Bakso sapi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bakso sapi adalah makanan yang berasal dari China selatan dan masyarakat perantauan Tionghoa. Dapat dilihat dari istilah ‘Bakso’ berasal dari kata Bak dan So, yaitu dalam bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti daging giling. Tapi yang membedakan dengan bakso Tionghoa ini adalah dagingnnya,karena Mayoritas Penduduk indonesia adalah muslim,maka daging digunakan  adalah daging halal.

Di Indonesia, bakso sapi dihidangkan dengan kuah, disajikan dengan tambahan mi kuning atau bihun, serta ditambahkan dengan saus, kecap, cuka, dan micin.

Infotaula de menjarBakso sapi
Beefball closeup.jpg
Asal
Negara asalTiongkok Edit the value on Wikidata
Rincian
Jenismasakan daging sapi Edit the value on Wikidata

Perbedaan antara Bakso Sapi dan Bakso Babi[sunting | sunting sumber]

  • Aroma daging babi lebih banyak lemaknya sehingga menimbulkan aroma lemak tajam dibandingkan sapi. Jadi jangan ragu mencium daging bakso sebelum menelannya bulat-bulat.
  • Warna bakso babi dan sapi nyaris sama, tetapi jika dipotong warna lebih pucat dibandingkan sapi yang merah kecoklatan.
  • Tekstur bakso babi lebih halus, lembut dan berminyak. Ini berbeda dengan bakso sapi yang kesat, nyaris kering dan berurat.
  • Ukuran bakso babi lebih besar dibandingkan bakso sapi karena teksturkanya lembut dan cenderung dibuat dengan ukuran besar.
  • Harga bakso babi umumnya lebih murah dibandingkan harga bakso sapi.
  • Jika harga bakso sapi lebih murah bisa jadi ada campuran babi atau tepung kanji yang lebih banya
Bakso sapi
Bakso sapi sebelum dimasak
Hanzi:
Kantonis Jyutping: ngau4 jyun4
Makna literal: beef ball

Kriteria Mutu Bakso[sunting | sunting sumber]

Menilai mutu bakso yang paling sederhana adalah secara organoleptik sensoris, meliputi kenampakan, warna, bau, rasa dan tekstur, atau adanya jamur dan lendir apabila bakso telah mengalami menyimpanan. Untuk kenampakannya yaitu bentuk bulat halus atau kasar, berukuran seragam, berisi dan tidak kusam,tidak berjamurdan tidak berlendir. Lalu warna yang cokelat muda cerah atau sedikit agak kemerahan atau cokelat muda hingga cokelat muda agak keputihan atau abu-abu. Warna tersebar merata. Bau khas daging segar rebus dominan, tidak bau tengik, asam, basi atau busuk. Bau bumbu cukup tajam. Rasa yang lezat, enak, rasa daging dominan dan rasa bumbu cukup menonjol tapi tidak berlebihan. Tidak terdapat rasa asing yang mengganggu. Kemudian tekstur kompak, elastis, kenyal tetapi tidak liat atau membal, tidak lembek, tidak basah berair, dan tidak rapuh.

Kalori Bakso Sapi[sunting | sunting sumber]

Informasi Gizi
Ukuran porsi 1 sedang
per porsi
Energi 237 kj

57 kkal

Lemak 3,69g
Lemak Jenuh 1,394g
Lemak Trans 0,205g
Lemak tak Jenuh Ganda 0,163g
Lemak tak Jenuh Tunggal 1,57g
Kolesterol 21mg
Protein 3,47g
Karbohidrat 2,12g
Serat 0,1g
Gula 0,42g
Sodium 134mg
Kalium

Sumber[sunting | sunting sumber]