Matematika terapan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Salah satu penerapan matematika terapan dalam mencari solusi efisien untuk masalah perutean kendaraan yang memerlukan alat dari optimasi kombinatorial dan pemrograman integer.

Matematika terapan (Inggris: applied mathematics) merupakan cabang matematika yang terkait dengan teknik matematika yang digunakan dalam aplikasi ilmu matematika untuk disiplin ilmiah. Penerapan matematika terapan dilakukan pada bidang fisika, biologi, sosiologi, dan mekanika.[1] Matematika terapan berkenaan dengan penggunaan alat matematika abstrak guna memecahkan masalah-masalah konkret di dalam ilmu pengetahuan, bisnis, dan wilayah lainnya. Sebuah lapangan penting di dalam matematika terapan adalah statistika, yang menggunakan teori peluang sebagai alat dan membolehkan penjelasan, analisis, dan peramalan gejala di mana peluang berperan penting. Sebagian besar percobaan, survei, dan pengkajian pengamatan memerlukan statistika. Matematika terapan merupakan ilmu yang diperlukan untuk menghitung segala sesuatu yang memerlukan rumus.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kartasasmita, dkk. (1993). Kamus Matematika: Matematika Dasar (PDF). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. hlm. 75–76. ISBN 979-459-017-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]