Hidangan Hubei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hidangan Hubei
Hanzi: 湖北菜
Chu cuisine
Hanzi: 楚菜

Masakan Hubei atau Hidangan Hubei, sering juga disebut masakan Chu atau masakan E, berasal dari gaya memasak asli Provinsi Hubei di Tiongkok.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Masakan Hubei memiliki sejarah lebih dari 2.000 tahun. Nama hidangan dan gaya masakan dapat ditemukan dalam literatur kuno seperti Chu Ci karya Qu Yuan.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Karena Hubei memiliki banyak danau, sungai, dan rawa, maka produk air tawar digunakan sebagai bahan utama masakan lokal. Bahan utama yang ditemukan dalam banyak hidangan bergaya Hubei adalah akar teratai.[1]

Gaya[sunting | sunting sumber]

Masakan Hubei menekankan pada persiapan bahan, pencocokan warna dan teknik mengukus. Gayanya dipengaruhi oleh metode memasak masakan dari provinsi tetangganya seperti Sichuan dan Hunan. Sehingga, masakan Hubei juga menggunakan cabai kering, lada hitam, dan rempah-rempah lainnya untuk meningkatkan cita rasa masakan.

Masakan Hubei terdiri dari tiga gaya yang khas, yaitu Gaya Wuhan, spesialis sup. Wuhan juga terkenal dengan hidangan mi-nya, seperti mi kering panas.[1] Selain itu, Wuhan terkenal dengan hot pot keringnya, tanpa sup, [2]Gaya Huangzhou, lebih berminyak dan rasanya lebih asin ketimbang gaya lainnya, Gaya Jingzhou, spesialis hidangan ikan dan menggunakan teknik pengukusan sebagai metode utama memasak, dan Gaya Miao, rasanya lebih kental, dengan rasa asam dan pedas yang paling menonjol. Kebanyakan di barat daya Provinsi Hubei.

Hidangan khas[sunting | sunting sumber]

Nama Tradisional Sederhana Pinyin Catatan
Tiga dadih kacang segar 三鮮豆皮 三鲜豆皮 sān xiān dòu pí
Mi Kering Panas 熱乾麵 热干面 rè gān miàn
Bakso Kue Ikan 魚糕丸子 鱼糕丸子 yú gāo wán zi
Tiga jenis Mianyang kukus 沔陽三蒸 沔阳三蒸 miǎn yáng sān zhēng

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The Best Hubei Dishes In Los Angeles". Kcet.org. 22 January 2015. Diakses tanggal 17 October 2018. 
  2. ^ Thurman, Jim (10 December 2014). "Welcome to Wuhan-Style Chinese Food. Here's Where to Get It in L.A." Laweekly.com. Diakses tanggal 17 October 2018.