Bumblebee (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bumblebee
SutradaraTravis Knight
Produser
Skenario
Berdasarkan
Bumblebee
oleh Hasbro
Pemeran
SinematograferEnrique Chediak
PenyuntingPaul Rubell
Perusahaan
produksi
DistributorParamount Pictures
Tanggal rilis
  • 21 Desember 2018 (Amerika Serikat)
  • 19 Desember 2018 (Indonesia)
Durasi114 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$137 juta
Pendapatan
kotor
$ 468 Juta

Bumblebee: The Movie (juga dikenal sebagai Transformers Universe: Bumblebee atau hanya Bumblebee) adalah film aksi fiksi ilmiah Amerika tahun 2018 yang disutradarai oleh Travis Knight dengan sebuah skenario oleh Christina Hodson. Ini adalah spin-off dalam serial film live-action Transformers, berdasarkan karakter Transformers dengan nama yang sama, dan berfungsi sebagai prekuel Transformers (2007). Bintang film Hailee Steinfeld, John Cena, Jorge Lendeborg Jr., Rachel Crow, dan Pamela Adlon. Fotografi utama film ini dimulai pada 31 Juli 2017, di Los Angeles dan San Francisco, California.

Ini adalah film pertama dalam franchise yang tidak disutradarai oleh Michael Bay, meski ia tetap akan berperan sebagai produser. Film ini dirilis pada tanggal 21 Desember 2018 oleh Paramount Pictures.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Berlangsung 20 tahun sebelum peristiwa film pertama, yang akan menjadi tahun 1987, Bumblebee berlindung di sebuah tempat barang rongsokan pantai California kecil. Seorang gadis remaja bernama Charlie Watson belajar bahwa itu bukan Volkswagen Beetle biasa.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Bumblebee dirilis pada 21 Desember 2018 untuk Amerika serikat dan 19 Desember 2018 untuk Indonesia oleh Paramount Pictures, setelah awalnya ditetapkan untuk rilis 9 Juni 2018.

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup keuntungan sebanyak $52,1 juta dari seluruh dunia. Indonesia menyumbang $4,9 juta atau sekitar 1.654.000 penonton.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]