Konferensi Malta (1945)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Konferensi Malta
ARGONAUT
CRICKET
Franklin D. Roosevelt and Churchill in Malta - NARA - 196998.jpg
Franklin D. Roosevelt and Winston Churchill at the Malta Conference
Tuan rumah  Malta
Tanggal January 30 – February 3, 1945
Tempat Montgomery House
Kota Floriana, Malta
Peserta  United Kingdom
 United States
Selanjutnya Yalta Conference

Konferensi Malta diadakan dari tanggal 30 Januari sampai 3 Februari 1945 antara Presiden Franklin D. Roosevelt dari Amerika Serikat dan Perdana Menteri Winston Churchill dari Inggris Raya di pulau Malta. Tujuan dari konferensi ini adalah untuk merencanakan akhir pertempuran melawan Jerman dengan Kepala Staf Gabungan (Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat dan Kepala Staf Komite Inggris). Kedua pemimpin sepakat pada ketidakinginan Tentara Merah untuk maju ke Eropa Tengah.

Konferensi yang diberi nama kode dari ARGONAUT dan CRICKET, serta beberapa orang lainnya.

Konferensi Malta dimulai pada tanggal 30 Januari 1945, Roosevelt baru datang pada 2 Februari, hari terakhir konferensi.[1]

Peserta[sunting | sunting sumber]

Di antara para peserta Konferensi adalah Menteri luar Negeri AS Stettinius, Duta Besar Harriman, Harry L. Hopkins, Jenderal Angkatan Darat George C. Marshall, Armada Laksamana Ernest J. King, Laksamana Armada Leahy, Perdana Menteri Winston Churchill, Menteri Luar Negeri Inggris Anthony Eden, Mayor Jenderal Laurence S. Kuter (mewakili Jenderal AD H. H. Arnold yang berhalangan hadir karena sakit), Marsekal H. Maitland Wilson, Marsekal Sir Alan Brooke, Marsekal Sir Charles F. A. Portal, Laksamana Armada Sir  A. B. Cunningham, Jenderal Sir Hastings L. Ismay dan Mayor Jenderal Jacob.

Konferensi[sunting | sunting sumber]

Konferensi ini diadakan di Rumah Montgomery di Floriana

Menteri Luar Negeri AS Edward Stettinius pertama kali bertemu dengan rekannya dari Inggris Anthony Eden pada makan malam bersama pada hari Rabu, 31 Januari, yang dihadiri oleh Perdana Menteri Inggris Churchill dan anggota delegasi lainnya. Kedua menteri luar negeri tersebut telah pindah ke kapal penjelajah ringan Inggris HMS Sirius Quartier. Kapal itu berada di Grand Harbour di Malta. Pada hari Kamis, 1 Februari 1945, pagi-pagi sekali, Stettinius dan Eden pergi ke darat dan berjalan-jalan. Menurut Stettinius, memreka membahas beberapa isu yang akan dibahas di Yalta.

Pertemuan resmi pertama berlangsung pada hari yang sama di atas kapal HMS Sirius di Grand Harbour pukul 10.30 pagi. Ada juga tiga anggota Menteri Luar Negeri masing-masing. Diskusi terfokus pada zona pendudukan masa depan di Jerman dan Austria, berkenaan dengan Polandia, Persia, China dan Jerman, masalah pelabuhan bebas es untuk Uni Soviet, perbatasan Polandia-Jerman dan masa depan Austro-Yugoslavia, keputusan Soviet di Eropa Timur dan hubungan dengan tahanan perang dan penjahat perang. Dalam pertemuan lain pada hari yang sama, kali ini dengan Kepala Staf Marsekal dan Brooke, para menteri luar negeri diberi wewenang untuk menginformasikan Komisi Konsultasi Eropa di London mengenai masalah zona pendudukan di Jerman yang kedua pemerintahnya sepakat dengan zona tersebut. Pada malam tanggal 1 Februari, ada makan malam lagi bersama Perdana Menteri Churchill.

Pertemuan ini menunjukkan bahwa kerjasama AS – Inggris, dan mengkaji seluruh pengiriman kargo dan strategi di barat Laut Eropa.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Departemen luar Negeri Amerika Serikat Hubungan luar negeri Amerika Serikat. Konferensi di Malta dan Yalta 1945 Washington, D. c.: Pemerintah amerika SERIKAT Printing Office, 1945 lxxviii, 1032 p., [11] p. of plates: ill., dilipat maps (1 col.): 24 cm.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]