Roti lapis sosis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Roti sosis)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Roti lapis sosis
Italian Sausage Sandwich.jpg
Sebuah roti lapis sosis Italia
Asal
Nama lain
  • Sausage sandwich
  • Sausdog
  • Sausage butty
  • Sausage sarnie
  • Snag
  • Sausage muffin
AsalEropa, Amerika Utara
Detail
Bahan utamaRoti, sosis

Roti lapis sosis (bahasa Inggris: sausage sandwich) adalah roti lapis dengan isian sosis yang dimasak. Ini umumnya terdiri dari roti bundar yang panjang seperti baguette atau ciabatta roll, dan irisan atau beberapa macam sosis,[1] seperti sosis Italia panas atau manis, sosis Polandia, sosis Jerman (knackwurst, weisswurst, bratwurst, bockwurst), merguez Mediterania, andouille atau chorizo. Topping yang populer meliputi saus tomat, mustard, saus coklat, saus bistik, paprika, bawang, asinan kubis, cabai, dan salsa. Roti lapis sosis juga bisa dijual sebagai hot dog.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Roti lapis sosis dan telur ala Inggris

Di Britania Raya roti lapis sosis (istilah slang dalam bahasa Inggris nya "sausage sarnie" atau "butty", atau "piece'n sausage" oleh orang Skotlandia) biasanya dapat ditemukan dalam "greasy spoon" (kafe pekerja) dan banyak warung makanan pinggir jalan.

Meskipun favorit sebagai menu sarapan, kemungkinan itu dibeli dan dikonsumsi setiap saat sepanjang hari. Kombinasi yang populer adalah sosis dan bacon, sosis dan telur, sosis dan bawang goreng, dan sosis dan tomat.

Sosis sering disajikan dalam roti gulung atau roti hot dog, terutama pada barbecue.

Di Skotlandia, sosis lorne dapat diganti dan biasanya disajikan dalam roti gulung sarapan atau bap.

Australia dan Selandia Baru[sunting | sunting sumber]

Di Australia dan Selandia Baru, variasi roti lapis sosis sering dijual di sekolah dan kegiatan penggalangan dana lainnya. Sosisnya dimasak di atas panggangan barbekyu di area outdoor atau luar ruangan dan disajikan dengan bawang panggang dengan potongan roti tunggal dengan irisan tomat atau saus barbekyu. Kegiatan ini biasa dikenal dengan sebutan "sausage sizzles". Seperti halnya fetes, penggalangan dana dan pasar, dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi umum bagi "sausage sizzles" untuk diadakan secara reguler di luar oleh pengecer besar pada akhir pekan (sering untuk amal) seperti Bunnings, The Warehouse atau Harvey Norman. Di sebagian besar negara bagian Australia, seperti New South Wales, Queensland, Australia Barat, dan Tasmania, sosis yang dijual dalam satu potong roti dengan sosis sizzle dikenal sebagai "sausage sandwich" (roti lapis sosis). Namun, di tempat lain, seperti Victoria dan Australia Selatan, ini dikenal sebagai "sausage in bread" (sosis dalam roti) dan sausage sandwich mengacu pada roti lapis yang dibuat dengan dua potong roti, sosis cincang (sering disajikan dingin), dan saus tomat atau chutney.[2]

Afrika Selatan[sunting | sunting sumber]

Di Afrika Selatan, varian yang umum dikenal sebagai "boerewors roll" atau bahasa sehari-hari, sebuah "boerie". Mirip dengan varietas Oseanik, sosisnya dimasak di atas panggangan braai (barbekyu), dan biasanya disajikan dengan bawang panggang dengan roti gulung bergaya hot dog dengan saus tomat atau saus barbekyu, saus chutney atau saus sambal manis.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Gerobak makanan yang menjual roti lapis sosis

Di Amerika Serikat, roti lapis sosis sangat populer, satu varian, dalam bahasa sehari-hari dikenal sebagai hot dog, sangat populer - terutama di acara olahraga, karnaval, pantai, dan pameran.[3][4] Mereka juga dijual di banyak makanan lezat serta stan penjual makanan di sudut-sudut jalan kota-kota besar seperti New York dan Philadelphia. Banyak penjual hot dog Amerika juga menyajikan roti lapis sosis Polandia, Italia, Meksiko, dan Jerman (misalnya bratwurst) selain makanan reguler mereka.

Roti lapis sosis yang menggunakan roti panggang, roti bagel, muffin Inggris, biskuit, atau kaiser roll, dan termasuk telur umumnya disebut roti lapis sarapan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]