Sejarah Wikipedia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Wikipedia bahasa Inggris telah berkembang menjadi lebih dari 3,5 juta artikel.

Proposal terawal mengenai ensiklopedia daring dicetuskan oleh Rick Gates pada 1993,[1] namun konsep ensiklopedia daring sumber terbuka berbasis web dicetuskan beberapa tahun kemudian oleh Richard Stallman sekitar tahun 1999. Kemudian pada tahun 2000 bernama Nupedia oleh Jimmy Wales dan dibantu oleh Timnya dengan model situs web. Wales menyadari bahwa model seperti itu telah gagal karena terlalu lambat dalam proses artikelnya. Proses ini memakan waktu lama dan menghambat pertumbuhan portal web-nya.[2] Melihat hal tersebut, Wales beserta timnya merubah pola mengiriman artikel dengan mengizinkan jumlah kiriman maksimum dalam satu topik, serta memungkinkan pengguna melakukan pengeditan. Namun setelah berjalan proses terbarunya, Wales dan timnya ragu dengan kualitas konten yang akan dihasilkan.Pada akhirnya Wales menemukan kesalahan dari para artikel yang masuk tetapi mendapatkan sebuah informasi lebih penting. Alhasil, Wales memulai Wikipedia dengan harapan bahwa situs itu akan menjadi portal dimana semakin banyak informasi akan terkumpul.[3] Wikipedia secara formal dilluncurkan pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan konsep dan teknologi wiki yang dirintis Ward Cunningham. Awalnya, Wikipedia dibentuk untuk melengkapi Nupedia, sebuah proyek ensiklopedia daring yang disunting secara sukarela oleh para ahli dengan memberikan artikel draf tambahan dan ide untuknya. Wikipedia dengan cepat melampaui Nupedia, menjadi proyek global dalam berbagai bahasa dan menginspirasi serangkaian besar proyek referensi tambahan. Hari ini, Wikipedia memiliki 15 juta artikel yang bebas digunakan dalam lebih dari 200 bahasa di seluruh dunia yang ditulis oleh sejuta akun pengguna terdaftar dan kontributor anonim yang tidak terhitung jumlahnya.[4][5][6]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PACS-L Listserv message "The Internet Encyclopedia", Oct 25, 1993". Listserv.uh.edu. 25 October 1993. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-16. Diakses tanggal 13 April 2010. 
  2. ^ Panji, Aditya (06 November 2014). "DI BALIK LAYAR WIKIPEDIA, Sejarah Perjalanan Ensiklopedia Wikipedia". CNN Indonesia. Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  3. ^ Maulida, Lely (14 September 2017). "OKEZONE STORY: Kisah Jimmy Wales sang Pendiri Wikipedia yang Doyan Jelajah Internet". Okezone.com. Diakses tanggal 19 Februari 2021. 
  4. ^ "Wikipedia Statistics, Article count (official)", Wikimedia.org. Retrieved 04-16-2010.
  5. ^ "Wikipedia Statistics, Site Map", Wikimedia.org. Retrieved 04-16-2010.
  6. ^ "Wikipedia Statistics, All Languages", Wikimedia.org. Retrieved 04-16-2010.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "thehive" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "bbc unblocked in china" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ap article blocked in uk" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "internet watch foundation statement" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]