Matematika komputasi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Matematika komputasi meliputi penelitian matematis dalam matematika dan bidang ilmu pengetahuan lainnya di mana komputasi memilki peran penting, serta menekankan algoritma, metode numerik, dan komputasi simbolis.[1]

Matematika komputasi terapan terdiri dari menggunakan matematika untuk memungkinkan dan memperbaiki penggunaan komputasi komputer dalam matematika terapan. Matematika komputasi juga bisa berarti penggunaan komputer dalam matematika. Penggunaan tersebut di antaranya meliputi penggunaan komputer untuk komputasi matematis (aljabar komputer), penelitian mengenai apa saja topik matematika yang bisa dikomputerisasi (metode efektif), komputasi mana yang bisa dilakukan dengan teknologi yang tersedia (teori kompleksitas), dan bukti mana yang bisa dikerjakan di komputer (asisten pembuktian).

Bidang-bidang matematika komputasi[sunting | sunting sumber]

Matematika komputasi menjadi bagian tersendiri dari matematika terapan pada awal 1950-an. Sekarang, matematika komputasi memiliki arti atau meliputi:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ National Science Foundation, Division of Mathematical Science, Program description PD 06-888 Computational Mathematics, 2006. Retrieved April 2007.
  2. ^ "NSF Seeks Proposals on Stochastic Systems". SIAM News. August 19, 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 5, 2012. Diakses tanggal February 2, 2015. 
  3. ^ Future Directions in Computational Mathematics, Algorithms, and Scientific Software, Report of panel chaired by R. Rheinbold, 1985. Distributed by SIAM.
  4. ^ Mathematics of Computation, Journal overview. Retrieved April 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]