Glee (musim 1)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Glee musim pertama awalnya ditayangkan di Fox di Amerika Serikat. Episode pilot disiarkan sebagai pratinjau lanjutan dari serial pada tanggal 19 Mei 2009, dengan sisa penayangan musim antara September 9, 2009 hingga 8 Juni 2010. Musim pertama terdiri dari 22 episode, yang pertama 13 ditayangkan pada hari Rabu pukul 9 malam (ET) dan final 9 ditayangkan pada hari Selasa pukul 9 malam (ET). Musim ini diproduksi oleh eksekutif Ryan Murphy, Brad Falchuk, dan Dante Di Loreto; Perusahaan produksi Murphy membantu memproduksi serial bersama 20th Century Fox.

Acara tersebut menampilkan pertunjukan paduan suara fiksi SMA New Directions bersaing untuk pertama kalinya di sirkuit pertunjukan paduan suara, menang di sectionals (episode 13) dan kalah di Regional (akhir musim/episode 22), sedangkan anggotanya dan fakultas berurusan dengan seks, hubungan interpersonal, homoseksualitas, kehamilan remaja, disabilitas, penerimaan dan isu-isu sosial lainnya. Karakter sentral adalah direktur klub glee Will Schuester (Matthew Morrison), cheerleading pelatih Sue Sylvester (Jane Lynch), istri Will Terri (Jessalyn Gilsig), guru pembimbing Emma Pillsbury (Jayma Mays), dan anggota klub glee Rachel (Lea Michele), Finn (Cory Monteith), Artie (Kevin McHale), Kurt (Chris Colfer), Mercedes (Amber Riley), Tina (Jenna Ushkowitz), Puck (Mark Salling), dan Quinn (Dianna Agron).

Musim ini mendapat review yang umumnya menguntungkan dari kritikus, dengan Metascore – rata-rata tertimbang berdasarkan kesan dari 18 ulasan kritis - 77 persen. Skor musik digunakan di seluruh musim pertama yang terbukti menjadi sukses secara komersial, dengan lebih dari tujuh juta rilis kopi singel pemain Glee dibeli secara digital.[1] Pada 2009, remake Glee dari "Don't Stop Believin'" menjadi hit pertama mereka, dan penutup lainnya dengan cepat mendapatkan popularitas di seluruh dunia yang sama, sementara album menduduki puncak tangga lagu di Irlandia dan negara-negara lain. Musim ini dinominasikan untuk 19 Emmy Awards, empat Golden Globe Awards, enam Satellite Awards dan 57 penghargaan lainnya. Hal ini juga disertai dengan empat rilis DVD: Glee – Pilot Episode: Director's Cut, Glee – Volume 1: Road to Sectionals menampilkan episode satu hingga tiga belas, Glee – Volume 2: Road to Regionals menampilkan episode 14-22, dan Glee – The Complete First Season.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Umum
Spesifik
  1. ^ Considine, J.D. (May 22, 2010). "Revenge of the gleeful nerds". The Globe and Mail. Toronto, Canada: CTVglobemedia. Diakses tanggal June 7, 2010.