Pusa caspica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pusa caspica Edit the value on Wikidata
Caspian seal 03.jpg
A Caspian seal in Iran
Data
Waktu kehamilan11 bulan Edit the value on Wikidata
Status konservasi
Status iucn3.1 EN.svg
Genting
IUCN41669 Edit the value on Wikidata
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasMammalia
OrdoCarnivora
FamiliPhocidae
GenusPusa
SpesiesPusa caspica Edit the value on Wikidata
Gmelin, 1788
Tata nama
Sinonim takson
Phoca caspica
Distribusi
Caspian Seal area.png
Edit the value on Wikidata

Pusa caspica adalah salah satu anggota terkecil dari keluarga anjing laut tanpa telinga dan unik karena ditemukan secara eksklusif di Laut Kaspia payau. Mereka ditemukan tidak hanya di sepanjang garis pantai, tetapi juga di banyak pulau berbatu dan balok es yang mengapung di Laut Kaspia. Di musim dingin, dan bagian yang lebih dingin dari musim semi dan musim gugur, mamalia laut ini menghuni Kaspia Utara. Saat es mencair di musim yang lebih hangat, mereka dapat ditemukan di mulut Sungai Volga dan Ural, serta garis lintang selatan Kaspia di mana air yang lebih dingin dapat ditemukan karena kedalaman yang lebih besar.

Struktur tengkorak anjing laut Kaspia menunjukkan bahwa benda itu terkait erat dengan anjing laut Baikal. Selain itu, struktur morfologis pada kedua spesies menunjukkan bahwa mereka adalah keturunan dari cincin segel yang bermigrasi dari badan air yang lebih besar sekitar dua juta tahun yang lalu.[2]

Refeensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Härkönen, T. (2008). "'Pusa caspica'". Diakses tanggal 29 January 2009. 
  2. ^ Endo, H.; Sakata, S.; Arai, T.; Miyazaki, N. (April 2001). "The Muscles of Mastication in the Caspian Seal (Phoca caspica)". Anatomia, Histologia, Embryologia. 31 (5): 262–265. doi:10.1046/j.1439-0264.2002.00372.x. PMID 12484416. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]