Bidang matematika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Templat:Math topic TOC Matematika mencakup berbagai mata pelajaran yang semakin beragam dan mendalam selama sejarah, dan pemahaman membutuhkan sistem untuk mengkategorikan dan mengatur banyak mata pelajaran ke dalam area matematika yang lebih umum. Sejumlah skema klasifikasi yang berbeda telah muncul, dan meskipun mereka memiliki beberapa kesamaan, Ada perbedaan sebagian karena perbedaan tujuan yang mereka layani. Selain itu, matematika sulit dilakukan oleh beberapa mata pelajaran, seringkali yang paling aktif, yang mengangkangi batas antara daerah yang berbeda.

Pembagian tradisional matematika adalah matematika murni; matematika dipelajari untuk kepentingan intrinsiknya, dan matematika terapan; matematika yang dapat langsung diterapkan pada masalah dunia nyata.[note 1] Pembagian ini tidak selalu jelas dan banyak mata pelajaran telah dikembangkan sebagai matematika murni untuk menemukan aplikasi tak terduga di kemudian hari. Divisi yang luas, seperti matematika diskrit, matematika komputasi, dan seterusnya telah muncul baru-baru ini.

Sistem klasifikasi yang ideal memungkinkan penambahan area baru ke dalam organisasi pengetahuan sebelumnya, dan menyesuaikan penemuan mengejutkan dan interaksi tak terduga ke dalam garis besar. Misalnya, Program Langlands telah menemukan hubungan tak terduga antara area yang sebelumnya dianggap tidak terhubung, setidaknya grup Galois, permukaan Riemann dan teori bilangan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Misalnya, Encyclopædia Britannica Eleventh Edition mengelompokkan artikel matematika sebagai Murni, Terapan, dan Biografis.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]