Olahraga di Armenia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Olahraga di Armenia meliputi banyak cabang olahraga, dengan olahraga-olahraga yang terpopuler meliputi sepak bola, bola basket, bola voli dan hoki.[1] Negara tersebut juga mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade pada cabang tinju, gulat, angkat besi, judo, gimnastik, lintasan dan lapangan, lompat indah, renang dan olahraga menembak.[1] Daratan pegunungan di Armenia menunjang olahraga-olahraga seperti ski dan panjat tebing. Sebagai negara yang terkurung daratan, olahraga air umumnya dilakukan di danau-danau seperti Danau Sevan. Secara kompetitif dalam tingkat internasional, Armenia merupakan negara yang sukses dalam permainan catur serta cabang olahraga angkat besi dan gulat. Armenia juga merupakan negara anggota yang aktif dalam berbagai badan olahraga internasional, meliputi keanggotaan penuh dalam Uni Sepak Bola Eropa (UEFA), Federasi Bandy Internasional (FIB), dan Federasi Hoki Es Internasional (IIHF). Negara tersebut juga mengadakan Pan-Armenian Games.

Olimpiade sebagai bagian dari Uni Soviet[sunting | sunting sumber]

Gelanggang Olahraga Olimpik Tsaghkadzor, dibuka pada tahun 1967 sebagai tempat persiapan para atlet Soviet untuk Olimpiade Musim Panas 1968 di Kota Meksiko

Sebelum tahun 1992, Armenia berpartisipasi dalam Olimpiade sebagai bagian dari Uni Soviet. Sebagai bagian dari Uni Soviet, Armenia tergolong sukses dengan meraih berbagai medali dan turut membantu Uni Soviet mengungguli perolehan medali dalam beberapa pagelaran Olimpiade. Medali pertama yang diraih oleh seorang Armenia dalam sejarah Olimpiade modern diraih oleh Hrant Shahinyan (juga dikenal dengan nama Grant Shaginyan), yang memenangkan dua medali emas dan dua medali perak dalam cabang gimnastik pada Olimpiade Musim Panas 1952 di Helsinki. Dalam sebuah kutipan menyorot kesuksesan atlet Armenia di Olimpiade, Shahinyan berkata:

Armenia berkontribusi dalam menghasilkan beberapa atlet gimnastik ternama dalam tim gimnastik Soviet, seperti juara dunia dan Olimpiade Albert Azaryan, Eduard Azaryan dan Artur Akopyan.

Olimpiade pasca-kemerdekaan[sunting | sunting sumber]

Armenia berpartisipasi pada Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona di bawah tim Persemakmuran Negara-Negara Merdeka. Tim tersebut meraih sukses dengan lima atlet Armenia meraih empat medali. Hrachya Petikyan meraih medali emas dalam cabang olahraga menembak, Israel Militosyan meraih emas dalam cabang angkat besi, Mnatsakan Iskandaryan meraih emas dan Alfred Ter-Mkrtychyan meraih perak dalam cabang gulat. Sejak Olimpiade Musim Dingin 1994 di Lillehammer, Armenia telah berpartisipasi sebagai negara berdaulat.

Armenia telah ambil bagian dalam Olimpiade Musim Panas lewat cabang tinju, anggar, gulat, angkat besi, judo, gimnastik, lintasan dan lapangan, lompat indah, renang, dan olahraga menembak. Negara tersebut juga ambil bagian dalam Olimpiade Musim Dingin lewat cabang ski Alpen, ski lintas alam, dan seluncur indah.

Olahraga-olahraga populer[sunting | sunting sumber]

Sepak bola[sunting | sunting sumber]

Tempat pelatihan sepak bola di Provinsi Kotayk

Pada tingkat internasional, Armenia tampil sebagai bagian dari tim nasional sepak bola Uni Soviet. Tim tersuksesnya adalah FC Ararat Yerevan yang merupakan klub yang memenangkan kejuaraan sepak bola Soviet pada tahun 1973 serta mengalahkan tim tamu FC Bayern Munich pada Piala Champions Eropa 1974–75. Armenia tampil sebagai bagian dari Uni Soviet sampai tahun 1992 ketika tim nasional sepak bola Armenia memainkan pertandingan perdananya melawan Moldova. Tim nasional dikendalikan oleh Federasi Sepak Bola Armenia. Liga Utama Armenia merupakan kompetisi sepak bola tertinggi di Armenia. Liga tersebut terdiri dari delapan tim dengan relegasi ke Divisi Satu Armenia. Selama beberapa tahun, liga tersebut berubah dari sebuah kompetisi kecil menjadi dua divisi berbeda. Armenia juga memiliki berbagai stadion sepak bola, seperti Stadion Hrazdan dan Stadion Republik Vazgen Sargsyan.

Henrikh Mkhitaryan merupakan pemain sepak bola ternama Armenia saat ini

Nikita Simonyan merupakan salah satu pemain dalam tim nasional sepak bola Uni Soviet peraih medali emas dalam Olimpiade Musim Panas 1956 dan pemain FC Spartak Moscow yang empat kali menjuarai Liga Top Soviet dan dua kali menjuarai Piala Soviet. Simonyan menjadi pencetak gol terbanyak pada Liga Top Soviet sebanyak tiga kali. Ia juga memegang rekor gol terbanyak untuk Spartak Moscow yaitu sebanyak 133 gol. Setelah pensiun dari sepak bola, ia menjadi pelatih tim Spartak dan kemudian menjadi manajer untuk Spartak dan FC Ararat Yerevan. Kedua tim tersebut menjadi juara Liga Top Soviet di bawah kepemimpinan Simonyan.

Henrikh Mkhitaryan merupakan kapten tim nasional sepak bola Armenia dan pemain bintang dari tim saat ini. Mkhitaryan telah meraih Liga Utama Armenia sebanyak empat kali serta Piala Super Armenia sebanyak dua kali dengan klub FC Pyunik. Ia juga meraih gelar Pemain Armenia Terbaik sebanyak dua kali. Sejak 14 November 2012, Mkhitaryan merupakan pencetak gol terbanyak kedua untuk tim nasional Armenia dengan jumlah 10 gol. Terdapat pemain-pemain Armenia lainnya yang bermain di liga-liga domestik Eropa seperti Arthur Petrosyan, Sargis Hovsepyan, Roman Berezovsky, Edgar Manucharyan, Yura Movsisyan serta lainnya.

Terdapat pula pemain-pemain diaspora Armenia yang mewakili negara kelahiran mereka, termasuk pemain-pemain terkenal seperti Youri Djorkaeff dan Alain Boghossian yang merupakan bagian dari tim nasional Prancis yang menjuarai Piala Dunia FIFA 1998, Andranik Eskandarian dan Andranik Teymourian yang mewakili Iran, Alecko Eskandarian yang mewakili Amerika Serikat, Kevork Mardikian dan Mardik Mardikianyang mewakili Suriah, serta Wartan Ghazarian dan Hagob Donabedian yang mewakili Lebanon.

Catur[sunting | sunting sumber]

Pecatur Levon Aronian yang berada di peringkat kedua dalam daftar FIDE

Catur merupakan olahraga otak terpopuler di Armenia serta olahraga terpopuler pada umumnya. Permainan tersebut dimainkan secara luas di Armenia dan diaspora Armenian. Sekolah-sekolah Armenia telah memperkenalkan catur sebagai sebuah kegiatan ekstrakurikuler. Para pecatur keturunan Armenia telah meraih berbagai kesuksesan pada tingkat internasional. Beberapa pecatur terkenal Armenia meliputi Tigran Petrosian, Levon Aronian, Vladimir Akopian, Gabriel Sargissian, Sergei Movsesian dan Rafael Vaganian. Pecatur legendaris Garry Kasparov merupakan keturunan Armenia.

Armenia telah memenangi Kejuaraan Catur Tim Eropa dalam regu pria pada tahun 1999 dan regu wanita pada tahun 2003. Regu pria tahun 1999 terdiri dari Smbat Lputian, Artashes Minasian, Ashot Anastasian, Levon Aronian dan Arshak Petrosian. Regu wanita tahun 2003 terdiri dari Elina Danielian, Lilit Mkrtchian dan Nelly Aginian.

Levon Aronian menjuarai Piala Dunia Catur pada tahun 2005.

Pada tahun 2006, tim catur Armenia yang terdiri dari Levon Aronian, Vladimir Akopian, Gabriel Sargissian, Karen Asrian, Artashes Minasian, dan Smbat Lputian memenangkan Olimpiade Catur ke-37 di Torino. Dua tahun kemudian, Armenia mempertahankan gelar Olimpiade pada Olimpiade Catur ke-38 di Dresden, dengan tim pemenang terdiri dari Levon Aronian, Vladimir Akopian, Gabriel Sargissian, Tigran L. Petrosian and Artashes Minasian. Tim catur Armenia meraih juara untuk yang ketiga kalinya pada tahun 2012 dalam Olimpiade Catur ke-40 di Istanbul. Tim catur tersebut terdiri dari Levon Aronian, Sergei Movsesian, Vladimir Akopian, Gabriel Sargissian dan Tigran L. Petrosian.

Armenia telah menjuarai Kejuaraan Catur Tim Dunia pada tahun 2011, dengan menghadapi sepuluh besar dunia seperti Rusia dan Tiongkok. Para anggota tim catur Armenia terdiri dari Levon Aronian, Sergei Movsesian, Vladimir Akopian, Gabriel Sargissian dan Robert Hovhannisyan.

Pada saat ini Armenia berada di peringkat kelima pada tabel medali Olimpiade Catur walau bergabung sejak tahun 1992. Negara tersebut juga berkontribusi menjadikan tim Uni Soviet sebagai kekuatan besar.

Bola basket[sunting | sunting sumber]

Walaupun merupakan olahraga yang populer di Armenia, tim nasional bola basket Armenia hanya baru-baru ini mulai dikenali setelah memenangkan Kejuaraan Eropa FIBA untuk Negara-Negara Kecil 2016.

Sebagian besar pemain-pemain bola basket Armenia terbaik bermain di negara lain seperti di Amerika Serikat dan Rusia.

Kompetisi bola basket profesional domestik pertama di Armenia adalah Basket Liga A yang dimulai pada Oktober 2017 dengan partisipasi tujuh tim, yang mewakili kota-kota besar seperti Yerevan (4 tim), Gyumri, Artik dan Stepanakert.[3]

Gulat[sunting | sunting sumber]

Gulat telah menjadi olahraga yang sukses besar di Olimpiade bagi Armenia. Separuh dari peraih medali Olimpiade Armenia merupakan pegulat. Pada Olimpiade Musim Panas 1996 di Atlanta, Armen Nazaryan meraih emas pada gulat Greko-Romawi pria kelas 52 kg, dan Armen Mkrtchyan meraih perak pada gulat gaya bebas pria kelas 48 kg, menjadikannya sebagai peraihan medali pertama Armenia dalam sejarah Olimpiade modern.

Armenia menjadi tuan rumah Piala Dunia Gulat FILA pada tahun 2010. Tim gulat Armenia meraih peringkat tiga secara keseluruhan dengan pegulat-pegulat Armenia meraih tiga dari tujuh medali emas.

Gulat tradisional Armenia disebut kokh; gulat tersebut menjadi salah satu pengaruh bagi olahraga tarung Soviet bernama sambo yang juga sangat populer.

Angkat besi[sunting | sunting sumber]

Angkat besi juga telah menjadi salah satu olahraga paling sukses di Olimpiade bagi Armenia. Arsen Melikyan meraih medali perunggu dalam kategori 77 kg pada Olimpiade Musim Panas 2000, menjadikannya sebagai medali Olimpiade pertama Armenia dalam cabang angkat besi. Pada April 2007, tim Armenia menjuarai Kejuaraan Angkat Besi Eropa 2007 di Strasbourg dengan memenangi sepuluh medali.[4] Nazik Avdalyan dan Tigran Gevorg Martirosyan merupakan juara dalam Kejuaraan Angkat Besi Dunia masing-masing pada tahun 2009 dan 2010.

Sebelum kemerdekaan Armenia, atlet-atlet angkat besi Armenia seperti Yurik Sarkisyan, Oksen Mirzoyan dan Yurik Vardanyan bertanding mewakili Uni Soviet dan merupakan atlet-atlet yang suksesl. Vardanyan medali emas pada Olimpiade Musim Panas 1980 serta menjadi atlet angkat besi pertama di dunia yang meraih poin 400 dalam kategori angkat besi beban 82.5 kg. Ia meraih Orde Lenin pada tahun 1985. Yurik Vardanyan, Yurik Sarkisian dan Oksen Mirzoyan mencetak berbagai rekor dunia selama kariernya.

Tinju[sunting | sunting sumber]

Tinju merupakan olahraga yang populer di Armenia. Negara tersebut juga mengirimkan atlet-atletnya ke Olimpiade walau hanya merupakan kesuksesan kecil.

Walau Armenia hanya meraih sukses kecil dalam cabang tinju amatir, negara tersebut juga telah menghasilkan peraih medali Olimpiade Hrachik Javakhyan serta juara dunia Nshan Munchyan.

Dalam tinju profesional, Armenia telah meraih beberapa kesuksesan. Vic Darchinyan dan Arthur Abraham telah meraih gelar dunia dalam berbagai kelas. Susi Kentikian juga meraih gelar dunia dalam tinju wanita. Khoren Gevor merupakan penantang gelar dunia sebanyak empat kali. Vanes Martirosyan dan Karo Muratyan merupakan para petinju yang sedang naik daun.

Senam artistik[sunting | sunting sumber]

Armenia telah menghasilkan berbagai juara senam artistik pada masa Soviet berkuasa seperti Hrant Shahinyan, Albert Azaryan dan Eduard Azaryan. Kesuksesan atlet gimnastik Olimpiade telah menaikkan popularitas olahraga ini. Beberapa atlet seperti Artur Davtyan dan Harutyun Merdinyan telah mewakili Armenia dalam tingkat Eropa dan dunia.

Ibu kota Yerevan memiliki berbagai sekolah senam artistik negeri yang seperti Albert Azaryan School yang dibuka pada tahun 1964 dan Hrant Shahinyan School yang dibuka pada tahun 1965.

Futsal[sunting | sunting sumber]

Futsal merupakan olahraga yang populer di Armenia. Berbagai perusahaan serta universitas memiliki tim-timnya yang berpartisipasi dalam liga futsal. Saat ini, delapan tim ikut ambil bagian dalam liga futsal Armenia yang mewakili kota-kota besar seperti Yerevan, Gyumri, Vanadzor, Kapan dan Alaverdi. Arena olahraga Mika di kota Yerevan merupakan tempat utama bagi tim nasional futsal Armenia.

Olahraga lainnya[sunting | sunting sumber]

Gelanggang tenis di Yerevan
Resor ski Vanadzor
  • Ski juga merupakan salah satu olahraga berkembang di Armenia. Daratan pegunungan negara tersebut memuluskan perkembangan olahraga tersebut, terlebih setelah dibukanya resor ski Tsaghkadzor pada tahun 1986. Pada umumnya, musim ski di Armenia diawali pada pertengahan Desember dan terus berjalan hingga bulan Maret. Terdapat pula resor ski lainnya di Vanadzor dan Jermuk.
  • Hoki lapangan merupakan olahraga populer di kota Hrazdan. Kota tersebut merupakan tempat satu dari segelintir arena hoki lapangan di Armenia dengan kapasitas 1.500 kursi. Hrazdan Hockey Club sering mewakili Armenia dalam berbagai turnamen regional dan internasional.[6] Pemain hoki Soviet-Armenia serta peraih medali perunggu Olimpiade 1980 Sos Hayrapetyan bermain dalam klub tersebut antara tahun 1988 hingga tahun 1992.[7]
Selancar angin di Sevan

Organisasi[sunting | sunting sumber]

Homenetmen dan AGBU merupakan dua organisasi terbesar yang ditujukan untuk atletik bagi orang-orang Armenia. Dua organisasi tersebut telah membuka peluang bagi komunitas Armenia di berbagai belahan dunia. Setiap tahun Homenetmen mengadakan Pan-Homenetmen Games, yaitu ketika anggota-anggota organisasi berkumpul di kota penyelenggara untuk pertandingan-pertandingan persahabatan dalam berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, bola basket, atletik, hoki es, dan bola voli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]