Portal:Psikologi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Budaya
Budaya
Filsafat
Filsafat
Geografi
Geografi
Ilmu
Ilmu
Indonesia
Indonesia
Masyarakat
Masyarakat
Matematika
Matematika
Sejarah
Sejarah
Seni
Seni
Teknologi
Teknologi
Tokoh
Tokoh

Portal Psikologi

sunting   

Selamat datang di Portal Psikologi Wikipedia bahasa Indonesia!

Psikologi
Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog. Para psikolog berusaha mempelajari peran fungsi mental dalam perilaku individu maupun kelompok, selain juga mempelajari tentang proses fisiologis dan neurobiologis yang mendasari perilaku.
sunting   

Star*.svg Artikel pilihan

sunting   

Star*.svg Gambar pilihan

Louis wain cats.png
Potret kucing dengan abstraksi oleh Louis Wain selama ia tinggal di rumah sakit jiwa. Tidak jelas apakah ia menderita skizofrenia meski gambar-gambar ini digunakan secara luas sebagai contoh seni skizofrenik.
image credit: public domain
sunting   

Star*.svg Tokoh pilihan

Sigmund Freud
Sigmund Freud (lahir di Freiberg, 6 Mei 1856 – meninggal di London, 23 September 1939 pada umur 83 tahun) adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. (Selengkapnya...)
sunting   

Question mark alternate.svg Tahukah Anda

  • ...bahwa psikologi baru tercipta sebagai ilmu sejak akhir 1800-an, yaitu sewaktu Wilhem Wundt mendirikan laboratorium psikologi pertama di dunia.
  • ...bahwa istilah hipnosis pertama kali dicetuskan oleh James Braid pada tahun 1843.
  • ...bahwa setelah membaca karya-karya Charles Darwin, Ivan Pavlov menyadari bahwa ia lebih berminat dalam pencarian ilmiah sehingga ia meninggalkan seminari ke Universitas St. Petersburg untuk belajar kimia dan fisiologi.
  • ...bahwa tidak ada pembedaan yang terlalu besar antara neurologi dan psikiatri. Pembedaan ini hanyalah alasan praktis dan akar sejarah.
  • ...bahwa menurut Carl Rogers, kesenjangan antara konsep diri dan realitas adalah yang menyebabkan gangguan kejiwaan dalam diri klien, sehingga untuk menyembuhkannya diperlukan upaya penyeimbangan.
sunting   

Star*.svg Kutipan hari ini

  • Jika mantanmu kini menjadi teman baikmu, maka sesungguhnya kalian tak berhenti saling mencintai.
  • Orang-orang cenderung menilai lebih memori ketimbang orang-orang terkait. Kadang kita merindukan memori itu, alih-alih orang yang nyata.
  • Orang yang menyembunyikan perasaannya biasanya adalah orang yang paling peduli.