John Cena

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
John Cena
John Cena di bulan Mei 2016.
Nama ring John Cena
Mr. P[1]
The Prototype[2]
Tinggi disebutkan 6 ft 1 in (1,85 m)[3]
Berat disebutkan 251 lb (114 kg)[3]
Lahir 23 April 1977 (umur 40)[4] West Newburry, Masachussets, Amerika Serikat[5]
Diasalkan dari Classified (UPW)[2]
West Newbury, Massachusetts (WWE)[3]
Dilatih oleh Ultimate Pro Wrestling[2]
Ohio Valley Wrestling[1]
Debut 5 November 1999[6]

John Felix Anthony Cena Jr. (/ˈsnə/; lahir 23 April 1977; umur 40 tahun) adalah seorang pegulat ulung, seorang pemusik hip-hop dan seorang pelaku pria sandiwara berkebangsaan Amerika Serikat. Dia terdaftar di World Wrestling Entertainment (WWE) dan pernah tampil di WWE RAW. Sejak pertengahan tahun 2016, dia ditandai untuk bergulat di bagian Smackdown Live.

Selama John Cena memiliki riwayat kerjanya sebagai seorang pegulat ulung, ia telah memenangkan 13 kali WWE Champions dan 5 kali World Heavyweight Champions. Cena juga memenangkan 4 kali WWE United States Champions, 2 kali memenangkan World Tag Team Champions (Sekali dengan Shawn Michaels dan sekali dengan Batista) dan 2 kali WWE Tag Team Champions (Sekali dengan David Otunga dan sekali dengan The Miz). Dia juga memenangkan Royal Rumble di tahun 2008 dan Royal Rumble di tahun 2013.

John Cena mampu mendapatkan gelar WWE Championship setelah mengalahkan The Rock pada WrestleMania 29.

Pada saat Royal Rumble yang diadakan di tahun 2014, ia dikalahkan oleh Randy Orton untuk WWE World Heavyweight Championship. John Cena pun kembali gagal pada saat bertarung untuk WWE World Heavyweight Championship dalam acara Elimination Chamber di tahun 2014.

Pada saat malam senin acara RAW (Monday Night RAW), perseteruan antara John Cena dengan Bray Wyatt dari pihak Wyatt Family telah dimulai. Pada saat bertarung di acara RAW, kekalahan dialami John Cena dan bahkan diberi topeng Follow The Buzzard oleh Wyatt Family yang biasa dikenal dengan topeng domba. Pada saat WrestleMania ke-30, ia menghadapi Bray Wyatt. Ia berhasil mengalahkan Bray Wyatt dengan melancarkan Attitude Adjustment. John terus melakukan perseteruan dengan Wyatt Family. Dalam seminggu sebelum Extreme Rules tahun 2014, dia berbicara dalam acara RAW dalam sebuah kandang baja (atau steel cage). Ia memutuskan untuk menghadapi Bray dalam pertarungan kandang baja (Steel Cage Match) di acara Extreme Rules tahun 2014 dengan maksud agar tidak diganggu oleh anggota Wyatt Family yang lain. Walau begitu setelah mengetahui hasilnya, ia kalah menghadapi Bray Wyatt saat di Extreme Rules tahun 2014. John menantang Bray dalam pertarungan manusia yang terakhir berdiri (atau Last Man Standing Match) di acara Payback di mana ia menang.

John Cena ikut dalam pertandingan tangga untuk WWE World Heavyweight Championship melawan Alberto Del Rio, Bray Wyatt, Cesaro, Kane, Roman Reigns, dan Sheamus. Ia akhirnya pun memenangkannya setelah melakukan Attitude Adjustment kepada Randy Orton hingga mengenai Kane lalu menaiki tangga untuk mencapai WWE World heavyweight Champions. Brock Lesnar melalui Paul Heyman ingin melawan dia untuk gelar yang baru dimenangkannya itu pada acara SummerSlam lalu Brock menang setelah dihajar secara biadab dan keras. Triple H pun menyatakan bahwa John mendapatkan pertandingan ulang melawan Lesnar untuk WWE World Heavyweight Championship pada acara Night of Champions di mana ia menang melalui diskualifikasi setelah Seth Rollins menyerang Cena sehingga ia tidak dapat memenangkan gelar.

John memulai berseteru dengan Rollins. Ia harus melawan Dean Ambrose untuk melawan Seth Rollins, ia kalah dan akhirnya melawan Randy Orton untuk menjadi penantang pertama untuk WWE World Heavyweight Championship di acara Hell In A Cell di mana ia menang. Stephanie McMahon menawarkan John untuk menjadi anggota The Authority. Ia menolaknya dan akhirnya Vince McMahon menyatakan The Authority akan melawan regu Cena dengan tuntutan dan perincian bahwa kalau The Authority menang, semua anggota regu Cena akan dipecat kecuali dia sendiri, tetapi jika regu Cena menang, maka The Authority (Stephanie McMahon dan Triple H) tidak bisa memiliki kendali penuh terhadap WWE lagi. The Authority memilih Seth Rollins, Kane, Mark Henry, Luke Harper dan Rusev. Sementara regu Cena ada John Cena, Big Show, Dolph Ziggler, Erick Rowan dan Ryback. Akhirnya, regu Cena menang setelah Dolph Ziggler berhasil melakukan pinfall kepada Seth Rollins karena Sting datang dan mengganggu Triple H dengan melancarkan gerakan Scorpion Death Drop. Perseteruan antara John dan Seth berlanjut ketika pemimpin umum RAW yang tak dikenal memutuskan mengadakan pertandingan meja pada acara Tables, Ladders & Chairs. Tuntutan dan perinciannya yaitu jika Cena kalah, ia tak lagi menjadi penantang pertama untuk WWE World Heavyweight Championship. Ia menang setelah mengalahkan lawannya dengan melakukan Attitude Adjusment ke arah meja. Pada malam senin acara RAW (Monday Night RAW) yaitu ketika Edge bersama Christian menjadi penerima tamu dengan mengundang Seth Rollins. Christian dipukul dengan koper bertuliskan Money in the Bank milik Rollins. Edge marah lalu menerima Chokeslam dari Big Show. Seth ingin mematahkan leher Edge lalu Cena datang dan Seth menyatakan bahwa Cena harus memilih Rollins menyerang Edge atau mengembalikan The Authority. John memilih memgembalikan The Authority. Dolph Ziggler, Ryback dan Erick Rowan dipecat. Triple H memberi kesempatan untuk John Cena agar bisa mengembalikan mereka bertiga dalam pertandingan tiga lawan satu dengan melawan Seth Rollins, Big Show dan Kane yang dimenangkan oleh Cena setelah Sting datang dan mengalihkan perhatian Triple H, Big show, Kane dan Seth Rolins. Pada saat itu, kesempatan itu dimanfaatkan Cena untuk melakukan pinfall terhadap Seth Rollins dari belakang. Triple H memutuskan menambahkan Seth Rollins pada pertandingan tiga kali ancaman (Triple Threat Match) dengan melawan Brock Lesnar dan John Cena untuk WWE World Heavyweight Championship di acara Royal Rumble di mana pertandingan itu dimenangkan Brock Lesnar setelah melakukan Suplex F-5 kepada Seth Rollins.

Cena menantang Rusev di acara Fastlane tahun 2015 untuk WWE United States Championship. Namun, ia kalah setelah Rusev melakukan kuncian Accolade. Pada malam senin acara RAW (Monday Night RAW) di mana John Cena dan Rusev bertarung lagi, kuncian STF pun dilakukan John Cena kepada Rusev hingga akhirnya Lana yang berperan sebagai pemangku Rusev memutuskan untuk mengadakan pertandingan ulang untuk WWE United States Championship di acara Wrestlemania ke-31. Alhasil, sabuk juara WWE United States Championship dimenangkan oleh John Cena untuk keempat kalinya setelah melakukan Attitude Adjusment pada Rusev. John mengadakan tantangan terbuka untuk gelarnya itu yang mana penantangnya di antaranya adalah Dean Ambrose, Stardust, Bad News Barrett dan Kane lalu Cena tetap berhasil mempertahankannya. Perseteruan antara Rusev dan John Cena berlanjut ketika Rusev menantang Cena pada acara Extreme Rules di pertandingan Russian Chain. John Cena kembali berhasil mempertahankan gelarnya itu. John membuka tantangan untuk Heath Slater, tetapi Rusev datang menyerang Slater lalu kembali menantang Cena pada acara Payback di pertandingan "I Quit". John Cena juga berhasil mengalahkan Rusev di Payback. Saat Elimination Chamber digelar, jadwal yang ditetapkan untuk John Cena adalah dengan menghadapi Kevin Owens yang berkedudukan sebagai pegulat NXT saat itu. Pada 27 Juli 2015, hidung John Cena mengalami kerusakan saat berhadapan dengan Seth Rollins.

Riwayat Kerja (Karier)[sunting | sunting sumber]

World Wrestling Entertainment (WWE)[sunting | sunting sumber]

2002-2003[sunting | sunting sumber]

John Cena pertama kali tampil di televisi WWE untuk menjawab tantangan terbuka Kurt Angle pada 27 Juni 2002. Pada tanggal 27 April 2003, dia menantang Brock Lesnar untuk memerebutkan gelar WWE Champion, tetapi John Cena kalah setelah menerima F-5 dari Lesnar.

2004[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, ketenaran Cena mulai meningkat dan pada saat Wrestlemania ke-20 diadakan, ia memenangkan gelar pertamanya di WWE yaitu United States Champion setelah mengalahkan Big Show. Dalam acara No Mercy, Cena kembali memenangkan Gelar United States Champion setelah memenangkan partai final Best-of-5 Series dengan mengalahkan Booker T, tetapi John Cena kehilangan gelarnya karena dikalahkan debutan Carlito seminggu setelah No Mercy.

Setelah itu, dimulailah perseteruan antara John Cena dan Carlito, jalan cerita mengatakan Cena diserang di Boston Nightclub oleh pengawal (bodyguard) Carlito bernama Jésus hingga mengakibatkan ginjalnya cedera dan tidak tampil lagi di WWE selama sebulan. Padahal, John Cena sedang mempersiapkan filmnya yang berjudul The Marine. Setelah itu, dia kembali menghadapi Carlito dan berhasil merebut U.S Champion.

2005[sunting | sunting sumber]

Pada 3 April 2005, John Cena merebut WWE Championship dari JBL di Wrestlemania 21 setelah kehilangan gelar U.S Champion dari Orlando Jordan. John Cena pindah ke RAW setelah merebut sabuk kejuaraan WWE Champion.

2006[sunting | sunting sumber]

Setelah memenangkan Pertandingan Elimination Chamber di New Year Revolution, Edge menantang Cena dan mengalahkan Cena, tetapi, Cena merebut kembali gelarnya pada saat Royal Rumble. Di Wrestlemaia 22, Cena berhasil mengalahkan Triple H dan mempertahankan gelarnya. John Cena sempat kehilangan gelarnya oleh Rob Van Dam di ECW One Night Stand. Setelah itu, gelar WWE champions direbut oleh Edge. Ia menggunakan tema lagu yang baru dan berjudul "My Time Is Now"

Usaha John Cena untuk merebut Gelar WWE champion sempat gagal di Summerslam, tetapi pada saat Unforgiven diadakan, John Cena berhasil merebut gelar WWE setelah menang pada pertandingan TLC.

2007[sunting | sunting sumber]

John Cena berhasil mempertahankan gelarnya dari Umaga di New Year Revolution dan mengakhiri rekor tak terkalahkan Umaga. John Cena mendapat gelar World Tag Team Champion dengan Shawn Michaels setelah mengalahkan Edge dan Randy Orton.

Di Wrestlemania 23, John Cena kembali dapat mempertahankan gelarnya dari Shawn Michaels dan membuat Cena menjadi Double Winner, tetapi gelar World Tag team Champion direbut oleh Hardy Boyz.

Pada acara Backlash, John Cena akan berhadapan dengan Edge, Randy Orton, dan Shawn Michaels untuk mempertahankan WWE Championship.

Pada Oktober 2007, John Cena cedera dan gelarnya diberikan kepada Randy Orton pada acara No Mercy.

2008[sunting | sunting sumber]

John Cena kembali dari cedera pada acara Royal Rumble dan akhirnya memenangkan pertandingan Royal Rumble setelah mengeliminasi Triple H.

John Cena bergulat dengan Randy Orton pada acara No Way Out untuk gelar Randy Orton tetapi dia gagal.

John Cena dan Triple H kalah kepada Randy Orton di pertandingan Triple Threat di acara WrestleMania XXIV untuk gelar Randy Orton.

Pada episode RAW tanggal 4 Agustus 2008, John Cena dan Batista memenangkan gelar World Tag Team Championship dari Cody Rhodes dan Ted DiBiase, tetapi minggu depannya mereka kehilangan gelar mereka kepada Cody Rhodes dan Ted DiBiase juga.

Di acara SummerSlam 2008, John Cena bergulat dengan Batista dan akhirnya di pertandingan itu, dia mencederakan lehernya.

John Cena kembali bertanding di acara Survivor Series, di mana dia memenangkan World Heavyweight Championship dari Chris Jericho.

2009[sunting | sunting sumber]

Di acara No Way Out 2009, John Cena kehilangan gelar World Heavyweight Championship kepada Edge di Pertandingan Elimination Chamber.

Di acara WrestleMania XXV, John Cena mempertahankan gelarnya di pertandingan Triple Threat melawan Edge dan The Big Show

John Cena memenangkan WWE Championship dari Randy Orton di acara Breaking Point di Pertandingan I Quit.

John Cena kehilangan WWE Championhsip ke Randy Orton di acara Hell in a Cell 2009 di Pertandingan Hell in a Cell.

John Cena memenangkan WWE Championship sekali lagi dari Randy Orton di acara Bragging Rights 2009 di Pertandingan Iron Man.

John Cena Kehilangan WWE Championship ke Sheamus di acara TLC: Tables, Ladders & Chairs di Pertandingan Meja

2010[sunting | sunting sumber]

John Cena memenangkan WWE Championship dari Sheamus di pertandingan Elimination Chamber di acara WWE Elimination Chamber tetapi setelah itu Vince McMahon memerintahkan John Cena untuk melawan Batista dengan gelarnya sebagai taruhan, dan dia kalah.

John Cena memenangkan WWE Championship dari Batista di acara WrestleMania XXVI.

Di acara Extreme Rules, John Cena mempertahankan gelarnya dari Batista di pertandingan Last Man Standing.

Di acara Over The Limit, John Cena mempertahankan gelarnya sekali lagi dari Batista di pertandingan I Quit.

Di acara Fatal 4 Way John Cena kehilangan gelar WWE Championship kepada Sheamus di pertandingan Fatal 4 Way yang juga melibatkan Randy Orton dan Edge setelah rookie NXT musim pertama yang bernama The Nexus turut campur.[7]

Di acara Money in the Bank John Cena melawan Sheamus di Pertandingan Steel Cage untuk WWE Championship, dia kalah di pertandingan ini setelah The Nexus turut campur lagi.[8]

Di acara SummerSlam John Cena dan grup yang dibentuknya melawan The Nexus.[9]

Di Acara Hell in a Cell John Cena kalah ke pemimpin The Nexus, Wade Barrett membuat dia anggota Nexus..[10]

John Cena dan David Otunga, salah satu anggota Nexus memenangkan WWE Tag Team Champions di acara Bragging Rights dari Cody Rhodes dan Drew McIntyre.[11] Akan tetapi besoknya di episode RAW mereka kalah kepada anggota Nexus yang lain yaitu Justin Gabriel dan Heath Slater setelah perintah dari Wade Barrett.[12]

Pada acara Survivor Series, karier John Cena berada di tangannya sebagai dia menjadi wasit pertandingan antara Randy Orton dan Wade Barrett untuk gelar Randy Orton. Jika Randy Orton menang, dia akan dipecat dari WWE, akan tetapi jika Wade Barrett dia akan keluar dari grup Nexus. Di acara itu, Randy Orton berhasil mempertahankan gelarnya dan juga mengakhiri karier John Cena (kayfabe) di WWE.[13]

2011[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, John Cena gagal memenangkan royal rumble karena dieleminasi oleh The Miz, karena Albelto Del Rio memilih pertandingan World Heavyweight Championship di Wrestlemania 26, John Cena mengikuti pertandingan kualifikasi di Elimination Chamber untuk pertandingan WWE Championship Di Wrestlemania. Pada tanggal 1 Mei 2011 John Cena berhasil merebut kembali gelar WWE Championship dari tangan The Miz, melalui battle Extreme Rules Triple Threat Steel Cage.

2012[sunting | sunting sumber]

tahun 2012, John Cena gagal mempertahankan WWE Championship setelah dikalahkan CM Punk. Karena CM Punk ingin keluar dari label WWE Lalu COO WWE (World Wrestling Entertainment), Triple H memutuskan untuk membuat WWE Championsip baru untuk di perebutkan, dan akhirnya setelah melalui beberapa pertandingan ada dua finalis yang memperebutkan WWE Championship, yaitu John Cena dan Rey Mysterio. Sudah bisa di tebak John Cena lah yang berhasil membawa pulang kembali WWE Championship nya. jika CM Punk masih di WWE maka akan ada dua orang yang memiliki WWE champioship. Pada saat monday night RAW tiba-tiba CM Punk kembali ke RAW dengan WWE Championship yang sama persis dengan yang dimiliki John Cena, Akhirnya Triple H selaku COO WWE bertindak dengan mengadakan pertandingan bertajub "Undisputed Champion" di mana pemenang akan mendapat title WWE yang Asli, tetapi sangat di sayangkan John Cena harus merelakan WWE Championship jatuh ke tangan CM Punk untuk kedua kalinya.

2013[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2013, John Cena memenangkan Royal Rumble setelah mengeliminasi Ryback dan berhak memilih pertandingan yang akan dijalani di Wrestlemania XXIX, karena John Cena kalah di Wrestlemania XXVIII taun sebelumnya melawan The Rock dalam "Once in a Lifetime Match", dia memilih untuk bertanding ulang melawan The Rock untuk memperebutkan WWE Championship yang sementara dipegang The Rock. Di Wrestlemania XXIX, John Cena berhasil mengalahkan The Rock sekaligus membalas kekalahan musim lalu dan berhak membawa WWE Championship untuk ke-12 kalinya. John Cena berhasil mempertahankan gelar WWE Championship sampai Summerslam, sebelum akhirnya dia dikalahkan oleh Daniel Bryan dan harus kehilangan gelarnya, dan dia juga harus absen karena luka besar di siku kirinya. Dia kembali ke PPV Hell In A Cell, dan mendapatkan kesempatan untuk menghadapi Alberto Del Rio, untuk gelar World Heavywheight Champions. Dan setelah sekitar 30 menit pertandingan berlangsung, John Cena menang dan mendapatkan gelar World Heavyweight Champion dari Alberto Del Rio Dan mempertahanken kembali gelarnya di Survivor Series 2013. Dia pun memulai feud dengan Randy Orton yang saat itu menjadi WWE Champions. Mereka bertanding di TLC (Table Ladder and Chair) 2013, namun John Cena harus kalah dari Randy Orton dan Orton berhasil menjadi WWE World Heavywheight Champion yang pertama. John Cena melanjutkan feudnya dengan Randy Orton hingga Royal Rumble 2014 di mana dia kalah setelah Wyaat Family melakukan interference dalam pertandigan tersebut.

2016[sunting | sunting sumber]

Berkas:JohnCenaInDifferentOutfit.PNG
Cena telah kembali sejak 30 Mei 2016 dengan mengenakan perlengakapan pakaian yang berbeda setelah menjalani pembedahan untuk cederanya selama 5 bulan.

John Cena harus menjalani pembedahan cedera bahu yang dia alami pada 7 Januari 2016 dan tidak diungkapkan berapa lama pembedahan tersebut.[14]

Cena kembali hadir dalam WrestleMania ke-32 dengan membantu The Rock dalam menangani The Wyatt Family.[15] Cena pun dapat hadir seperti biasa sejak 30 Mei 2016, itu empat bulan lebih dini berdasarkan apa yang ternyana terhadap jenis cedera yang John Cena alami.[16] Cena harus bertatapan muka dengan AJ Styles setelah AJ Styles menyerang Cena dari belakang lalu bergabung bersama Luke Gallows dan Karl Anderson.[17] Kemudian, diadakan sebuah pertarungan antara Cena dan Styles pada acara Money in the Bank[18] yang dimenangkan oleh AJ Styles setelah Luke Gallows dan Karl Anderson ikut campur tangan dengan menghajar Cena.[19] Pada 4 Juli 2016 dalam episode RAW, sekali lagi John Cena dihajar oleh AJ Styles, Karl Anderson dan Luke Gallows. Akan tetapi, dia dapat diselamatkan oleh Enzo Amore dan Big Cass. Tak lama pasca hal tersebut, diadakanlah pertarungan kerjasama regu antar enam orang (six-man tak team match) pada acara Battleground.[20]

Dalam Bergulat[sunting | sunting sumber]

Gerakan Penyelesaian[sunting | sunting sumber]

  • Attitude Adjustment[21] / F–U[22]WWE
  • Killswitch (OVW) / Proto–Bomb[2] (UPW) – OVW / UPW; digunakan sebagai gerakan regular di WWE
  • STF[21] / STF–U[22] – 2005–sekarang; WWE

Signature moves[sunting | sunting sumber]

  • Diving leg drop bulldog[23] – 2005–sekarang
  • Dropkick, kadang-kadang dari tali di atas [1] – 2000–2002
  • Fisherman suplex[1][23]
  • Five Knuckle Shuffle[24]
  • Running leaping shoulder block[1]
  • Running one–handed bulldog[23]
  • Sitout hip toss[1]
  • Spinebuster[1] – 2000–2005
  • Thesz press diikuti dengan tinjuan[1]
  • Throwback[1][23]
  • Twisting belly to belly suplex[23]
  • Vertical suplex[25]

Nama Panggilan[sunting | sunting sumber]

  • "The Doctor of Thuganomics"[26]
  • "The Champ"[27]
  • "The Chain Gang Commander"
  • "The Chain Gang Soldier"

Manajer[sunting | sunting sumber]

Lagu Tema[sunting | sunting sumber]

Penghargaan yang pernah diraih[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j "John Cena profile". Online World of Wrestling. Diakses tanggal 2007-07-03. 
  2. ^ a b c d "UPW: John "Prototype" Cena". UPW. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-17. Diakses tanggal 2008-03-13.  Kesalahan pengutipan: Invalid <ref> tag; name "UPW" defined multiple times with different content
  3. ^ a b c "John Cena". WWE. Diakses tanggal 2010-12-14. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama slam
  5. ^ Keck, William (2006-10-08). "A new action star/femme fatale pairing?". USA Today. Diakses tanggal 2007-03-27. At his Tampa home, Cena maintains a humidor that holds more than 300 cigars. 
  6. ^ "John Cena " Wrestlers Database " CAGEMATCH – The Internet Wrestling Database". Cagematch.net. Diakses tanggal August 3, 2014. 
  7. ^ Eck, Kevin (2010-06-21). "Fatal Fourway thoughts". The Baltimore Sun. Diakses tanggal 2010-06-21. 
  8. ^ Adkins, Greg (2010-07-18). "Results: Bank robbery". World Wrestling Entertainment. Diakses tanggal 2010-08-13. 
  9. ^ Adkins, Greg (2010-08-15). "Results: The Seventh Sign". World Wrestling Entertainment. Diakses tanggal 2010-08-16. 
  10. ^ Hillhouse, Dave (2010-10-04). "Hell in a Cell: Betrayal, fan interference, and flying shoes". Slam! Sports. Canadian Online Explorer. Diakses tanggal 2010-10-04. 
  11. ^ Sokol, Bryan (2010-10-25). "Cena central to Bragging Rights; Smackdown wins again". Slam! Sports. Canadian Online Explorer. Diakses tanggal 2010-10-26. 
  12. ^ Wilkenfeld, Daniel (2010-10-25). "Caldwell's WWE Raw results 10/25: Complete "virtual time" coverage of live Raw following Bragging Rights, Bryan vs. Ziggler". Pro Wrestling Torch. Diakses tanggal 2010-10-26. 
  13. ^ Plummer, Dale; Tylwalk, Nick (2010-11-22). "The fate of Cena is finally decided at so-so Survivor Series". Slam! Sports. Canadian Online Explorer. Diakses tanggal 2010-11-22. 
  14. ^ Wortman, James (8 Januari 2016). "John Cena undergoes shoulder surgery". WWE. Diakses tanggal 13 Januari 2016. 
  15. ^ Adkins, Greg. "John Cena returns and joins The Rock at WrestleMania". WWE.com. Diakses tanggal 4 April 2016. 
  16. ^ Pappolla, Ryan. "John Cena announces his return date on Twitter". WWE. Diakses tanggal 27 April 2016. 
  17. ^ Tedesco, Mike. "WWE RAW RESULTS – 5/30/16 (LIVE RESULTS FROM GREEN BAY, AJ STYLES AND THE CLUB ATTACK JOHN CENA, SIX MAN TAG MAIN EVENT)". Wrestleview. Diakses tanggal 30 Mei 2016. 
  18. ^ Clapp, John. "John Cena vs. AJ Styles". WWE. Diakses tanggal 3 Juni 2016. 
  19. ^ Caldwell, James. "6/19 WWE MITB PPV Results – CALDWELL’S Complete Live Report". Pro Wrestling Torch. Diakses tanggal 19 Juni 2016. 
  20. ^ Caldwell, James. "7/4 WWE Raw Results – CALDWELL’S Complete Live TV Report". Pro Wrestling Torch. Diakses tanggal 4 Juli 2016. 
  21. ^ a b "Home > Superstars > Raw > John Cena > Bio". WWE.com. World Wrestling Entertainment. Diakses tanggal 3 February 2009. 
  22. ^ a b "John Cena Bio". World Wrestling Entertainment (archived). Diakses tanggal 2009-03-04. 
  23. ^ a b c d e Golden, Hunter (2009-01-13). "Raw Results – 1/12/09 – Sioux City, IA". WrestleView.com. Diakses tanggal 2009-03-25. 
  24. ^ "Five Knuckle Shuffle". John Cena > Photos. WWE. Diakses tanggal 2008-02-20. 
  25. ^ Caldwell, James (2009-07-27). "Caldwell's WWE Raw Report 7/27: Ongoing "virtual time" coverage of Shaq hosting Raw". Pro Wrestling Torch. Diakses tanggal 2009-11-17. 
  26. ^ "John Cena And Method Man: Thuganomics 101". MTV News. 2004-03-12. Diakses tanggal 2009-03-26. 
  27. ^ Dunham, Jeremy (2006-10-23). "IGN: SmackDown Countdown 2006: John Cena". IGN (News Corporation). Diakses tanggal 2009-03-26. 
  28. ^ "OVW Heavyweight Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  29. ^ "OVW Southern Tag Team Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  30. ^ "Feud of the Year". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  31. ^ "Match of the Year". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2008-04-17. 
  32. ^ "Most Improved Wrestler of the Year". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  33. ^ "Most Popular Wrestler of the Year". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  34. ^ "Wrestler of the Year". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  35. ^ "Pro Wrestling Illustrated Top 500 – 2006". Wrestling Information Archive. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  36. ^ "2007 PWI 500 edition of Pro Wrestling Illustrated – cover". Pro Wrestling Illustrated. Diakses tanggal 2007-09-03. 
  37. ^ "UPW Heavyweight Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-04-12. 
  38. ^ "World Heavyweight Championship title history". World Wrestling Entertainment. Diakses tanggal 2008-12-12. 
  39. ^ "WWWF/WWF/WWE World Tag Team Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  40. ^ "WWWF/WWF/WWE World Heavyweight Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-05-17. 
  41. ^ "WWWF/WWE United States Heavyweight Title". Wrestling-Titles. Diakses tanggal 2007-05-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]