Konferensi Tingkat Tinggi Malta (1989)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konferensi Tingkat Tinggi Malta
Gorbachev dan Bush akan berbagi makanan di atas kapal pesiar Soviet Maksim Gorkiy
Tuan rumah Malta
Tanggal2-3 Desember 1989
TempatMaksim Gorkiy
KotaBirżebbuġa
Peserta
SebelumnyaKTT Governors Island
SelanjutnyaKTT Helsinki (1990)

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Malta meliputi pertemuan antara Presiden AS George H. W. Bush dan Sekretaris Jenderal Soviet Mikhail Gorbachev, yang diadakan pada 2-3 Desember 1989, tepat beberapa minggu setelah kejatuhan Tembok Berlin. Peristiwa tersebut merupakan pertemuan kedua mereka setelah pertemuan yang meliputi Ronald Reagan, di New York pada Desember 1988. Pada Konferensi tersebut, Bush dan Gorbachev akan mendeklarasikan akhir Perang Dingin meskipun peristiwa tersebut masih menjadi bahan perdebatan. Laporan-laporan berita pada waktu itu menyebut KTT Malta sangat berpengaruh sejak 1945, ketika Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, Perdana Menteri Soviet Joseph Stalin dan Presiden AS Franklin D. Roosevelt menyepakati rencana pasca perang untuk Eropa di Yalta.

Sorotan Konferensi[sunting | sunting sumber]

Brent Scowcroft dan anggota pemerintahan AS lainnya pada awalnya khawatir bahwa KTT Malta yang diusulkan akan "prematur" dan akan menghasilkan ekspektasi yang tinggi tetapi hasilnya tidak lebih dari sok sok Soviet. Namun, Presiden Prancis François Mitterrand, Perdana Menteri Inggris Margaret Thatcher, para pemimpin Eropa lainnya, dan anggota kunci Kongres Amerika Serikat membujuk Presiden Bush untuk bertemu dengan Ketua Gorbachev.[1]

Tidak ada kesepakatan yang ditandatangani di KTT Malta. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kesempatan kepada dua negara adikuasa, Amerika Serikat dan Uni Soviet, untuk membahas perubahan cepat yang terjadi di Eropa dengan pencabutan Tirai Besi, yang telah memisahkan Blok Timur dari Eropa Barat selama empat dekade. Konferensi tersebut dipandang oleh beberapa pengamat sebagai akhir resmi Perang Dingin. Setidaknya, itu menandai berkurangnya ketegangan yang menjadi ciri khas era itu dan menandakan titik balik besar dalam hubungan Timur-Barat. Selama KTT, Presiden Bush menyatakan dukungannya untuk prakarsa perestroika Gorbachev dan reformasi lainnya di blok Komunis.

Di puncak, sebagai tanda, Presiden AS George Bush mempersembahkan kepada semua peserta konferensi sepotong Tembok Berlin. Itu dikumpulkan dalam misi kepresidenan di mana dua pilot dan empat tentara dengan palu godam dikirim ke Berlin di mana 180 kilogram (400 lb) dikumpulkan; 90 kilogram (200 lb) diberikan kepada Presiden dan 90 kilogram (200 lb) diberikan kepada anggota Perusahaan Penerbangan ke-207.

Berbicara pada konferensi pers bersama, pemimpin Soviet mengumumkan:

Dunia meninggalkan satu zaman dan memasuki zaman lainnya. Kita berada di awal jalan panjang menuju era yang damai dan langgeng. Ancaman kekuatan, ketidakpercayaan, perjuangan psikologis dan ideologis semuanya harus menjadi masa lalu.

Saya meyakinkan Presiden Amerika Serikat bahwa saya tidak akan pernah memulai perang panas melawan AS.

Sebagai jawaban, Presiden Bush berkata:

Kita dapat mewujudkan perdamaian abadi dan mengubah hubungan Timur-Barat menjadi kerjasama yang langgeng. Itulah masa depan yang saya dan Ketua Gorbachev mulai di sini, di Malta.

Peserta lainnya[sunting | sunting sumber]

Monumen di Birżebbuġa memperingati KTT Malta

Turut hadir dalam KTT Malta adalah:

Delegasi Soviet

Delegasi AS

Tempat: "Dari Yalta ke Malta", dan sebaliknya[sunting | sunting sumber]

Slava
USS Belknap
Kapal penjelajah Soviet Slava (atas) dan kapal penjelajah AS Belknap (bawah) menjadi tuan rumah bagi masing-masing delegasi

Pertemuan berlangsung di Mediterania, di lepas pulau Malta. Delegasi Soviet menggunakan kapal penjelajah rudal Slava,[2][3][4] sementara delegasi AS tidur di kapal USS Belknap.[2][3][4] Kapal-kapal itu berlabuh di pinggir jalan di lepas pantai Marsaxlokk. Cuaca badai dan laut berombak mengakibatkan beberapa pertemuan dibatalkan atau dijadwal ulang, dan memunculkan julukan "Konferensi Mabuk Laut" di kalangan media internasional. Pertemuan akhirnya berlangsung di atas kapal Maksim Gorkiy, sebuah kapal pesiar Soviet yang disewa untuk perusahaan wisata Jerman Barat Phoenix Reisen, yang berlabuh di pelabuhan di Marsaxlokk.

Gagasan pertemuan puncak di laut terbuka dikatakan sebagian besar terinspirasi oleh ketertarikan Presiden Bush dengan kebiasaan Presiden Franklin D. Roosevelt pada Perang Dunia II untuk bertemu dengan para pemimpin asing di atas kapal angkatan laut.[5][6] Pilihan Malta sebagai tempat menjadi subyek tawar-menawar pra-Konferensi yang cukup besar antara dua negara adidaya. Menurut Condoleezza Rice:

... butuh waktu lama untuk mengaturnya, menemukan tempat, tempat yang bukan seremonial, tempat di mana Anda tidak perlu melakukan banyak bilateral lainnya. Dan untungnya—atau sayangnya—mereka memilih Malta, yang ternyata menjadi tempat yang sangat mengerikan di bulan Desember. Meskipun orang Malta luar biasa, cuacanya sangat buruk.[1]

Pemilihan tempat juga sangat simbolis. Kepulauan Maltese secara strategis terletak di pusat geografis Laut Mediterania, di mana timur bertemu barat dan utara bertemu selatan. Akibatnya, Malta memiliki sejarah panjang dominasi oleh kekuatan asing. Itu berfungsi sebagai pangkalan angkatan laut Inggris selama abad ke-19 dan awal abad ke-20, dan mengalami kehancuran besar-besaran selama Perang Dunia II. Malta mendeklarasikan netralitas antara dua negara adidaya pada tahun 1980, menyusul penutupan pangkalan militer Inggris dan Markas Besar Regional Pakta Pertahanan Atlantik Utara / NATO (CINCAFMED), yang sebelumnya berlokasi di Malta. Netralitas tertanam dalam Konstitusi Malta, yang menyatakan sebagai berikut, pada pasal 1(3):

Malta adalah negara netral yang secara aktif mengejar perdamaian, keamanan, dan kemajuan sosial di antara semua negara dengan mengikuti kebijakan non-blok dan menolak untuk berpartisipasi dalam aliansi militer apa pun.

Pada tanggal 2 Februari 1945, saat Perang di Eropa hampir berakhir, Malta menjadi tempat untuk Konferensi Malta, pertemuan yang sama pentingnya antara Presiden AS Franklin D. Roosevelt dan Perdana Menteri Inggris Winston Churchill sebelum pertemuan Yalta mereka dengan Joseph Stalin. KTT Malta tahun 1989 menandakan pembalikan dari banyak keputusan yang diambil pada Konferensi Yalta 1945.

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Templat:George H. W. Bush

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "An Interview with Dr. Condoleezza Rice (17/12/97)"
  2. ^ a b Times, Maureen Dowd, Special To The New York (3 December 1989). "THE MALTA SUMMIT: Reporter's Notebook; Superpowers Cooperating, But Not Seas". The New York Times. Diakses tanggal 16 May 2017 – via NYTimes.com. 
  3. ^ a b "The Malta Summit : Today's Schedule". 2 December 1989. Diakses tanggal 16 May 2017 – via LA Times. 
  4. ^ a b "Ships Off Malta Site For Seaborne Summit". Diakses tanggal 16 May 2017. 
  5. ^ Michael R. Beschloss and Strobe Talbott, At the Highest Levels: The Inside Story of the End of the Cold War, Little Brown (London) 1993, pp. 128-9 and 160.
  6. ^ James Baker, The Politics of Diplomacy: Revolution, War and Peace, 1989-1992, Putnam (New York) 1995, p.169.