Shannon Beiste

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Shannon Beiste
Tokoh Glee
Penampilan pertama "Audition"
Penampilan terakhir "Dreams Come True"
Pencipta Ryan Murphy
Brad Falchuk
Ian Brennan
Pemeran Dot-Marie Jones
Informasi
Pekerjaan pelatih sepak bola amerika SMA
Pasangan Cooter Menkins (cerai)

Shannon Beiste, sering disebut dengan Coach Beiste, adalah karakter fiksi dari serial drama musikal buatan Fox, Glee. Karakter ini diperankan oleh Dot-Marie Jones. Ia mulai tampil di Glee sejak episode pertama musim kedua, "Audition", yang ditayangkan tanggal 21 September 2010. Coach Beiste diperkenalkan sebagai Shannon Beiste, seorang pelatih bola Amerika juara putri, yang dibawa ke SMA McKinley untuk membawa kesuksesan pada tim bola Amerika mereka. Ia dengan cepat berkonflik dengan pelatih pemandu sorak (bahasa Inggris: cheerleading)) Sue Sylvester (Jane Lynch) dan direktur klub glee Will Schuester (Matthew Morrison) karena anggaran mereka dipotong untuk bola Amerika. Tetapi pada akhirnya, Will dan Beiste berteman. Pada tahun pertamanya, ia berhasil mengantarkan tim bola Amerika menjadi juara. Pada tahun kedua (musim ketiga Glee), selain melatih bola Amerika, ia juga berperan sebagai pengarah bersama acara musikal sekolah dan ikut sebagai panitia dalam pemilihan presiden angkatan senior. Beiste menjalin hubungan dengan seorang perekrut bola Amerika negara bagian Ohio, Cooter Menkins (Eric Bruskotter). Ia akhirnya menikah dengan Cooter tapi pernikahannya tidak berjalan dengan baik karena ia menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Di musim keenam, Beiste menjadi seorang transgender (didiagnosis menderita disforia gender) dan menjalani operasi ganti kelamin, dan mengubah namanya menjadi Sheldon Beiste.

Awalnya peran ini tidak termasuk sebagai peran utama. Tapi, di musim keenam yang juga terakhir, Jones sebagai Beiste dipromosikan menjadi peran utama. Jones masuk dalam nominasi Emmy tahun 2011, 2012, dan 2013 untuk kategori Outstanding Guest Actress in a Comedy Series (Aktris Tamu Luar Biasa dalam Serial Komedi) untuk perannya sebagai Beiste dalam Glee musim kedua, ketiga, dan keempat. Alur cerita Beiste di musim kedua dalam episode "Never Been Kissed" mengenai Jones mengajukan penilaian akhir dikritik oleh banyak pengamat, meskipun mereka memuji perannya. Di musim ketiga Beiste digambarkan sebagai "dapat dipercaya dan tulus" dan Jones digambarkan "brilian".[1]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Musim 2[sunting | sunting sumber]

Dot-Marie Jones bermain sebagai Shannon Beiste, pelatih sepak bola Amerika.

Di musim kedua Glee, Shannon Beiste (Dot-Marie Jones) diperkenalkan sebagai pelatih bola Amerika baru untuk McKinley High Titans di episode perdana, "Audition". Beiste datang ke SMA William McKinley dengan riwayat mengagumkan melatih tim-tim bola Amerika sukses dan Kepala Sekolah Figgins (Iqbal Theba) menambah anggaran program bola Amerika untuk mendukung sang pelatih baru dengan mengurangi anggaran pemandu sorak dan klub glee, yang menimbulkan kemarahan pelatih Sue Sylvester (Jane Lynch) dan direktur Will Schuester (Matthew Morrison), serta mendorong mereka bersatu melawan Beiste. Beiste mengkhawatirkan sikap mereka, tapi kemudian memaafkan Will saat ia meminta maaf dan mulai mengembangkan hubungan pertemanan dengannya.[2] Beiste bermaksud untuk mengundurkan diri setelah mengetahui bahwa beberapa siswa membayangkan dirinya saat berkencan. Will memaksa para siswa tersebut meminta maaf dan Beiste memaafkan mereka. Will juga mengetahui bahwa Beiste belum pernah dicium, sehingga ia memberikan Bestie ciuman pertama sebagai isyarat pertemanan.[3] Beiste kemudian membantu anggota klub glee untuk menjaga agar Brittany (Heather Morris) tetap percaya pada Santa Klaus. Bestie menyamar menjadi Santa dan menjelaskan pada Brittany alasan permohonannya agar pacarnya Artie (Kevin McHale) yang lumpuh dapat berjalan tidak dapat dikabulkan. Kemudian, Brittany menerima hadiah sebuah ReWalk, yaitu alat bantu bionik bagi penderita paraplegia yang memungkinkan mereka untuk berdiri dan berjalan, dari pengirim tanpa nama yang memungkinkan Artie untuk berjalan selama periode waktu yang singkat.[4] Ketika permusuhan muncul di dalam tim bola Amerika antara faksi glee dan non-glee, Beiste memaksa seluruh anggota tim bola Amerika bekerja sama dengan klub glee selama seminggu. Meskipun mendapat penolakan dan dihalangi, rencana itu akhirnya berhasil dan tim memenangkan pertandingan kejuaraan.[5] Dalam episode "Blame It on the Alcohol", Beiste membawa Will bersenang-senang di sebuah bar rodeo dan mereka berduet menyanyikan lagu "One Bourbon, One Scotch, One Beer".[6]

Musim 3[sunting | sunting sumber]

Di musim ketiga, Beiste masih sebagai pelatih bola Amerika dan direkrut oleh Will untuk sama-sama mengarahkan acara musikal sekolah West Side Story dengan penasihat pembimbing Emma Pillsbury (Jayma Mays) dan Artie. Beiste memerintahkan anggota tim bola Amerika untuk bermain sebagai geng Jets dalam acara itu.[7] Dalam episode "The First Time", sang pelatih mulai berkencang dengan perekrut bola Amerika negara bagian Ohio Cooter Menkins (Eric Bruskotter), yang melakukan pencarian bakat di McKinley,[8] tapi dalam episode "I Kissed a Girl" ia mengetahui bahwa Sue menjadi saingannya dalam merebut cinta Cooter saat Beiste mulai jatuh cinta pada Cooter, yang mendorong peran ini menyanyikan lagu solo pertamanya, "Jolene".[9] Kemudian dalam episode "Yes/No", Beiste memberitahu Emma dan Sue bahwa ia dan Cooter secara impulsif telah menikah.[10] Beberapa bulan kemudian, dalam episode "Choke", Beiste dipukul oleh Cooter, sehingga salah satu matanya memar. Meskipun awalnya ia dipaksa oleh Sue dan Roz Washington (NeNe Leakes) untuk pergi demi keselamatan dirinya sendiri, sang pelatih kemudian kembali ke rumah untuk memberikan kesempatan kedua pada Cooper,[11] sebelum akhirnya meninggalkan Cooper dan mengembalikan cincin pernikahan pada Cooper.[12] Pendorong akhir musim ketiga adalah Puck (Mark Salling), seorang pemain bola Amerika dan anggota klub glee. Beiste menghentikan perkelahian antara Puck dan seorang siswa lain. Saat itu Puck menggenggam sebilah pisau dan sang pelatih memarahinya karena melakukan hal bodoh. Puck menyebut dirinya pecundang dan mulai menangis. Beiste ikut menangis bersamanya, mengatakan bahwa tak seorang pun menganggap mereka juga tersakiti karena mereka "tangguh", tapi mereka juga manusia biasa yang bisa tersakiti. Beiste mengupayakan agar Puck ujian kembali dalam geografi karena ia gagal sebelumnya, untuk membantunya lulus dari SMA. Besite membantu Puck belajar. Puck berhasil melewati ujian itu dan lulus. Beiste juga membantu mendampingi New Directions dalam perjalanan ke Chicago untuk mengikuti kejuaraan nasional paduan suara dan mereka berhasil menjuarai kejuaraan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kubicek, John (08-11-2011). "'Glee' Recap: The Agony of Sex". BuddyTV. Diakses tanggal 23-11-2011. 
  2. ^ "Audition". Brad Falchuk (sutradara), Ian Brennan (penulis). Glee. Fox. 21-09-2010. No. 1, season 2.
  3. ^ "Never Been Kissed". Bradley Buecker (sutradara), Brad Falchuk (penulis). Glee. Fox. 09-11-2010. No. 6, season 2.
  4. ^ "A Very Glee Christmas". Alfonso Gomez-Rejon (sutradara), Ian Brennan (penulis). Glee. Fox. 07-12-2010. No. 3, season 2.
  5. ^ "The Sue Sylvester Shuffle". Brad Falchuk (sutradara), Ian Brennan (penulis). Glee. Fox. 06-02-2011. No. 11, season 2.
  6. ^ Flandez, Raymund (22-02-2011). "'Glee', Season 2, Episode 14 'Blame It on the Alcohol': TV Recap". Speakeasy. The Wall Street Journal (Les Hinton). Diakses tanggal 05-12-2011. 
  7. ^ "I Am Unicorn". Brad Falchuk (sutradara), Ryan Murphy (penulis). Glee. Fox. 27-09-2011. No. 2, season 3.
  8. ^ "The First Time". Bradley Buecker (sutradara), Roberto Aguirre-Sacasa (penulis). Glee. Fox. 08-11-2011. No. 5, season 3.
  9. ^ "I Kissed a Girl". Tate Donovan (sutradara), Matthew Hodgson (penulis). Glee. Fox. 29-11-2011. No. 7, season 3.
  10. ^ "Yes/No". Eric Stoltz (sutradara), Brad Falchuk (penulis). Glee. Fox. 17-01-2012. No. 10, season 3.
  11. ^ "Choke". Michael Uppendahl (sutradar), Marti Noxon (penulis). Glee. Fox. 01-05-2012. No. 18, season 3.
  12. ^ "Nationals". Eric Stoltz (sutradara), Ali Adler (penulis). Glee. Fox. 15-05-2012. No. 21, season 3.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Shannon Beiste pada Internet Movie Database