Heartstopper (seri televisi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Heartstopper
A pink hand-written text reading the series' title
Genre
BerdasarkanHeartstopper
oleh Alice Oseman
Ditulis olehAlice Oseman
SutradaraEuros Lyn
Pemeran
Penata musikAdiescar Chase
Negara asalUnited Kingdom
Bahasa asliEnglish
Jmlh. musim1
Jmlh. episode8
Produksi
Produser eksekutif
ProduserZorana Piggott
SinematografiDiana Olifirova
PenyuntingSofie Alonzi
Pengaturan kameraSingle-camera
Durasi26–33 minutes
Rumah produksiSee-Saw Films
Rilis asli
JaringanNetflix
Format gambar4K UHDTV
Format audioSurround
Rilis22 April 2022 (2022-04-22) –
present (present)

Heartstopper adalah serial televisi streaming komedi romantis remaja Inggris di Netflix, diadaptasi dari komik web dan novel grafis dengan nama yang sama oleh Alice Oseman. Ditulis oleh Oseman sendiri, seri ini terutama menceritakan kisah Charlie Spring (diperankan oleh Joe Locke ), seorang anak sekolah gay yang jatuh cinta dengan teman sekelas Nick Nelson ( Kit Connor ), yang duduk di sebelahnya dalam bentuk barunya. Ini juga mengeksplorasi kehidupan Tao (William Gao), Elle ( Yasmin Finney), Tara (Corinna Brown) dan Darcy (Kizzy Edgell).

Hak siar untuk serial ini dibeli oleh See-Saw Films pada 2019, dan Netflix memperoleh hak distribusi pada 2021. Euros Lyn terdaftar sebagai sutradara. Syuting berlangsung dari April hingga Juni tahun itu, dengan teaser dirilis sepanjang jangka waktu tersebut. Berbagai lagu yang sudah ada sebelumnya digunakan sebagai soundtrack seri ini selain skor asli oleh Adiescar Chase. Gaya sinematografi dan gradasi warna direncanakan sebelumnya untuk memberikan keanggunan atmosfer seri, diperkuat dengan penggunaan animasi tradisional yang diadaptasi dari materi sumber.

Heartstopper dirilis pada 22 April 2022. Ia menerima pujian kritis, terutama untuk nada dan tempo, serta representasi komunitas LGBT. Ini mendapatkan popularitas instan, berada di antara 10 seri bahasa Inggris teratas di Netflix hanya dalam dua hari. Ini juga mendorong popularitas novel grafis serta lagu-lagu seri. Pada 20 Mei 2022, diumumkan bahwa Heartstopper diperbarui untuk musim kedua dan ketiga.

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

Pemain utama[sunting | sunting sumber]

  • Kit Connor sebagai Nicholas "Nick" Nelson, pemain rugby kelas 11 populer di Truham Grammar School duduk di sebelah Charlie di kelas bentuk
  • Joe Locke sebagai Charles "Charlie" Spring, siswa kelas 10 di Truham Grammar School yang baru saja keluar
  • William Gao sebagai Tao Xu, sahabat pelindung Charlie
  • Yasmin Finney sebagai Elle Argent, teman Charlie dan Tao yang pindah ke Higgs Girls School setelah keluar sebagai transgender
  • Corinna Brown sebagai Tara Jones, seorang siswa Higgs yang berteman dengan Elle
  • Kizzy Edgell sebagai Darcy Olsson, pacar Tara dan teman Elle
  • Tobie Donovan sebagai Isaac Henderson, anggota grup teman Charlie, Tao, dan Elle yang introvert
  • Jenny Walser sebagai Victoria "Tori" Spring, kakak perempuan Charlie
  • Sebastian Croft sebagai Benjamin "Ben" Hope, pacar pertama Charlie
  • Cormac Hyde-Corrin sebagai Harry Greene, anak laki-laki populer di tim Rugby yang suka menggertak
  • Rhea Norwood sebagai Imogen Heaney, salah satu teman Nick dari Higgs, yang naksir Nick
  • Fisayo Akinade sebagai Tuan Ajayi, seorang guru seni yang memperhatikan Charlie
  • Chetna Pandya sebagai Pelatih Singh, seorang guru olahraga dan Pelatih Rugbi yang memperhatikan Charlie
  • Stephen Fry sebagai suara Kepala Sekolah Barnes, Kepala Sekolah Truham Grammar School
  • Olivia Colman sebagai Sarah Nelson, ibu Nick

Pemain berulang (Recurring)[sunting | sunting sumber]

  • Araloyin Oshunremi sebagai Otis Smith
  • Evan Ovenell sebagai Christian McBride
  • Ashwin Viswanath sebagai Sai Verma
  • Georgina Rich sebagai Jane Spring, ibu Charlie dan Tori
  • Joseph Balderrama sebagai Julio Spring, ayah Charlie dan Tori
  • Momo Yeung sebagai Yan Xu, ibu Tao
  • Alan Turkiington sebagai Tuan Lange

Daftar episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
1"Meet"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Siswa SMA Truham Grammar, Charlie Spring, menjalin hubungan rahasia dengan Ben Hope. Dalam bentuk barunya, Charlie ditugaskan untuk duduk di sebelah Nick Nelson, pemain rugby yang perasaannya berkembang. Mereka menjadi teman, meskipun Charlie tidak yakin dengan seksualitas Nick. Nick mengundangnya untuk bergabung dengan tim rugby, dan dia menerimanya. Setelah melihat Ben mencium seorang gadis dan menyadari ketidakbahagiaannya dalam hubungan itu, Charlie memberi tahu Ben bahwa dia tidak ingin bertemu lagi. Kemudian, Charlie enggan bertemu dengan Ben lagi, yang secara paksa menciumnya tetapi ditangkis oleh Nick. Sementara itu, salah satu teman Charlie, Elle Argent, pindah ke Higgs Girls School setelah keluar sebagai gadis transgender.
2"Crush"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Charlie curhat kepada Nick tentang hubungannya dengan Ben, yang dikutuk Nick. Teman Charlie, Tao Xu, berasumsi bahwa Nick adalah heteroseksual dan memberitahu Charlie untuk mengabaikan perasaannya, tapi dia menolak. Tao mengatakan kepadanya bahwa Nick naksir seorang gadis bernama Tara Jones, yang Elle segera belajar dalam hubungan sesama jenis dengan Darcy Olsson. Saat nongkrong di rumah Charlie, Nick mencoba memegang tangan Charlie saat dia tidur dan mulai mempertanyakan seksualitasnya.
3"Kiss"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Nick diundang ke pesta ulang tahun ke-16 temannya Harry Greene. Dia mengundang Charlie, yang menerima. Tao tidak senang Nick telah menyebabkan persahabatannya dan Charlie menjadi lebih jauh. Di pesta itu, Harry dan kelompoknya mencoba menjebak Nick dengan Tara. Tara keluar ke Nick, yang memberitahu Harry setelah dia mengolok-olok Charlie. Imogen Heany, salah satu teman Nick, memberi tahu Nick bahwa dia menyukainya. Charlie memberitahu Ben untuk meninggalkannya sendirian. Nick dan Charlie pergi ke ruangan terpencil, di mana mereka berciuman; Nick tercengang dan pergi setelah dia mendengar Harry mencarinya. Meskipun patah hati, Charlie terkejut melihat Nick di depan pintunya keesokan harinya di tengah hujan lebat.
4"Secret"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Charlie meminta maaf kepada Nick atas apa yang terjadi pada hari sebelumnya. Nick menciumnya, menjelaskan bahwa dia masih tertutup dan bingung; Charlie mengatakan dia tidak perlu mengumumkan apa pun secara terbuka. Setelah pertandingan rugby, Tao dan Elle mendengar Nick dengan enggan menyetujui kencan yang dipaksakan dengan Imogen.
5"Friend"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Nick akan membatalkan kencan dengan Imogen ketika dia mengungkapkan bahwa anjingnya mati, dan Nick membatalkan rencananya karena dia merasa kasihan padanya. Charlie mengundang Nick ke perayaan ulang tahunnya yang ke-15, yang kebetulan berada di hari yang sama dengan kencan Nick, tapi dia memutuskan untuk bersama Charlie. Tao memberi tahu Charlie tentang Nick dan Imogen. Nick sengaja mendengar mereka berdua, kemudian mengklarifikasi kepada Charlie sebelum secara eksplisit mengakui perasaannya padanya, yang dibalas oleh Charlie. Keesokan harinya, Nick menjelaskan kepada Imogen bahwa dia tidak menyukainya secara romantis. Imogen berterima kasih padanya atas kejujurannya.
6"Girls"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Nick berpikir dia mungkin biseksual; Charlie memberitahu dia untuk meluangkan waktu. Nick menemui Tara dan Darcy, yang menyarankan kencan ganda. Setelah Elle mengungkapkan bahwa dia memiliki perasaan terhadap Tao, kelompok itu kemudian diam-diam membuat kencan tiga kali, berharap untuk mengatur keduanya. Pada kencan itu, Elle memperhatikan niat mereka dan menghadapkan mereka, mengatakan dia tidak ingin ada perubahan lagi dalam hidupnya dan ingin melindungi persahabatannya dengan Tao, meskipun dia bahagia untuk Nick dan Charlie. Hari itu, ada konser orkestra dengan Truham dan Higgs. Tara dengan marah pergi setelah mendengar komentar homofobia; Darcy menenangkannya dan mereka kembali tampil.
7"Bully"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Nick mengundang Charlie ke bioskop bersama teman-temannya, meyakinkannya bahwa Harry dan Ben tidak akan datang. Namun, mereka berdua ternyata ada di sana, dan Harry menggertak Charlie tentang seksualitasnya. Setelah Charlie pergi, Nick memberitahu Harry untuk menghentikan bullying. Harry menyebut Charlie seorang homo, dan perkelahian pun terjadi. Di tempat parkir, Ben memberi tahu Charlie bahwa Nick tidak peduli padanya dan tidak ada yang bisa. Tao merasa bersalah karena secara tidak sengaja memperburuk situasi Charlie dengan menyerang Harry secara verbal, tetapi karena Charlie terus mengabaikannya, dia bertengkar dengan Harry dan menghadapkan Charlie karena tidak memberitahunya tentang hubungannya dengan Nick.
8"Boyfriend"Euros LynAlice Oseman22 April 2022 (2022-04-22)
Harry diskors untuk pertarungan dan persahabatan Charlie dengan Tao masih tegang. Tertekan, Charlie berhenti rugby dan mengabaikan Nick. Tao dan Nick terikat dan menemukan kesamaan dalam menginginkan Charlie bahagia. Tao berdamai dengan Charlie, yang juga menghadapi Ben karena kasar. Nick memberi tahu Charlie bahwa dia tidak ingin putus dan mereka berciuman. Pada kencan di tepi laut, Nick mengungkapkan rencananya untuk keluar dan memberi tahu teman-teman mereka, yang membuat Charlie bahagia. Kemudian pada hari itu, dia keluar ke ibunya, yang menerimanya.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Penulisan dan pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, Alice Oseman memulai webcomic berjudul Heartstopper yang kemudian berkembang menjadi novel grafis setelah mendapatkan pengikut kultus .[1] Suatu saat di tahun 2019, See-Saw Films bertanya kepada Oseman apakah dia bisa mencoba menulis skenario.[2] Mereka telah disarankan oleh Patrick Walters, yang membantu kampanye Kickstarter Oseman pada tahun 2018.[3] Dia menyatakan minatnya untuk melakukannya, mencatat kurangnya representasi LGBT remaja yang sehat di televisi, berharap bahwa ini berpotensi meyakinkan kaum muda LGBT "bahwa mereka dapat menemukan kebahagiaan dan menemukan romansa dan menemukan persahabatan." Dia menulis skenario berdasarkan dua volume pertama dari novel grafis. See-Saw Films menyukainya [2] dan memilih hak siar televisi pada bulan Juli.[4]

Pada 20 Januari 2021, terungkap bahwa Netflix memesan Heartstopper sebagai seri delapan episode setengah jam.[4] Itu dianggap sebagai platform terbaik oleh Oseman dan Walters karena ketersediaan globalnya.[3] Euros Lyn terdaftar sebagai sutradara dan produser eksekutif. Dia belum membaca materi sumber aslinya, dan menyebut skenarionya memukau.[5] Sutradara "Konten Anak & Keluarga" Netflix Patrick Wheeleer mengatakan bahwa cerita itu "layak diceritakan" karena relatabilitasnya di kalangan demografis muda.[1] Juga eksekutif yang memproduksi seri ini adalah Patrick Walters, Jamie Laurenson, Hakan Kousetta, Iain Canning, dan Emile Sherman, dengan Zorana Piggott sebagai produser. Desain produksi dilakukan oleh Tim Dickel, dekorasi set seri oleh Maxwell Fine dan alat peraga oleh Zoe Seiffert.[6] Selama produksi, program ini memiliki judul kerja Evergreen .[7]

Casting[sunting | sunting sumber]

Untuk memberikan penggambaran yang otentik, Oseman menginginkan anak muda yang sebenarnya untuk memerankan karakter tersebut.[2] Daniel Edwards-Guy menjabat sebagai direktur casting. Panggilan casting terbuka keluar pada bulan Januari dan Februari 2021 untuk lima karakter utama serta tiga berulang.[8] Oseman menjelaskan bahwa karakter Aled tidak akan muncul dalam adaptasi untuk menghormati ceritanya di novel lain di alam semesta Heartstopper, Radio Silence . Setelah lebih dari 10.000 orang mengikuti audisi melalui Zoom, dia mengumumkan putaran pertama casting pada April 2021, dengan Kit Connor dan Joe Locke masing-masing berperan sebagai Nick dan Charlie.[2][9] Heartstopper juga menandai debut akting Locke. Connor awalnya mengikuti audisi sebagai Charlie, dan produser segera mengubah perannya menjadi Nick.[10] Setelah setuju bahwa Locke cocok dengan peran Charlie, Connor mengikuti audisi dan tim produksi menemukan chemistry di keduanya;[5] mereka sendiri ingat hanya butuh beberapa jam untuk menjalin ikatan.[10]

Pemeran lainnya diumumkan beberapa hari kemudian, yang meliputi Yasmin Finney, Sebastian Croft, William Gao, Corinna Brown, Kizzy Edgell, Cormac Hyde-Corrin, Rhea Norwood, dan Tobie Donovan.[11] Jenny Walser bergabung dalam pemeran pada bulan Mei. Audisi terakhir dilakukan secara tatap muka.[2] Setelah bekerja dengannya sebelumnya, Lyn menghubungi Olivia Colman setelah Oseman menyatakan minatnya pada aktris terkenal untuk memerankan Sarah, yang menerima tawaran itu. Juga dicatat bahwa penggemar webcomic dan novel grafis setuju bahwa Colman cocok untuk serial tersebut.[12] Lyn mengatakan bahwa karakter "naluri" dan "hangat" Colman cocok dengan Sarah sebagai ibu Nick.[5]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Syuting dimulai di lokasi di seluruh Inggris pada bulan April dan selesai pada Juni 2021.[13] Sebagian besar terjadi di Burnham, Buckinghamshire . E-Act Burnham Park Academy yang sekarang terlantar digunakan untuk interior dan eksterior Truham Grammar School.[14] Arena bowling Hollywood Bowl di High Wycombe digunakan untuk syuting. Pertandingan rugby yang ditampilkan dalam "Secret" difilmkan di Thames Valley Athletics Center . Stasiun kereta api dari mana Nick dan Charlie berangkat ke pantai adalah stasiun kereta api North Weald di Essex, tetapi pemandangan sebenarnya di tepi laut adalah di Herne Bay, Kent . Setelah milkshake, Charlie dan teman-temannya terlihat berjalan di sepanjang Sungai Thames di Windsor, Berkshire sebelum konser mereka.[15] Colman memfilmkan semua adegannya dalam dua hari.[16] Dalam episode "Boyfriend", selama adegan di mana Nick dan Charlie naik kereta api, Oseman memutuskan untuk memberikan dirinya cameo sebagai penumpang; dia menggambar pasangan di luar layar.[17] Adegan menjelang akhir episode yang menampilkan komidi putar dipenuhi oleh anggota kru.[18]

Diana Olifirova terdaftar sebagai sinematografer. Dia langsung disuguhi tantangan dalam menggambarkan "cinta dan emosi dan kelembutan" secara visual. Menggunakan Arri Alexa Mini LF dengan lensa sferis Canon K35, ia menggunakan sinematografi genggam untuk memberikan ruang pemeran dan menyerupai genre dokumenter . Dengan desainer produksi Tim Dickel, mereka menyusun palet warna ringan oranye, kuning, pirus, serta campuran pink dan biru. Olifrova menggunakan gel warna untuk pencahayaan, yang sebelumnya dia lakukan untuk We Are Lady Parts . Warna gedung sekolah dikontrol agar tidak berlebihan, tetapi pada saat yang sama cerah. Adegan selama pesta ulang tahun Harry difilmkan di siang hari, dan dengan demikian tim produksi harus menutup jendela dan menggunakan pencahayaan buatan agar menyerupai lampu luar ruangan. Transisi antar musim dicapai melalui suar lensa .[19] Adegan pembuka dicapai dengan dua kali pengambilan, karena untuk yang pertama, depth of field yang dicapai Nick melalui Contrazoom dianggap berlebihan; mereka kemudian berhasil melakukan reshoot untuk membuat suasana menjadi lebih minimalis.[5] Saat Tara dan Darcy berciuman di episode "Kiss", Nick bermandikan cahaya biseksual, melambangkan dia menyadari seksualitasnya; ini disarankan kepada Olifirova oleh tim kreatif serial tersebut.[20]

Sebagai desainer produksi, Dickel bekerja dengan dekorator set Maxwell Fine, yang menggunakan pengalamannya dalam pelajaran seni masa lalu untuk menciptakan representasi realistis dari ruang kelas Inggris.[18] Dickel, sementara itu, meminta teman-temannya untuk memotret kamar anak-anak mereka, membuat papan suasana hati yang diulas oleh para pemain.[21] Beberapa objek yang ditetapkan juga berubah seiring kemajuan dan pertumbuhan karakter. Di kelas geografi, tempat duduk Nick ditempatkan agar dia dilatarbelakangi oleh gambar-gambar batu; Fine mengkorelasikan ini dengan batuan metamorf yang terbentuk di bawah tekanan, melambangkan perkembangan romantis Nick dan Charlie. Yang pertama memiliki kamarnya yang penuh dengan barang-barang, mewakili kehidupannya yang rumit. Kamar Elle "lebih halus" dan artistik, kamar Tao dirancang untuk mencerminkan cinephilia -nya, dan kamar Tara dipenuhi boneka beruang sesuai skenarionya. Sehubungan dengan materi sumber, beberapa objek set diberi gaya gambar tangan. Mencerminkan karakter, kamar Charlie luas dan kacau, sedangkan kamar Nick lebih rapi. Oseman menggambar mural untuk digambarkan dalam seri; mereka terinspirasi oleh karya Hokusai dan Julian Opie .[18]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Dalam serial ini, daun-daun yang dianimasikan secara tradisional melayang-layang selama momen-momen cinta, salinan langsung dari motif visual di webcomic. Dalam adegan ciuman pertama Nick dan Charlie, percikan listrik keluar saat Charlie mencoba menyentuh tangan Nick. Burung camar animasi dan burung sejoli juga terlihat. Oseman mengatakan bahwa itu mewakili "perasaan ajaib" yang ingin mereka bangkitkan. Dia sudah memikirkannya saat menulis skenario, membayangkan bahwa mereka akan muncul terutama selama adegan intim antara Nick dan Charlie yang dia juluki "Momen Heartstopper ". Akhirnya, Anna Peronetto dipilih untuk membuat animasi, menggunakan storyboard oleh Oseman. Peronetto telah menjadi penggemar materi sumber asli, dan dipilih ketika Oseman membuat posting Instagram mencari animator tradisional. Dia berdiskusi dengan Lyn dan editor Sofie Alonzi untuk melihat jenis animasi apa yang cocok untuk adegan tertentu. Untuk sejoli, dia menganalisis parkit liar London.[19][22][23]

Menggunakan DaVinci Resolve, Olifirova bekerja dari jarak jauh dengan colorist Toby Tomkins, yang bekerja untuk perusahaan Cheat, untuk membuat tabel pencarian 3D (LUT) yang menyerupai palet warna bidikan, serta "menambahkan sedikit warna pirus dalam bayangan. dan kehangatan untuk warna kulit." Lyn telah memberi tahu mereka bahwa dia ingin intensitas warna meningkat seiring berjalannya cerita dan saat musim berganti. Mereka berbicara tentang cara membuat rentang dinamis tinggi Dolby Vision yang tepat untuk seri ini, menetapkan batas warna dan rona. Kemudian, kecerahan LUT dikurangi satu sehingga Olifirova dapat menciptakan cahaya tambahan dalam bayangan dan bereksperimen dengan gradasi warna. Tomkins mengerjakan dua episode pertama selama dua hari, sebelum mengerjakan episode individu yang tersisa selama satu setengah hari.[19][24]

Skor tersebut disusun oleh Adiescar Chase, yang menggunakan riff elektronik serta gaya kontemporer.[25] Heartstopper menandai karya pertamanya setelah lulus dari Sekolah Film dan Televisi Nasional . Dia membaca webcomic sebelum menulis, dan diberi arahan agar musiknya melengkapi lagu-lagu yang sudah ada sebelumnya. Beberapa lagu, termasuk "Heartstopper", membantu "momen Heartstopper " dengan memberikan nada "bersoda".

Rilis[sunting | sunting sumber]

Video luar
Teaser trailer on YouTube (1 min 11 sec)
Official trailer on YouTube (2 mins 34 sec)

Gambar tampilan pertama Heartstopper terungkap pada 1 Maret 2022 diikuti oleh trailer teaser pada 16 Maret.[26] Sebuah trailer resmi dirilis pada 13 April. Judul episode dirilis pada 19 April. Serial ini dirilis pada 22 April 2022.[27]

Ketika ditanya apakah akan ada musim kedua, Walters mengatakan bahwa mereka menantikannya, melihat bahwa para eksekutif Netflix tampaknya "memahami" serial tersebut.[17] Locke dan Connor juga telah menyatakan antisipasi untuk pembaruan, mencatat perkembangan naratif dalam materi sumber seri.[10] Pada 20 Mei 2022, setelah ulasan Netflix tentang angka penayangan 28 hari, diumumkan bahwa serial tersebut telah diperbarui untuk dua musim lagi.[28]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Netflix UK Commissions 'Heartstopper,' a New 8-Part Live Action Series From See-Saw Films". About Netflix (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  2. ^ a b c d e "For Writer Alice Oseman, 'Heartstopper' Fulfills a Years-Long Crush". Netflix Tudum (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  3. ^ a b Yossman, K. J.; Yossman, K. J. (2022-04-21). "'Heartstopper' EP Patrick Walters on How He Turned the Queer Graphic Novel Into a Netflix Show". Variety (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  4. ^ a b White, Peter (January 20, 2021). "Netflix Lands Adaptation Of YA Graphic Novel 'Heartstopper', 'Doctor Who's Euros Lyn To Direct See-Saw-Produced Series". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 March 2021. Diakses tanggal 23 April 2021. 
  5. ^ a b c d "Heartstopper Interview: Director Euros Lyn On Bringing Alice Oseman's Queer Story To Life". TheGamer (dalam bahasa Inggris). 2022-05-03. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  6. ^ Noted in the series' credits
  7. ^ HEARTSTOPPER Outtakes & Bloopers 🍂 | Netflix (dalam bahasa Inggris), diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2022, diakses tanggal 2022-05-05 
  8. ^ "Heartstopper Open Casting Call". RCW Literary Agency. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2021. Diakses tanggal 23 April 2021. 
  9. ^ Stroud, Will (22 April 2021). "Heartstopper: Kit Connor and Joe Locke to star in Netflix adaptation of gay graphic novel". Attitude. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2021. Diakses tanggal 22 April 2021. 
  10. ^ a b c May 02, Samantha Highfill; EDT, 2022 at 05:23 PM. "'Heartstopper' stars Kit Connor, Joe Locke talk chemistry reads and potential season 2". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  11. ^ Kanter, Jake (26 April 2021). "Netflix Rounds Out Cast For 'Heartstopper' With 'What If?' Star Yasmin Finney & Seven Others". Deadline. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2021. Diakses tanggal 26 April 2021. 
  12. ^ "Heartstopper: How Olivia Colman Was Cast As Nick's Mom". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). 2022-04-25. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  13. ^ Cook, Laurence (29 January 2021). "Netflix's 'Heartstopper' + More UK Productions are Greenlit and Casting". Backstage. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2021. Diakses tanggal 23 April 2021. 
  14. ^ Scardarella, Laura (28 April 2022). "Heartstopper: Netflix show filmed in Slough and Windsor". Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 May 2022. Diakses tanggal 19 May 2022. 
  15. ^ "Here are all of the real life filming locations from Heartstopper". UK (dalam bahasa Inggris). 2022-04-27. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 May 2022. Diakses tanggal 2022-04-30. 
  16. ^ "'Heartstopper': Olivia Colman Makes Surprise Appearance in YA Romance Series". Collider (dalam bahasa Inggris). 2022-04-22. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 April 2022. Diakses tanggal 2022-04-28. 
  17. ^ a b Cooper, Gael Fashingbauer. "'Heartstopper' on Netflix: Little-Known Behind-the-Scenes Facts, Season 2 Plans". CNET (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 12 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  18. ^ a b c "Heartstopper Blog". Maxwell Fine Studio (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  19. ^ a b c Pennington2022-05-12T12:37:00+01:00, Adrian. "Behind The Scenes: Heartstopper". IBC (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  20. ^ "Yes, the Bisexual Lighting in 'Heartstopper' Was Very Intentional". Netflix Tudum (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  21. ^ Davis, Nicole (2022-05-18). "Designing the perfect on-screen teenage bedroom". i-D (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20. 
  22. ^ "Alice Oseman Explains Those Magical Doodles in 'Heartstopper'". Netflix Tudum (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  23. ^ Zornosa, Laura (2022-05-09). "'Heartstopper' Is a TV Love Story With the Soul of a Comic". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  24. ^ "Vibrant aesthetic helps new Netflix love story Heartstopper pack emotional punch". British Cinematographer (dalam bahasa Inggris). 2022-04-28. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  25. ^ "Full 'Heartstopper' Soundtrack List From Netflix Series" (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2022. Diakses tanggal 2022-05-17. 
  26. ^ Cormack, Morgan (1 March 2022). "Netflix's Heartstopper: our first look at the upcoming LGBTQ+ coming-of-age drama that's set to take over our screens". Stylist. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 March 2022. Diakses tanggal 16 March 2022. 
  27. ^ Seddon, Dan (16 March 2022). "Netflix series Heartstopper announces release date". Digital Spy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2022. Diakses tanggal 16 March 2022. 
  28. ^ "Heartstopper season 2 potential release date, cast and more". Digital Spy (dalam bahasa Inggris). 2022-05-20. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 May 2022. Diakses tanggal 2022-05-20.