Portal:Kedokteran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 Portal Kedokteran
Kedokteran adalah suatu ilmu dan seni yang mempelajari tentang penyakit dan cara-cara penyembuhannya. Ilmu kedokteran adalah cabang ilmu kesehatan yang mempelajari tentang cara mempertahankan kesehatan manusia dan mengembalikan manusia pada keadaan sehat dengan memberikan pengobatan pada penyakit dan cedera. Ilmu ini meliputi pengetahuan tentang sistem tubuh manusia dan penyakit serta pengobatannya, dan penerapan dari pengetahuan tersebut.

Praktik kedokteran dilakukan oleh para profesional kedokteran–lazimnya dokter dan kelompok profesi kedokteran lainnya yang meliputi perawat atau ahli farmasi. Berdasarkan sejarah, hanya dokterlah yang dianggap mempraktikkan ilmu kedokteran secara harfiah, dibandingkan dengan profesi-profesi perawatan kesehatan terkait. Profesi kedokteran adalah struktur sosial dan pekerjaan dari sekelompok orang yang dididik secara formal dan diberikan wewenang untuk menerapkan ilmu kedokteran. Di berbagai negara dan wilayah hukum, terdapat batasan hukum atas siapa yang berhak mempraktikkan ilmu kedokteran atau bidang kesehatan terkait.

Ilmu kedokteran umumnya dianggap memiliki berbagai cabang spesialis, dari pediatri (ilmu kesehatan anak), ginekologi (ilmu penyakit pada wanita), neurologi (ilmu penyakit saraf), hingga melingkupi bidang lainnya seperti kedokteran olahraga, dan kesehatan masyarakat.

 Artikel pilihan

Kusta atau Lepra atau disebut juga Penyakit Morbus Hansen, Penyakit Hansen adalah sebuah penyakit infeksi kronis yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Penyakit ini adalah tipe penyakit granulomatosa pada saraf tepi dan mukosa dari saluran pernapasan atas; dan lesi pada kulit adalah tanda yang bisa diamati dari luar. Bila tidak ditangani, kusta dapat sangat progresif, menyebabkan kerusakan pada kulit, saraf-saraf, anggota gerak, dan mata. Tidak seperti mitos yang beredar di masyarakat, kusta tidak menyebabkan pelepasan anggota tubuh yang begitu mudah, seperti pada penyakit tzaraath, yang digambarkan pada alkitab dan sering disamakan dengan kusta.

Artikel pilihan sebelumnya: Sarkoma Kaposi | AIDS | Kedokteran | Henrietta Lacks | lainnya...

 Gambar pilihan
Gambaran sinar-x menunjukkan adanya tumor pada paru-paru kiri.
 Artikel berkualitas tinggi
 Tahukah Anda?
  • "... bahwa coklat hitam mengandung antioksidan terbesar dari makanan lainnya? Coklat memiliki fosfor, magnesium, zat besi dan potassium. Coklat hitam juga dapat mengurangi tekanan darah."
  • "...bahwa penelitian memperlihatkan di seluruh dunia sekurang-kurangnya 3 juta perokok meninggal setiap tahunnya karena penyakit-penyakit yang terkait dengan rokok?"
 Kutipan
 ProyekWiki
Mari bersama-sama meningkatkan kualitas artikel kesehatan di Wikipedia:ProyekWiki Medis.
 Kategori