Wrestling Observer Newsletter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wrestling Observer Newsletter
EditorDave Meltzer
Bryan Alvarez
KategoriProfessional wrestling
Didirikan1982
NegaraAS
BahasaBahasa Inggris
Situs webhttp://www.f4wonline.com/

Wrestling Observer Newsletter (WON) adalah buletin yang mencakup gulat profesional dan seni bela diri campuran.

Didirikan pada tahun 1982 oleh Dave Meltzer, situs web Wrestling Observer bergabung dengan situs web Figure Four Weekly milik Bryan Alvarez pada tahun 2008, menjadi Wrestling Observer Figure Four Online. Isi dari buletin ditawarkan dalam bentuk cetak dan digital. Buletin ini sering dianggap sebagai "dirt sheet" pertama, yang merupakan publikasi gulat yang mencakup seni dari perspektif kehidupan nyata.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal dari Wrestling Observer Newsletter kembali pada tahun 1980, ketika Meltzer memulai jajak pendapat tahunan di antara mereka dengan siapa ia berkorespondensi mengenai gulat profesional. Menurut Meltzer, dia hanya penggemar pada awalnya. Tidak lama kemudian, ia mulai mempertahankan daftar perdagangan kaset, dan kadang-kadang mengirim hasil pertandingan dan pembaruan berita bersama dengan pembaruan kaset. Meltzer menyatakan bahwa dia ingin menjaga teman-temannya di perguruan tinggi "dalam lingkaran" untuk perdagangan kasetnya serta kejadian dalam bisnis, karena majalah gulat melayani demografis yang agak lebih muda.[2]

Hal ini mengarah langsung pada pembentukan WON, yang pertama kali diterbitkan Meltzer pada tahun 1982 sebagai cara untuk memberi tahu penggemar tentang berbagai wilayah gulat yang mungkin tidak disadari atau tidak dapat diakses oleh pembaca. WON telah diterbitkan sejak awal dari berbagai komunitas di California Utara, kecuali untuk periode enam bulan pada akhir 1983 dan awal 1984 ketika Meltzer tinggal di Wichita Falls, Texas. Untuk sebagian besar keberadaannya, buletin ini diterbitkan dari Campbell, California, pinggiran kota San Jose. Publikasi ini awalnya merupakan publikasi 16 hingga 24 halaman pada kertas 8 1/2 x 14 inci, dan diterbitkan kira-kira setiap dua atau tiga minggu.

Meltzer memikirkan perubahan karier selama pertengahan 1980-an. Dia akan disewa untuk meliput sepak bola sebagai gantinya dan hanya berkontribusi pada buletin gulat lainnya.[3] Pada tahun 1985, ia mengumumkan bahwa ia akan berhenti publikasi, mengutip ketidaktertarikan dalam lanskap gulat saat itu dan terlalu banyak waktu yang harus dihabiskan untuk pembukuan dan milis.[3] Pada saat itu, ia terus menawarkan WON secara "sementara" sebagai mingguan 8 halaman pada kertas 81/2-kali-11 inci hanya untuk mengisi sisa langganannya.[3] Tanggapan pembaca meyakinkannya untuk mengejar WON sebagai karirnya sebagai gantinya. Dia mulai menulis WON penuh waktu pada tahun 1987, mempertahankan format 8 halaman yang lebih kecil. Pada titik ini, Meltzer mulai membuat penampilan di acara-acara gulat besar, pada awalnya sebagian besar di Jepang. Dia terlihat sebagai penonton di barisan depan di Chi-Town Rumble pada tahun 1989, duduk di sebelah Brad Muster, yang pada saat itu seorang fullback dari Chicago Bears.

Tahun-tahun awal WON juga ditandai dengan mengungkapkan berita orang dalam dan berbagai kejadian di balik layar di industri, pendekatan inovatif di era kayfabe-heavy.[4] Pendekatan Meltzer diuntungkan dari kontak profesional, perspektif historis, dan analisisnya sendiri tentang tren, data, dan peristiwa. "Montreal Screwjob" WWE 1997 diliput secara mendalam oleh WON, termasuk acara di belakang panggung, termasuk dari Bret Hart sendiri. Meltzer menerbitkan bukti berbasis data yang menunjukkan angka rekor kehadiran yang meningkat untuk WrestleMania III dan 23. Dia memberi ruang yang luas untuk berbagai skandal gulat, termasuk persidangan steroid Vince McMahon tahun 1990-an, investigasi pembunuhan Chris Benoit, dan tingkat kematian berbahan bakar narkoba yang tinggi dalam jajaran gulat. Buletinnya juga dikenal karena artikel panjang tokoh-tokoh gulat yang telah meninggal, serta keinginan untuk mencatat kematian setiap tokoh gulat yang mungkin, tidak peduli seberapa kecil.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brian Solomon; Pro Wrestling FAQ: All That's Left to Know About the World's Most Entertaining Spectacle; 2015 Page ?
  2. ^ Benaka, Lee (1991). "The Lee Benaka Interviews - Dave Meltzer". Benaka, Lee. Death Valley Driver Video Review. Diakses tanggal 2007-07-11. 
  3. ^ a b c Wrestling Observer Newsletter, 1985-04-15 
  4. ^ Funk, Terry; Williams, Scott (2005). Terry Funk: The Hardcore Legend (edisi ke-1st ed. paperback). Champaign IL: Sports Publishing. hlm. 125. ISBN 1-58261-991-3. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]