Squid Game

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Squid Game
Nama alternatifRound Six
Hangul오징어게임
Romanisasi yang DirevisiOjing-eo Geim
McCune–ReischauerOjingŏ Keim
Genre
PembuatNetflix
PengarangHwang Dong-hyuk
SutradaraHwang Dong-hyuk
Pemeran
KomposerJung Jae-il
Negara asalKorea Selatan
Bahasa asliKorea
Jmlh. musim1
Jmlh. episode9 (daftar episode)
Produksi
KameraMulti-camera
Durasi32–63 menit
Rumah produksiSiren Pictures Inc.[1]
DistributorNetflix
Rilis
Jaringan penyiarNetflix
Format gambar
Format audioDolby Atmos
Tanggal tayang asli17 September 2021 (2021-9-17)
Pranala luar
Situs web

Squid Game (Hangul오징어게임; RROjing-eo Geim) adalah serial drama survival melalui televisi internet asal Korea Selatan yang ditulis dan disutradarai oleh Hwang Dong-hyuk. Seri sembilan episode, yang dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo dan Wi Ha-joon, menceritakan kisah sekelompok orang yang mempertaruhkan hidup mereka dalam kelangsungan hidup yang misterius. game dengan hadiah 45.6 miliar (US$38,7 juta).[2][3] Dirilis di seluruh dunia pada 17 September 2021 oleh Netflix.[4][5]

Premis[sunting | sunting sumber]

Empat ratus lima puluh enam orang, yang semuanya berjuang secara finansial dalam hidup, diundang untuk memainkan kompetisi bertahan hidup yang misterius. Berkompetisi dalam serangkaian permainan anak-anak tradisional tetapi dengan tikungan yang mematikan, mereka mempertaruhkan hidup mereka untuk bersaing memperebutkan hadiah 45.6 miliar (US$38,5 juta).

Pemeran dan karakter[sunting | sunting sumber]

Pemeran Utama[sunting | sunting sumber]

Angka dalam kurung menunjukkan nomor karakter yang ditetapkan dalam Squid Game.

  • Lee Jung-jae sebagai Seong Gi-hun (456),[6] seorang sopir dan pecandu judi, dia tinggal bersama ibunya dan berjuang untuk menghidupi putrinya secara finansial. Dia berpartisipasi dalam permainan untuk menyelesaikan banyak hutangnya.
  • Park Hae-soo sebagai Cho Sang-woo (218),[6] kepala tim investasi di sebuah perusahaan sekuritas, dia adalah junior Gi-hun dan merupakan siswa berbakat yang belajar di Universitas Nasional Seoul, tetapi sekarang dicari oleh polisi karena mencuri uang dari kliennya.
  • Jung Ho-yeon sebagai Kang Sae-byeok (067),[7] seorang pembelot Korea Utara yang memasuki Permainan untuk membayar broker untuk menemukan dan mengambil kembali anggota keluarganya yang masih hidup yang masih melintasi perbatasan.
  • O Yeong-su sebagai Oh Il-nam (001),[8] seorang pria tua dengan tumor otak yang lebih suka bermain Game daripada menunggu mati di dunia luar.
  • Heo Sung-tae sebagai Jang Deok-su (101),[9] seorang gangster yang memasuki Permainan untuk menyelesaikan hutang judinya yang besar.
  • Anupam Tripathi sebagai Abdul Ali (199),[8] seorang pekerja asing dari Pakistan yang memasuki Game untuk menafkahi keluarga mudanya setelah majikannya menolak untuk membayarnya selama berbulan-bulan.
  • Kim Joo-ryoung sebagai Han Mi-nyeo (212),[10] seorang wanita misterius dan manipulatif yang mengaku sebagai ibu tunggal yang malang.
  • Wi Ha-joon sebagai Hwang Jun-ho,[11] seorang petugas polisi yang menyelinap ke dalam permainan sebagai penjaga untuk menemukan saudaranya yang hilang.

Pemain Pendukung[sunting | sunting sumber]

Peserta permainan[sunting | sunting sumber]

  • Yoo Sung-joo sebagai Byeong-gi (111),[12] seorang dokter yang diam-diam bekerja dengan sekelompok penjaga korup untuk memperdagangkan organ peserta yang mati dengan imbalan informasi tentang permainan yang akan datang.
  • Lee Yoo-mi sebagai Ji-yeong (240),[13] seorang wanita muda yang baru saja dibebaskan dari penjara setelah membunuh ayahnya yang kejam.
  • Kim Si-hyun sebagai Pemain 244, seorang pendeta yang menemukan kembali imannya selama Pertandingan.
  • Lee Sang-hee sebagai Pemain 017,[14] pembuat kaca dengan pengalaman lebih dari 30 tahun.
  • Kim Yun-tae sebagai Pemain 069, seorang pemain yang bergabung dengan Game bersama istrinya, Pemain 070.
  • Lee Ji-ha sebagai Pemain 070,[15] seorang pemain yang bergabung dengan Game dengan suaminya, Pemain 069.
  • Kwak Ja-hyoung sebagai Pemain 278, seorang pemain yang bergabung dengan kelompok Deok-su dan bertindak sebagai anteknya.
  • Chris Chan sebagai Pemain 276,[16] seorang pemain yang bergabung dengan grup Seong Gi-hun di babak tarik tambang.

Lain-lain[sunting | sunting sumber]

  • Kim Young-ok sebagai Ibu Gi-hun[17]
  • Cho Ah-in sebagai Seong Ga-yeong, Putri Gi-hun
  • Kang Mal-geum sebagai Mantan istri Gi-hun dan ibu Ga-yeong[17]
  • Park Hye-jin sebagai Ibu Sang-woo
  • Park Si-wan sebagai Kang Cheol / Kakak Sae-byeok

Penampilan khusus[sunting | sunting sumber]

Episode[sunting | sunting sumber]

No.JudulSutradaraPenulis skenarioTanggal rilis asli
1"Lampu Merah, Lampu Hijau (무궁화 꽃이 피던 날) [a][b]"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Seong Gi-hun sedang tidak beruntung, setelah mengumpulkan hutang yang sangat besar dengan rentenir. Saat di stasiun kereta, dia diminta oleh seorang pria berpakaian bagus untuk bermain ddakji demi uang. Setelah bermain, pria itu memberi Gi-hun kartu, mengundangnya untuk bermain game dengan taruhan lebih tinggi. Gi-hun menerima dan dibawa, saat tidak sadarkan diri, ke lokasi misterius dengan 455 pemain lain yang terbangun di asrama dan diidentifikasi dengan nomor di pakaian mereka. Lokasi dikelola oleh staf bertopeng dan diawasi oleh Front Man, juga bertopeng. Semua pemain berada dalam kesulitan keuangan yang sama dan akan diberikan hadiah uang miliaran won jika mereka memenangkan enam pertandingan selama enam hari. Gi-hun berteman dengan Pemain 001, seorang pria tua, dan mengenali di antara para pemain Cho Sang-woo, mantan teman sekelas dan pengusaha, dan Pemain 067, seorang pencopet yang mencuri uangnya. Game pertama adalah Lampu Merah, Lampu Hijau, di mana mereka yang kalah ditembak mati di tempat. Gi-hun, meskipun ketakutan, didorong oleh Sang-woo untuk bermain, dan diselamatkan dari jatuh oleh Pemain 199. Ketiganya mampu menyelesaikan permainan.
2"Neraka (지옥)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Lebih dari setengah pemain terbunuh di game pertama, dan beberapa yang selamat memohon untuk pergi. Menurut klausul ketiga perjanjian permainan, jika mayoritas setuju untuk mengakhiri permainan, semua pemain akan dipulangkan. Para pemain memilih, dan suara penentuan Pemain 001 membuat mereka semua dikirim pulang dengan selamat. Setelah kembali, Gi-hun pergi ke polisi tetapi tidak ada yang percaya ceritanya kecuali Detektif Hwang Jun-ho, yang saudaranya yang hilang menerima kartu yang sama dengan Gi-hun. Staf permainan memberi para pemain kesempatan untuk melanjutkan permainan, dan banyak yang kembali, termasuk: Gi-hun, yang ibunya membutuhkan prosedur medis; Sang-woo, yang akan ditangkap karena penipuan keuangan; Pemain 001, yang merasa tidak punya apa-apa untuk hidup; Pemain 067, yang ingin menyelundupkan orang tuanya keluar dari Korea Utara; Pemain 199, yang menyerang majikannya karena menahan upah; dan Pemain 101, seorang gangster dalam pelarian. Jun-ho diam-diam mengikuti Gi-hun saat dia dijemput oleh staf game.
3"Pria Berpayung (우산을 쓴 남자)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Jun-ho bersembunyi di antara staf bertopeng saat mereka melakukan perjalanan ke lokasi pulau permainan. Setelah bangun di asrama, para pemain lebih siap dan mulai membentuk aliansi. Gi-hun, Sang-woo, Pemain 001, dan Pemain 199 bergabung, dan perhatikan bahwa sebagian besar pemain kembali, termasuk Pemain 212, yang pertama memohon untuk pergi. Pemain 067 menyelinap ke ventilasi dan mengamati pekerja staf di dapur. Di game kedua, para pemain harus memilih bentuk yang dicap dari dalgona. Sang-woo mengidentifikasi permainan dengan cepat, menggunakan informasi dari Pemain 067, tetapi tidak memperingatkan rekan satu timnya dan memilih bentuk yang paling sederhana untuk dirinya sendiri. Gi-hun menyelesaikan permainan meskipun memiliki bentuk kesulitan tertinggi, payung, dengan menjilati sarang lebah untuk melelehkannya. Pemain 212 membantu Deok-su menyelesaikan permainan dengan korek api selundupan. Seorang pemain menyandera anggota staf berperingkat lebih tinggi sebelum membunuh dirinya sendiri; anggota staf terbunuh, dan Jun-ho mengambil topeng baru.
4"Tetap di Tim (쫄려도 편먹기)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Pemain 111, seorang dokter, diberikan informasi dari setiap permainan sebelumnya, dan bekerja dengan beberapa staf untuk mengambil organ dari pemain yang mati. Dia bergabung dengan tim Deok-su dengan menawarkan info permainan. Gi-hun menyadari bahwa Sang-woo bisa membantu tim mereka di pertandingan sebelumnya. Staf menimbulkan perselisihan di antara para pemain dan Deok-su membunuh pemain lain, yang hanya mengakibatkan hadiah uang meningkat. Setelah lampu padam, kerusuhan meletus dan banyak pemain terbunuh. Pemain 067 bergabung dengan tim Gi-hun, yang melindunginya dari geng Deok-su. Ketika Pemain 001 memohon semua orang untuk berhenti, Front Man menyuruh tentara mengakhiri kerusuhan. Nama pertukaran tim Gi-hun: Pemain 199 adalah Ali Abdul, dan Pemain 067 adalah Kang Sae-byeok. Pemain 001, yang menderita tumor otak, tampaknya mengalami kesulitan berbicara dan mengingat namanya. Setelah lampu padam, penjaga di kamar di sebelah Jun-ho terbatuk dengan kode Morse. Pada game ketiga, pemain disuruh membentuk kelompok beranggotakan sepuluh orang. Deok-su, mengetahui bahwa permainan yang akan datang adalah tarik ulur, memilih orang kuat dan menolak Pemain 212, Han Mi-nyeo, yang harus bergabung dengan tim pemain yang lebih lemah dari Gi-hun.
5"Dunia yang Adil (평등한 세상)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Tim Gi-hun memenangkan pertandingan tarik tambang mereka menggunakan strategi Pemain 001 dan Sang-woo, tetapi kebanyakan dari mereka takut harus membunuh tim lawan. Mengharapkan kerusuhan lain, tim Gi-hun membangun sebuah barikade, yang Deok-su mengejek sampai Gi-hun menunjukkan bahwa rekan tim Deok-su harus mengubah dia cepat atau lambat. Malam itu rekan satu tim Gi-hun bergantian berjaga, tapi tim Deok-su tidak menyerang. Jun-ho mengetahui tentang konspirasi dengan Pemain 111 untuk pengambilan organ pasar gelap, tetapi konspirasi berakhir ketika Front Man menangkap mereka. Front Man mengeksekusi sisa anggota konspirasi, termasuk Pemain 111, dan memiliki fasilitas perburuan untuk Jun-ho. Jun-ho menerobos masuk ke kantor Front Man dan mengetahui bahwa permainan tersebut telah berjalan selama lebih dari 30 tahun, dan bahwa saudaranya, Hwang In-ho, adalah pemenangnya pada tahun 2015.
6"Gganbu (깐부)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Jun-ho diam-diam melihat Front Man menerima telepon, mengatakan bahwa semua akan diselesaikan sebelum para VIP tiba. Untuk game keempat, pemain disuruh berpasangan. Sang-woo bersama Ali, Gi-hun dengan Pemain 001, dan Sae-byeok dengan Pemain 240. Karena jumlah pemainnya ganjil, Mi-nyeo adalah wanita terakhir yang berdiri dan dibawa pergi. Dalam permainan, semua orang disuruh memainkan permainan kelereng pilihan mereka melawan pasangannya, dan siapa pun yang mendapatkan semua kelereng pasangannya dalam waktu 30 menit akan menang. Sae-byeok dan Pemain 240, Ji-yeong, setuju untuk memainkan permainan sederhana yang semuanya atau tidak sama sekali, tetapi setelah berbicara tentang kehidupan mereka, Ji-yeong memutuskan Sae-byeok memiliki lebih banyak untuk hidup dan membiarkannya menang. Sang-woo hampir kalah, tetapi menipu Ali untuk melepaskan kelerengnya dan menang. Gi-hun, yang akan kalah dalam permainan taruhan dari Pemain 001, membalikkannya dengan menggunakan memori gagal Pemain 001 untuk melawannya. Pemain 001 mengungkapkan bahwa dia tahu bahwa Gi-hun telah menipunya sepanjang waktu meskipun kondisinya gagal, tetapi tetap mengizinkan Gi-hun untuk menang. Sebelum dibunuh, Pemain 001 mengatakan bahwa namanya adalah Oh Il-nam.
7"VIP"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Para pemain kembali ke asrama tempat Mi-nyeo menunggu, setelah diizinkan untuk tidak bermain. Pemain 069, yang mengalahkan istrinya dalam permainan kelereng, meninggal karena bunuh diri. Para VIP tiba dan disambut oleh Front Man atas nama bosnya, tuan rumah. VIP adalah pelanggan kaya yang bertaruh pada permainan. Jun-ho mengambil tempat pekerja dan salah satu VIP mencoba berhubungan seks dengannya, tapi Jun-ho menginterogasi VIP untuk mendapatkan info dan melarikan diri dari pulau dengan peralatan selam. Pada gim kelima, para pemain, dalam urutan yang telah ditentukan, memiliki waktu 16 menit untuk menyeberangi jembatan dengan panel kaca temper atau kaca biasa. Para pemain di depan mati saat panel diuji. Ketika Deok-su sampai di garis depan, dia menolak untuk bergerak, Mi-nyeo meraihnya dan mereka jatuh bersama. Dengan empat pemain tersisa, Sang-woo mendorong Pemain 017, membunuhnya untuk mengungkapkan panel trik terakhir. Gi-hun, Sang-woo dan Sae-byeok menyelesaikan permainan.
8"Barisan Depan (프론트맨)"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Sebagai finalis, Gi-hun, Sang-woo dan Sae-byeok diberi pakaian ganti, makan malam mewah, dan pisau. Setelah lampu padam, Gi-hun meminta Sae-byeok bahwa mereka bekerja sama melawan Sang-woo, tapi Sae-byeok terluka dalam permainan batu loncatan dan menyarankan agar mereka berjanji untuk saling membantu orang yang mereka cintai jika mereka memenangkan permainan sebagai gantinya. Cedera Sae-byeok memburuk dan Gi-hun berlari mencari bantuan, tetapi ketika staf tiba, Sae-byeok sudah mati; Sang-woo mengambil kesempatan untuk menikamnya saat Gi-hun pergi. Jun-ho berhasil sampai ke pulau lain dan menelepon kepala desanya, tapi penerimaannya buruk. Front Man dan tentaranya memburu Jun-ho, dan Front Man menyatakan dirinya sebagai In-ho, saudara Jun-ho. In-ho menembak Jun-ho dan membiarkannya jatuh ke laut.
9"Hari yang Beruntung (운수좋은날) [c]"Hwang Dong-hyukHwang Dong-hyuk17 September 2021 (2021-9-17)
Game keenam dan terakhir adalah game Squid, dengan Gi-hun menyerang dan Sang-woo bertahan. Gi-hun mengalahkan Sang-woo, tetapi menolak untuk menyelesaikan permainan. Dia memanggil klausa ketiga untuk mengakhiri permainan, tapi Sang-woo menusuk dirinya sendiri dan meminta Gi-hun untuk menggunakan hadiah uang untuk membantu ibu Sang-woo. Gi-hun kembali ke rumah untuk menemukan bahwa ibunya telah meninggal. Setahun kemudian, Gi-hun masih trauma dengan pengalamannya dan hampir tidak menyentuh hadiah uangnya. Suatu malam dia menerima kartu undangan permainan emas, dan dalam menjawabnya menemukan Pemain 001, Oh Il-nam, masih hidup tetapi sekarat. Il-nam adalah salah satu VIP, "Host" (yang ikut menjalankan game bersama Front Man, In-ho), dan dalang di balik operasi game, yang dibuat untuk menghibur orang super kaya yang bosan seperti dirinya. Il-nam menjelaskan bahwa baik yang miskin maupun yang sangat kaya menjalani kehidupan yang monoton dan dia berusaha menemukan cara untuk mendapatkan kesenangan dari kehidupan. Dia juga menguji apakah umat manusia memiliki kebaikan bawaan yang tersisa di dalamnya, mengingatkan Gi-hun bahwa meskipun menyaksikan pertumpahan darah di game awal, dia dan peserta lainnya masih kembali dan mengorbankan nyawa satu sama lain demi mendapatkan hadiah uang untuk diri mereka sendiri. . Permainan tertentu didasarkan pada kenangan masa kecil Il-nam, dan dia memutuskan untuk berpartisipasi sendiri demi nostalgia. Il-nam meminta Gi-hun untuk memainkan satu pertandingan terakhir dengan dia, tes lain untuk melihat apakah umat manusia memiliki kebaikan yang tersisa di dalamnya - apakah ada orang yang akan membantu orang mabuk di jalan sebelum tengah malam; Gi-hun menang tapi Il-nam mati, meskipun mungkin tidak sebelum dia menyaksikan kekalahannya. Gi-hun tersadar dari pingsannya dan memenuhi janjinya: dia mengeluarkan saudara laki-laki Sae-byeok dari panti asuhan dan memberi ibu Sang-woo bagiannya dari hadiah uang. Gi-hun hendak meninggalkan negara itu untuk berhubungan kembali dengan putrinya, tetapi di tengah jalan melihat seseorang bermain ddakji dengan perekrut game yang sama yang mengundangnya. Gi-hun mengambil kartu pria itu dan memanggil nomornya, sekarang bertekad untuk mencari tahu siapa mereka.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Hwang mengatakan dia awalnya mengembangkan skrip pada tahun 2008 ketika dia berada dalam situasi keuangan yang buruk dan tinggal di Manhwabang, membaca buku-buku seperti Battle Royale, Liar Game dan Gambling Apocalypse: Kaiji;[22] Namun, dia takut jalan cerita itu "terlalu sulit untuk dipahami dan aneh" pada saat itu.[23] Mengenai kembalinya ke proyek tersebut, ia berkomentar, "Ini adalah kisah yang menyedihkan. Tetapi alasan mengapa saya kembali ke proyek ini adalah karena dunia 10 tahun dari saat itu telah berubah menjadi tempat di mana kisah-kisah bertahan hidup yang luar biasa ini begitu pas, dan saya menemukan bahwa inilah saatnya ketika orang-orang akan menyebut kisah-kisah ini menarik dan realistis."[23] Dia juga membahas tantangan mempersiapkan pertunjukan yang melelahkan secara fisik dan mental, dengan mengatakan enam giginya rontok saat membuat Musim 1.[23] Karakter Gi-hun terinspirasi oleh orang-orang yang mengorganisir Pemogokan buruh Motor SsangYong tahun 2009 [ko] terhadap PHK massal.[24]

Pada tanggal 2 September 2019, Netflix mengumumkan melalui siaran pers bahwa mereka akan membuat serial asli Korea lainnya, yang awalnya berjudul "Round Six", yang akan ditulis dan diproduksi oleh Hwang Dong-hyuk. Cerita ini terinspirasi oleh permainan anak-anak Korea populer dari tahun 1970-an dan 1980-an yang dikenal sebagai permainan cumi-cumi.[25][26] Hwang menyatakan, "Saya ingin menulis sebuah cerita yang merupakan alegori atau fabel tentang masyarakat kapitalis modern, sesuatu yang menggambarkan persaingan ekstrem, agak seperti persaingan hidup yang ekstrem. Tapi saya ingin menggunakan jenis karakter yang kita semua miliki. bertemu di kehidupan nyata."[27] Hwang menulis semua serinya sendiri, menghabiskan waktu hampir enam bulan untuk menulis dua episode pertama sendirian, setelah itu dia meminta masukan kepada teman-temannya untuk maju.[27] Hwang menyebutkan bahwa dia tidak memiliki rencana segera untuk menulis sekuel "Squid Game", yang menyatakan bahwa dia tidak memiliki rencana yang berkembang dengan baik untuk cerita lanjutan dan jika dia menulisnya, kemungkinan dia akan memiliki staf. penulis dan sutradara untuk membantu.[27]

Pemilihan permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan “Lampu Merah, Lampu Hijau” dipilih karena berpotensi membuat banyak pecundang sekaligus. Mengenai pemilihannya, Hwang mengatakan, "Permainan ini dipilih karena adegan yang dipenuhi begitu banyak orang yang bergerak dan berhenti secara acak dapat dianggap sebagai tarian grup yang konyol namun menyedihkan."[22] Permainan Gonggi, Dong, Dong, Dongdaemun, Kenapa kamu datang ke rumahku? (우리 집에 왜 왔니?, varian Korea dari Hana Ichi Monme) dianggap sebagai kandidat.[22] Permainan Korea masa kecilnya dipilih untuk menunjukkan ironi permainan masa kecil di mana kompetisi tidak penting menjadi kompetisi ekstrim dengan nyawa orang yang dipertaruhkan.[22]

Kostum dan desain set[sunting | sunting sumber]

Struktur penghubung yang kompleks antara arena, kamar asrama, dan kantor administrator terinspirasi dari terowongan koloni semut.[22] Kostum yang sama dipilih untuk orang-orang dari kelompok yang sama dalam pertunjukan untuk menghapus rasa keunikan dan individualitas, dan skema warna yang berbeda untuk kelompok digunakan untuk membedakan kedua kelompok.[22] Set warna-warni dan kostumnya dirancang untuk menggambarkan citra tempat dengan fantasi. Labirin seperti koridor dan tangga terinspirasi dari gambar tangga 4 dimensi oleh M. C. Escher.[22] Boneka gadis robot di episode pertama serial, "Lampu Merah, Lampu hijau" terinspirasi dari karakter younghee di buku teks korea dari tahun 70-an dan 80-an, di mana karakter chulsoo dan younghee muncul di sampulnya, dan poni dari boneka robot itu terinspirasi dari poni putri Hwang.[28] Pakaian hijau terinspirasi dari pakaian olahraga hijau tahun 1970-an yang disebut "trainingbok (트레이닝복)."[28]

Casting[sunting | sunting sumber]

Hwang memilih Lee Jung-jae sebagai Gi-hun untuk "menghancurkan citra karismatiknya yang digambarkan dalam peran sebelumnya".[29] Jung Ho-yeon diminta oleh perusahaan manajemen barunya untuk mengirim video ke audisi untuk seri saat dia baru saja menyelesaikan syutingnya di Meksiko dan sedang mempersiapkan New York Fashion Week, dan meskipun ini adalah audisi pertamanya sebagai seorang aktor dan harapannya yang rendah, dia segera berperan sebagai Sae-byeok.[30][31] Casting untuk serial ini telah dikonfirmasi pada 17 Juni 2020.[32]

Dalgona[sunting | sunting sumber]

Dalgona dari serial ini dibuat oleh penjual dalgona jalanan dari Daehangno, yang diminta oleh tim Netflix untuk membuat dalgona selama tiga hari. Vendor baru-baru ini mengalami peningkatan laba karena meningkatnya minat terkait fakta bahwa ia membuat dalgona dalam seri.[33]

Musik[sunting | sunting sumber]

Squid Game
Album soundtrack
Dirilis17 September 2021 (2021-09-17)
GenreSoundtrack
Durasi69:49
Bahasa
  • Korea
  • Inggris
Label

Soundtracknya dirilis pada 17 September 2021.[34]

Daftar lagu Squid Game
No.JudulMusikArtisDurasi
1."Way Back Then"Jung Jae-ilJung Jae-il2:31
2."Round I"Jung Jae-ilJung Jae-il1:19
3."The Rope Is Tied"Jung Jae-ilJung Jae-il3:18
4."Pink Soldiers"23230:38
5."Hostage Crisis"23232:22
6."I Remember My Name"Jung Jae-il 3:13
7."Unfolded..."Jung Jae-il 2:38
8."Needles and Dalgona"Park Min-ju 3:44
9."The Fat and the Rats"Park Min-ju 1:52
10."It Hurts So Bad"Jung Jae-il 1:13
11."Delivery"23 4:55
12."Dead End"23 5:25
13."Round VI"Jung Jae-il 5:54
14."Wife, Husband and 4.56 Billion"Jung Jae-il 4:26
15."Murder Without Violence"Park Min-ju 1:53
16."Slaughterhouse III"Jung Jae-il 8:16
17."Owe"Jung Jae-il 2:26
18."Uh..."Jung Jae-il 3:38
19."Dawn"Jung Jae-il 6:41
20."Let's Go Out Tonight"Jung Jae-il 3:27
Durasi total:69:49

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

  • Replika set yang lebih lengkap dipamerkan di stasiun Itaewon di Seoul. Namun, pameran ditutup sebelum waktunya karena kekhawatiran peraturan karantina COVID-19.[36]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan kritis[sunting | sunting sumber]

Pengumpul ulasan Rotten Tomatoes memberi seri ini peringkat persetujuan 96% berdasarkan 26 ulasan, dengan peringkat rata-rata 8,40 dari 10.[37] Di Metacritic, seri ini memiliki skor rata-rata tertimbang 78 dari 100 berdasarkan 5 ulasan kritikus, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[38]

Joel Keller dari Determinator berpendapat bahwa konsep acaranya kreatif. Saat menulis tentang narasi, ia menggambarkannya sebagai "narasi yang ketat dan cerita yang berpotensi menegangkan dan mengasyikkan." Keller menyimpulkan, "STREAMKAN. Squid Game mengambil ide segar dan mengubahnya menjadi drama yang mendebarkan; kami berharap ini terus membangun ketegangan yang kami lihat dalam 20 menit terakhir sepanjang musim."[39] Jonathon Wilson yang mengulas acara untuk Ready Steady Cut menilainya dengan 4 dari 5 dan menulis, "Selain diregangkan hanya dengan sentuhan yang terlalu tipis, saya akan mengatakan [Squid Game] layak mendapatkan semua pujian yang akan didapatnya."[40] Tinjauan Pierce Conran untuk South China Morning Post menilai serial ini dengan 4,5 dari 5 bintang dan menulis, "Secara keseluruhan, ini masih merupakan slam dunk yang menghibur dari Netflix Korea, yang kemungkinan akan dianut di seluruh dunia seperti pendahulunya."[41] Hidzir Junaini yang mengulas untuk NME menilai seri ini dengan 4 dari 5 bintang dan berpendapat, "Selain kecerdasan tematik, Squid Game juga merupakan jam tangan putih, berkat elemen kompetisi yang mendalam."[42] Henry Wong dari The Guardian membandingkan pertunjukan tersebut dengan film Korea Selatan Parasite tahun 2019, dan menggunakan "ketidaksetaraan kekayaan yang sangat nyata saat ini" di Korea Selatan sebagai latar belakang untuk membuat penonton tetap tertarik pada karakternya.[43]

Serial ini menuai beberapa kritik setelah rilis karena kemiripannya dengan film Jepang As the Gods Will, dirilis pada tahun 2014. Ini adalah adaptasi dari manga dan memiliki cerita berdasarkan versi berbahaya dari permainan anak-anak seperti "Daruma-san ga koronda" , Lampu Merah, Lampu Hijau versi Jepang. Menanggapi tuduhan plagiarisme, sutradara Hwang Dong-hyuk menyatakan bahwa ia telah mulai mengerjakan naskahnya sejak tahun 2008 dan bahwa kesamaan antara kedua film tersebut, yang ia ketahui selama proses pembuatan film, adalah kebetulan.[44][45] Dia mengakui bahwa dia telah terinspirasi oleh komik dan animasi Jepang, termasuk Battle Royale dan Liar Game.[27]

Tanggapan publik[sunting | sunting sumber]

Serial ini menjadi drama Korea pertama yang menduduki top 10 chart acara TV mingguan paling banyak ditonton Netflix secara global. Mencapai No 1 di 90 negara, termasuk Amerika Serikat dan Inggris.[46][47][43] Hwang percaya bahwa popularitas itu disebabkan "oleh ironi bahwa orang dewasa yang putus asa mempertaruhkan hidup mereka untuk memenangkan permainan anak-anak", serta keakraban dan kesederhanaan permainan yang memungkinkan pertunjukan untuk fokus pada karakterisasi.[48] Keragaman karakter yang memainkan Squid Game, menggambar dari berbagai lapisan masyarakat kelas bawah dan menengah, juga membantu menarik penonton untuk menonton karena banyak yang bisa menemukan simpati pada satu atau lebih karakter.[48]

Di Korea Selatan, popularitas Squid Game menyebabkan lonjakan lalu lintas jaringan yang menyebabkan SK Broadband mengajukan gugatan terhadap Netflix, mencari ganti rugi moneter untuk membayar peningkatan penggunaan broadband dan biaya pemeliharaan yang terkait dengan program tersebut.[49] Salah satu nomor telepon yang digunakan dalam pertunjukan itu milik kediaman pribadi, dan pria itu melaporkan menerima hingga 4.000 panggilan setiap hari dari orang-orang, beberapa di antaranya ingin memainkan versi permainan kehidupan nyata.[50]Saat acara tersebut diperkenalkan menjelang pemilihan presiden tahun 2022 di Korea Selatan, beberapa kandidat menggunakan beberapa citra Squid Game dalam iklan politik mereka dan menantang lawan untuk game serupa, serta menggunakan tema program terkait kesenjangan ekonomi sebagai bagian dari platform politik mereka.[51]

Tak lama setelah rilis acara, pengguna media sosial mengadaptasi beberapa game yang ditampilkan dalam Squid Game sebagai tantangan Internet, termasuk game "Lampu merah, Lampu Hijau" pertama dan game kue sarang lebah kedua.[52] Pengguna lingkungan interaktif Roblox menciptakan banyak game dalam sistem yang didasarkan pada satu atau lebih tantangan Squid Game.[53]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hari Bunga sharon bermekaran.
  2. ^ Judul bahasa Inggris merujuk pada game Red light, Green Light. Judul Korea merujuk pada versi Korea dari game tersebut.
  3. ^ Judulnya mengacu pada novel Korea 1924 dengan nama yang sama yang menceritakan kisah seorang tukang becak yang awalnya senang mendapatkan banyak uang dari memiliki banyak pelanggan di hari hujan, dan senang membelikan istrinya sup, hanya untuk menemukan istrinya meninggal di rumahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Julie (August 10, 2021). "Squid Game invites you to deadly childhood games on September 17". Netflix Media Center. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  2. ^ "Squid Game - (Korean Drama, 2020, 오징어게임)". HanCinema. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  3. ^ "Korean series 'Squid Game' gives deadly twist to children's games". ABS-CBN News. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 15, 2021. Diakses tanggal September 15, 2021. 
  4. ^ Kim Ji-won (August 11, 2021). "전여빈 나나 류경수 '글리치' 촬영 중단 "보조출연자 코로나 확진"[공식]" [[Official] Lee Jung-jae X Park Hae-soo's 'Squid Game' to be released on Netflix on September 17th]. Ten Asia (dalam bahasa Korea). Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 25, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  5. ^ Robinson, Jacob (August 11, 2021). "Netflix K-Drama Thriller 'Squid Game' Season 1: Coming to Netflix in September 2021". What's on Netflix. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  6. ^ a b Moon Ji-yeon (March 11, 2020). "[공식] 이정재X박해수, 넷플릭스 '오징어게임' 주연 캐스팅" [[Official] Lee Jung-jae X Park Hae-soo] (dalam bahasa Korea). Sports Chosun. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  7. ^ Kim Hyun-rok (June 2, 2020). "[단독]톱모델 정호연, '오징어게임' 여주인공...본격 연기 데뷔" [[Exclusive] Top model Jeong Ho-yeon, the female lead in 'Squid Game'...full-fledged acting debut] (dalam bahasa Korea). SpoTV News. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  8. ^ a b Kim Yu-jin (August 26, 2021). "'오징어 게임' 오영수·위하준→허성태·김주령, 목숨 건 '일촉즉발' 서바이벌 참가" ['Squid Game' Oh Young-soo, Wi Ha-joon → Heo Seong-tae, Kim Joo-ryung participate in the life-threatening 'one-touch' survival] (dalam bahasa Korea). X-sports News. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  9. ^ Jang Ah-reum (June 2, 2020). "[단독] 허성태, 넷플릭스 '오징어 게임' 합류...대세 신스틸러 행보ing" [[Exclusive] Seongtae Heo joins Netflix's 'Squid Game'...Trending scene stealer] (dalam bahasa Korea). News1. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  10. ^ Jeong Hee-yeon (June 17, 2020). "'오징어 게임' 허성태-위하준-김주령-정호연 캐스팅 확정 [공식]" ['Squid Game' Heo Seong-tae, Wi Ha-jun, Kim Joo-ryung, Jeong Ho-yeon casting confirmed [Official]] (dalam bahasa Korea). Sports Donga. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 22, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  11. ^ Jang Ah-reum (June 2, 2020). "[단독] 위하준, 넷플릭스 오리지널 '오징어 게임' 합류...이정재와 호흡" [[Exclusive] Ha-Jun Wi joins Netflix's original 'Squid Game'...Breathing with Lee Jung-jae] (dalam bahasa Korea). News1. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  12. ^ "Squid Game Cast & Character Guide". Screen Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2021. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  13. ^ Sang Hyun-ho (September 18, 2021). "넷플릭스 '오징어 게임' 신스틸러 김주령-이유미, 과거 출연작 재조명" [Netflix's 'Squid Game' scene stealers Kim Joo-ryeong and Lee Yu-mi re-examine their past appearances]. Top Star News (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 19, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021. 
  14. ^ Jeong Hye-yeon (September 28, 2021). "[팝업★]'오징어 게임 유리공' 이상희, 이정재 내공에 감탄.."스타는 달라"" [[Pop-up★] 'Squid Game Glass Ball' Lee Sang-hee, admiring Lee Jung-jae's work..."Stars are different"] (dalam bahasa Korea). Herald Pop. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  15. ^ Choi Hee-jae (September 2, 2021). "이지하, '돼지의 왕' 출연 확정...김동욱과 母子 호흡 [공식입장]" [Lee Ji-ha confirmed to appear in 'The King of Pigs'...Kim Dong-wook and 母子 Breathing [Official Position]] (dalam bahasa Korea). X-sports News. Paragraph 5. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  16. ^ "Get to know 'Squid Game' Filipino actor Chris Chan | GMA Entertainment". www.gmanetwork.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal 2021-09-29. 
  17. ^ a b Wi Geun-Woo (September 24, 2021). "중년 남성에 대한 연민에서만 일관적인, 마구잡이 서바이벌 '오징어게임' [위근우의 리플레이]" [The random survival 'squid game' consistent only with compassion for middle-aged men [Wee Geun-woo's replay]] (dalam bahasa Korea). Kyunghyang Shinmun. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  18. ^ Lee Ye-eun (July 21, 2020). "[공식입장] 공유 측 "넷플릭스 '오징어 게임' 특별 출연…'도가니' 감독과의 인연"" [[Official Position] Gong Yoo's side "Special appearance on Netflix's 'Squid Game'… A relationship with the director of 'The Crucible'"]. My Daily (dalam bahasa Korea). Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 1, 2020. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  19. ^ "Squid Game's Cast Features a Mix of Korean Film Powerhouses and Up and Comers". Esquire. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 24, 2021. Diakses tanggal 2021-09-28. 
  20. ^ Yoon Seol-hwa (September 29, 2021). ""10초 등장했을 뿐인데"...'오징어 게임' 속 가면남은 누구? [스타★샷]" ["It only appeared for 10 seconds"...who is the masked person in 'Squid Game'? [Star Shot]] (dalam bahasa Korea). Sports World. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 29, 2021. Diakses tanggal September 29, 2021 – via Naver. 
  21. ^ Lelon, Novi (08-10-2021). "Trending Netflix: Squid Game". Games. Diakses tanggal 12-10-2021. 
  22. ^ a b c d e f g "황동혁 감독이 말하는 <오징어 게임>의 관람 포인트" (dalam bahasa Korea). Cine 21. 2021-09-16. 
  23. ^ a b c ""오징어게임 시즌2? 힘들어서 당분간은…" 황동혁 감독 인터뷰". Chosun ilbo. 2021-09-28. 
  24. ^ Seo Jeong-min (September 29, 2021). ""'오징어 게임' 속 달고나 뜬다고 농담했는데 진짜 떠서 얼떨떨"" ["I joked that dalgona in 'Squid Game' was floating, but I was really shocked."]. Hankyoreh Newspaper (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal October 2, 2021. 
  25. ^ "DIRECTOR HWANG DONG-HYUK TO PRODUCE NEW KOREAN ORIGINAL SERIES, ROUND SIX". Netflix. September 2, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 20, 2021. Diakses tanggal 12 August 2021. 
  26. ^ Lee Jeong-yeon (August 6, 2021). "'고요의 바다' '오징어게임'…넷플릭스 대작들 개봉박두'" ['Squid Game'... Netflix's blockbuster releases]. Sports Donga (dalam bahasa Korea). Naver. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 11, 2021. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  27. ^ a b c d Frater, Patrick (September 24, 2021). "'Squid Game' Director Hwang Dong-hyuk on Netflix's Hit Korean Series and Prospects for a Sequel". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2021. Diakses tanggal September 25, 2021. 
  28. ^ a b Lee Ho-jae (October 2, 2021). ""오징어게임, 동화적 공간서 비극 연출...충격 극대화"" ["The squid game, directing a tragedy in a fairy tale space..."Maximize Impact"] (dalam bahasa Korea). Donga Ilbo. Diakses tanggal October 2, 2021 – via Naver. 
  29. ^ "'오징어 게임' 황동혁 감독 "이정재 이미지 망가뜨리고 싶어 캐스팅"". Hankook Ilbo. 2021-09-15. 
  30. ^ Jo Ji-young (October 1, 2021). "[인터뷰①] 정호연 "뉴욕서 진심 담아 찍은 오디션 영상→캐스팅 후 부담감 몰려와"('오징어게임')" [[Interview ①] Jeong Ho-yeon "Audition video taken in New York with sincerity → The pressure comes after casting" ('Squid Game')] (dalam bahasa Korea). Sports Chosun. Diakses tanggal October 2, 2021 – via Naver. 
  31. ^ Tae Yu-na (October 1, 2021). "'오징어게임' 정호연 "첫 연기 도전, 심리적 부담 컸죠" [인터뷰②]" ['Squid Game' Jeong Ho-yeon "My first acting challenge was a great psychological burden" [Interview ②]] (dalam bahasa Korea). Ten Asia. Diakses tanggal October 2, 2021 – via Naver. 
  32. ^ Jeong Hee-yeon (June 17, 2020). "'오징어 게임' 허성태-위하준-김주령-정호연 캐스팅 확정 [공식]" ['Squid Game' Casting Confirmed [Official]]. Sports Donga (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal October 15, 2020. Diakses tanggal August 12, 2021. 
  33. ^ Moon Da-young (September 30, 2021). "'오징어 게임' 우산 달고나 도전하고 싶다면 대학로에" [Jika Anda ingin menantang 'Permainan Cumi' dengan payung, pergilah ke Daehangno.]. Yonhap News Agency (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal October 2, 2021. 
  34. ^ "오징어게임 OST" [Squid Game OST]. Genie Music. Stone Music Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2021. Diakses tanggal September 17, 2021 – via Melon. 
  35. ^ "BEWARE! The 10-foot-tall freaky doll from Netflix series 'Squid Game' now in PH". Manila Bulletin. September 22, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2021. Diakses tanggal September 22, 2021. 
  36. ^ Kim, Hae-yeon (25 September 2021). "'Squid Game' pop-up set to close amid concerns on quarantine rules raised". The Korea Herald (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 September 2021. 
  37. ^ "Squid Game: Season 1 (2021)". Rotten Tomatoes. Fandango Media. Diakses tanggal 2 Oktober, 2021. 
  38. ^ Squid Game. Metacritic. Red Ventures. Diakses tanggal October 2, 2021.
  39. ^ Joel Keller (September 17, 2021). "Stream It Or Skip It: 'Squid Game' On Netflix, Where People Down On Their Luck Risk Their Lives Playing Deadly Kids' Games". Decider (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2021. Diakses tanggal September 18, 2021. 
  40. ^ Jonathon Wilson (September 17, 2021). "Squid Game season 1 review – a dark, compelling game of survival". Ready Steady Cut (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2021. Diakses tanggal September 18, 2021. 
  41. ^ Conran, Pierce (September 20, 2021). "K-drama review: Squid Game – Netflix survival drama starring Lee Jung-jae is gory, and wickedly entertaining". South China Morning Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 20, 2021. Diakses tanggal September 21, 2021. 
  42. ^ Junaini, Hidzir (September 20, 2021). "'Squid Game' review: child's play turns deadly in a cutting critique of late-stage capitalism". NME. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 21, 2021. Diakses tanggal September 21, 2021. 
  43. ^ a b Wong, Henry (September 28, 2021). "Squid Game: the hellish horrorshow taking the whole world by storm". The Guardian. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 28, 2021. Diakses tanggal September 28, 2021. 
  44. ^ Kim, Da-som (2021-09-18). "넷플릭스 '오징어 게임', 어제(17일) 공개되자마자 일본 영화 '표절' 논란" [Netflix's 'Squid Game', Japanese movie plagiarism controversy after release]. Insight (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2021. Diakses tanggal 2021-09-19. 
  45. ^ Lee, Yoo-na (2021-09-19). "[Y이슈] 넷플릭스 '오징어게임', 표절 의혹·시대착오적 표현 '시끌'" [[Issue Y] Netflix's 'Squid Game', plagiarism allegations and anachronistic expressions 'noisy']. YTN Star (dalam bahasa Korea). Diarsipkan dari versi asli tanggal September 21, 2021. Diakses tanggal 2021-09-19. 
  46. ^ "S. Korean series 'Squid Game' tops U.S. chart on Netflix". Yonhap News Agency. September 22, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 23, 2021. Diakses tanggal September 23, 2021. 
  47. ^ "'Squid Game' tops global Netflix chart". The Korea Times. September 26, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2021. Diakses tanggal September 27, 2021. 
  48. ^ a b Yip, Waiyee; Lee, William (September 30, 2021). "Squid Game: The Netflix show adding murder to playground nostalgia". BBC. Diakses tanggal September 30, 2021. 
  49. ^ Lee, Joyce (October 1, 2021). "S.Korea broadband firm sues Netflix after traffic surge from 'Squid Game'". Reuters. Diakses tanggal 1 Oktober, 2021. 
  50. ^ Hughes, William (1 Oktober, 2021). "Squid Game causes Korean man to get buried in calls from would-be murder game participants". The A.V. Club. Diakses tanggal 1 Oktober, 2021. 
  51. ^ Jeong, Andrew; Moon, Grace (October 2, 2021). "'Squid Game' is No. 1 on Netflix and South Koreans are using the survival drama to talk about inequality". The Washington Post. Diakses tanggal 2 Oktober, 2021. 
  52. ^ Haasch, Palmer (September 27, 2021). "The deadly 'Red Light, Green Light' game from Netflix's 'Squid Game' has become a viral TikTok meme". Insider. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 September, 2021. Diakses tanggal 27 September, 2021. 
  53. ^ Kim, Matt (September 27, 2021). "Squid Game Knockoffs Are Blowing Up on Roblox". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 September, 2021. Diakses tanggal 27 September, 2021. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]