Wu'erkaixi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Örkesh Dölet
ئۆركەش دۆلەت
吾爾開希·多萊特
Wu'erkaixi from VOA (1).jpg
Wu'erkaixi di Taipei, 2013
Lahir17 Februari 1968 (umur 51)
Beijing, China
Tempat tinggalTaiwan
Kebangsaan Tiongkok (1968-1994)
 Republik Tiongkok (1994-sekarang)
Nama lainUerkesh Davlet, Wu'er Kaixi
AlmamaterUniversitas Minzu China
Universitas Normal Beijing
Suami/istriChen Huiling
Wu'erkaixi
Nama Tionghoa
Hanzi tradisional: 吾爾開希·多萊特
Hanzi sederhana: 吾尔开希·多莱特
Nama Uighur
Uighur: ئۆركەش دۆلەت

Örkesh Dölet, atau Uerkesh Davlet (Uighur: ئۆركەش دۆلەت), yang umumnya dikenal sebagai Wu'er Kaixi ("Orkesh", dari nama Tionghoa yang ditransliterasi: Hanzi sederhana: 吾尔开希·多莱特; Hanzi tradisional: 吾爾開希·多萊特; Pinyin: Wú'ěrkāixī Duōláite), adalah seorang pembangkang China yang dikenal karena peran utamanya pada demonstrasi Tiananmen 1989.

Sebagai orang beretnis Uighur, ia lahir di Beijing pada 17 Februari 1968 yang memiliki leluhur yang berasal dari Prefektur Otonomi Ili Kazakh, Xinjiang. Ia meraih ketenaran ketika belajar di Universitas Normal Beijing karena tindakan mogok makannya untuk mengecam Perdana Menteri Tiongkok Li Peng pada televisi nasional. Ia merupakan salah satu pemimpin utama Federasi Otonomi Pelajar Beijing pro-reformasi, dan membantu memimpin negosiasi dengan dengan para pejabat Tiongkok.

Ia sekarang tinggal di Taiwan, dimana ia bekerja sebagai komentator politik. Upayanya untuk menurunkan dirinya sendiri dalam otoritas Tiongkok membuatnya menjadi pembangkang paling banyak disorot pada tahun-tahun terkini. Ia dua kali maju untuk menjabat dalam Legislatif Yuan di Taiwan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Demonstrasi Tiananmen 1989