Sosis Tionghoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sosis Tionghoa kering
Chinesesausageunpackaged.jpg
Sosis Tionghoa kering
Asal
Nama lain lap cheong, lap chong
Daftar asal China
Detail
Jenis makanan Sosis
Bahan utama daging babi atau hati segar
Sosis Tionghoa
sosis yang disajikan
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Makna literal: sosis yang disajikan
sosis hati
Hanzi tradisional:
Hanzi sederhana:
Makna literal: sosis hati
Nama Vietnam
Vietnam: lạp xưởng

Sosis Tionghoa adalah sebuah istilah generik yang merujuk kepada beberapa jenis sosis yang berbeda yang berasal dari Tiongkok. Di bagian selatan, sosis Tionghoa umumnya dikenal dengan nama Kanton-nya lap cheong (atau lap chong) (Hanzi Tradisional: 臘腸; Hanzi Sederhana: 腊肠).

Varietas[sunting | sunting sumber]

Saat ini, terdapat beberapa negara yang memproduksi sosis ayam Tionghoa. Secara tradisional, makanan tersebut diklasifikasikan dalam dua jenis utama. Makanan tersebut terkadang digulung dan dikukus dalam dim sum.

Sosis Tionghoa yang dikeringkan
  • Lap cheong (Kanton) atau là cháng (Mandarin) (臘腸/腊肠) adalah sebuah sosis keras yang dikeringkan yang biasanya terbuat dari daging babi dan mengandung lemak yang tinggi. Makanan tersebut biasanya diasapi, dimaniskan, dan dibumbui dengan air mawar, arak beras dan kecap.[1]
  • Yun chang (膶腸) dibuat menggunakan hati bebek.
  • Xiang chang (香腸 - xiāng cháng) adalah sebuah sosis segar yang terdiri dari daging babi yang dicincang dan lemak babi. Sosis tersebut memiliki rasa manis.
  • Nuomi chang (糯米腸 - nuò mǐ cháng)
  • Xue chang (血腸 - xuě cháng) merupakan sosis Tionghoa yang memiliki darah sebagai bahan utamanya. Bairouxue chang (白肉血腸 - bái ròu xuě cháng ) adalah sebuah jenis sosis yang populer di timur laut Tiongkok yang meliputi daging cincang bercampur darah.

Regional[sunting | sunting sumber]

Sosis kering Kanton pendek

China Selatan dan Hong Kong[sunting | sunting sumber]

Sosis Tionghoa digunakan sebagai bagan makanan dalam sejumlah hidangan di provinsi selatan Tiongkok Guangdong, Fujian, Jiangxi, Sichuan, dan Hunan, dan juga Hong Kong. Sosis Sichuan juga mengandung bubuk cabai merah, bubuk lada Sichuan, dan saus kacang Pixian, untuk mengkarakteristikan sosis tersebut dengan sebuah rasa yang istimewa. Dua contoh hidangan umumnya meliputi nasi goreng dan lo mai gai. Bentuk tanpa kemasan tradisional biasanya ditemukan di pasar jalanan atau pasar basah.

Wing Wah adalah sebuah perusahaan Hong Kong terkenal yang memproduksi sosis Tionghoa.

Thailand[sunting | sunting sumber]

Yam kun chiang, sebuah salad Thai yang dibuat dengan la chang

Dalam bahasa Thai, sosis Tionghoa la chang disebut gun chiang (Thai: กุนเชียง) yang mengambil namanya dalam dialek Teochew (kwan chiang dalam dialek Teochew), bahasa Tionghoa dominan pada komunitas Tionghoa Thai. Makanan tersebut digunakan dalam beberapa hidangan Tionghoa oleh sebagian besar komunitas Tionghoa Thai, dan juga dalam beberapa hidangan Thai seperti yam kun chiang, sebuah salad Thai yang dibuat dengan sosis tersebut. Terdapat juga sosis Tionghoa yang dibuat dengan ikan kepala ular (pla chon; Thai: ปลาช่อน).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ CNN Go 40 Hong Kong foods we can't live without 13 Juli 2011. Diakses 2011-10-09

Templat:Masakan Kanton

Templat:Masakan Taiwan

Templat:Sosis