Pembunuhan ganda dan bunuh diri Chris Benoit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Chris Benoit
BenoitInTheRing.jpg
Lokasi Fayetteville, Georgia, Amerika Serikat
Tanggal 22–25 Juni 2007 (Zona Waktu Timur)
Jenis serangan Pembunuhan-bunuh diri
Korban tewas 3 (termasuk pelaku)
Chris Benoit

Pembunuhan ganda dan bunuh diri Chris Benoit merupakan sebuah peristiwa tragis yang terjadi selama tiga hari berakhir pada tanggal 24 Juni 2007. Seorang pegulat profesional World Wrestling Entertainment (WWE) bernama Chris Benoit membunuh istrinya, Nancy Benoit serta mencekik anaknya yang berusia tujuh tahun, Daniel. Setelah itu, ia kemudian gantung diri. Hasil otopsi menunjukkan bahwa Benoit pertama-tama membunuh istrinya dengan kaki dan pergelangan tangan terikat serta meninggal karena sesak napas pada hari Jumat. Fayette County Jaksa Scott Ballard mengatakan pada konferensi pers bahwa ia dibungkus dengan handuk dan darah ditemukan di bawah kepala namun tidak ada tanda-tanda perlawanan lain. Anak dari pasangan itu yang juga meninggal karena kekerasan fisik yang rupanya tewas saat ia berbaring di tempat tidur pada hari Sabtu pagi beberapa jam sebelum Benoit menggantungkan diri di kamar berat badannya. Benoit menempatkan salinan Alkitab di samping tubuh istri dan anaknya serta di mesin berat badannya. Sejak saat itu, banyak dugaan atas penyebab perbuatannya yang diantaranya adalah gegar otak, penyalahgunaan steroid, dan perkawinan gagal dengan istrinya. Pembunuhan tersebut menjadikan catatan di berbagai media serta penyelidikan federal ke penyalahgunaan steroid pada gulat profesional.

Kontroversi Wikipedia[sunting | sunting sumber]

Pernyataan seputar kematian Nancy Benoit ditambahkan ke artikel Chris Benoit di Wikipedia bahasa Inggris 14 jam sebelum polisi menemukan jasad Benoit dan keluarganya. Penambahan fakta yang mirip ramalan ini awalnya dilaporkan di Wikinews, kemudian di Fox News Channel. Artikel tersebut awalnya mencantumkan kalimat "Chris Benoit was replaced by Johnny Nitro for the ECW World Championship match at Vengeance, as Benoit was not there due to personal issues, stemming from the death of his wife Nancy." Frasa "stemming from the death of his wife Nancy" ditambahkan pada pukul 12:01 EDT tanggal 25 Juni,[1] sementara kepolisian Fayette County menemukan jenazah keluarga Benoit padap pukul 14:30 EDT (14 jam, 29 menit kemudian). Alamat IP editornya berada di Stamford, Connecticut, yang juga merupakan lokasi kantor pusat WWE.[2] Setelah berita pemberitahuan awal ini masuk media massa, sang editor anonim tersebut menulis di Wikinews bahwa suntingannya adalah "kebetulan luar biasa dan tidak lebih."[3][4]

Penyidik "menyita perangkat komputer dari [orang] yang bertanggung jawab atas suntingan tersebut" dan menyebut suntingan ini "hambatan" terhadap investigasi mereka, tetapi mereka percaya ia tidak terlibat dan tidak memberikan tuduhan apapun.[5][6] Orang tersebut rupanya menemukan sejumlah rumor di Internet[7] yang mendukung teorinya tentang "keadaan darurat keluarga" Benoit sebagaimana yang diberitakan. IP yang dipakai untuk menyunting Wikipedia pernah terlibat dalam vandalisme artikel Ron Artest, Stacy Keibler, dan Naugatuck, Connecticut.[8]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edit to Chris Benoit Wikipedia entry on June 25, 2007, 04:01 UTC
  2. ^ Bachelor, Blane (2007-06-28). "Web Time Stamps Indicate Benoit Death Reported About 14 Hours Before Police Found Bodies". Fox News Channel. Diakses 2008-05-21. 
  3. ^ "Anonymous poster comments on Wikinews". 
  4. ^ "User admits 'death' editing on Wikipedia 14 hours before bodies found". The Atlanta Journal-Constitution. 2007-06-28. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2007-07-01. Diakses 2008-05-21. 
  5. ^ Schoetz, David (2007-06-29). "Police: Wiki Confession an 'Unbelievable Hindrance'". ABC News. Diakses 2008-05-21. 
  6. ^ Lowe, Zach (2007-07-03). "Stamford teen posted entry on death of wrestler's wife" (PDF). The Advocate (Hearst Corporation). Diarsipkan dari aslinya tanggal October 30, 2008. Diakses 2008-08-21. 
  7. ^ Gibson, Jano (2008-06-29). "Benoit mystery's Wiki twist: I did it". The Sydney Morning Herald (Fairfax Media). Diakses 2008-08-21. 
  8. ^ Corey Spring (2007-06-29). "The College Student Who 'Knew' About the Benoit Murder-Suicide Before Police". Newsvine. Diakses 2008-05-21. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]