14, 2019. 
  42. ^ Sandberg, Bryn Elise; Kit, Borys (March 19, 2018). "'Stranger Things' Stars Score Massive Pay Raises for Season 3". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2018. Diakses tanggal March 20, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]