Pemadaman Wikipedia bahasa Inggris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pemadaman Wikipedia bahasa Inggris adalah pemadaman yang dilakukan oleh Wikipedia bahasa Inggris pada tanggal 1819 Januari 2012 selama 24 jam.[1] Di tempat artikel, situs hanya menunjukkan pesan menentang Stop Online Piracy Act (SOPA) dan PROTECT IP Act (PIPA), undang-undang yang sedang diusulkan di dalam Kongres Amerika Serikat.

Pada tanggal 16 Januari, pemadaman ini diumumkan oleh pendiri Wikimedia Jimmy Wales dan Direktur Eksekutif Wikimedia Foundation Sue Gardner setelah melakukan jajak pendapat kepada komunitas penyunting selama 72 jam. Jajak pendapat umum ini merupakan penerusan diskusi di forum kecil Wikipedia beberapa minggu sebelumnya. Tanggal yang dipilih bertepatan dengan aksi serupa yang dilakukan situs lain, seperti Reddit, dan berlangsung selama 24 jam pada 18 Januari pukul 05.00 UTC.

Sebelum protes berlangsung[sunting | sunting sumber]

Panji yang mengumumkan pemadaman yang akan segera berlangsung di Wikipedia bahasa Inggris, yang berbunyi: "Harap diingat: Dalam kurang dari 23 jam lagi, Wikipedia bahasa Inggris akan dihitamkan secara global untuk memrotes SOPA dan PIPA".
Sue Gardner di Wikimedia Foundation membahas Pemadaman Wikipedia bahasa Inggris pada sore hari tanggal 17 Januari 2012
Para staf Wikimedia Foundation saat pemadaman berlangsung

Pada tanggal 10 Desember 2011, pendiri Wikipedia Jimmy Wales memikirkan kekhawatirannya terhadap SOPA, yang dia gambarkan sebagai "hukum yang jauh lebih buruk" dari DDL Intercettazioni (RUU Penyadapan) yang terkenal di Italia beberapa bulan sebelumnya[2], yang sedang dilacak cepat oleh Kongres atas "judul yang menyesatkan". Dia menyatakan dia menghadiri pertemuan tingkat tinggi mengenai masalah ini, dan ingin mengukur rasa komunitas Wikipedia bahasa Inggris terhadap masalah ini, dan secara khusus ingin mengetahui bagaimana pemadaman serupa dapat berhasil dilakukan oleh penyunting Wikipedia bahasa Italia di bulan Oktober 2011 menentang usulan hukum penyensoran media di negera itu:[3]

"Saya pikir ini akan menjadi waktu yang baik untuk membaca secara cepat apa yang dirasakan oleh komunitas terkait masalah ini..... Untuk memperjelas, ini BUKANLAH sebuah jajak pendapat pada perlukah atau tidak perlukah diadakan pemogokan. Ini hanyalah sebuah jajak pendapat untuk mengetahui niat secara keseluruhan. Jika hasil jajak pendapat ini adalah dengan tegas 'menentang' [SOPA dan PIPA] maka saya akan segera mengetahuinya dari sekarang. Namun walaupun jika hasil jajak pendapat ini adalah dengan tegas 'mendukung', kami pastinya akan menjalankan proses yang lebih panjang untuk mendapatkan semacam konsensus di berbagai parameter, pemicu, dan waktu."

Setelah diskusi informal awal yang mendapatkan respon positif, konsultasi formal berjudul "Inisiatif SOPA" (lihat en:Wikipedia:SOPA initiative) dibuka oleh komunitas untuk mempertimbangkan usulan-usulan spesifik dan opsi yang dipilih. Hal ini termasuk masalah lokasi (apakah hanya di Amerika Serikat atau di seluruh dunia), dan apakah konten harus dinonaktifkan sepenuhnya atau masih dapat diakses setelah mengeklik halaman.

Saat protes berlangsung[sunting | sunting sumber]

Tampilan layar halaman Wikipedia bahasa Inggris pada saat pemadaman 18 Januari berlangsung.
Halaman utama dari Wikipedia bahasa Jepang dan Wikipedia bahasa Belanda pada 18 Januari, yang mengemukakan dukungannya atas aksi pemadaman ini.

Berdasarkan hasil diskusi, dilakukanlah pemadaman 24 jam secara global pada 18 Januari yang mematikan fungsi membaca dan menyunting secara normal. Hal ini diteguhkan dengan sekitar 90% suara dari 1.800 penyunting yang menyetujui tindakan pemadaman ini.[4]

Tindakan pemblokiran dengan sengaja dibuat tidak sempurna, pengguna masih dapat mengakses konten Wikipedia melalui antarmuka ponsel atau situs salinan, atau jika mereka mematikan Javascript atau dengan fungsi peramban web lainnya.[5][6][7]

Berdasarkan hasil diskusi, tindakan ini hanya mempengaruhi Wikipedia bahasa Inggris saja; sedangkan edisi bahasa dan proyek Wikimedia lainnya diizinkan secara bebas memutuskan apakah mereka ingin mengadakan protes mereka sendiri atau tidak, mengingat dampak pontensial dari undang-undang ini di seluruh dunia, dan akan mendapat dukungan teknis dari Wikimedia Foundation.[4] Setidaknya ada 30 versi bahasa lainnya dari Wikipedia yang ikut ambil bagian dalam bentuk protes pada 18 Januari 2012.[8]

Saat pemadaman berlangsung, pada Wikipedia bahasa Inggris ditampilkan pesan sebagai berikut,

Bayangkan sebuah Dunia
Tanpa Pengetahuan Bebas

Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam dalam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres Amerika Serikat sedang menimbang sebuah undang-undang yang dapat merusak internet yang bebas dan terbuka secara fatal. Dalam 24 jam, untuk meningkatkan kesadaran, kami menghitamkan Wikipedia. Pelajari selangkapnya.


Suarakan pendapat Anda


Setelah protes berlangsung[sunting | sunting sumber]

Panji yang mengumumkan akhir dari pemadaman yang telah berlangsung di Wikipedia bahasa Inggris, yang berbunyi "Terima kasih telah melindungi Wikipedia. (Perjuangan kita belum berakhir.)"
Tampilan layar dari halaman yang ditampilkan setelah pemadaman berakhir.

Dampak dari tindakan terkoordinasi ini secara umum dianggap signifikan. Yochai Benkler dari Berkman Center for Internet & Society menyatakan bahwa pemadaman 18 Januari adalah "demonstrasi publik yang sangat kuat untuk menunjukkan bahwa apa yang dipandang secara historis sebagai sistem teknis berisi aturan-aturan yang hanya ditujukan untuk industri konten telah menjadi sesuatu yang lebih dari itu. Ada jutaan warga yang cukup peduli untuk bertindak. Ini bukanlah hal yang sepele."[9]

Ketua MPAA Christopher Dodd membandingkan hal ini dengan gerakan daring untuk Kebangkitan dunia Arab dan mengajak pengadaan rapat antara Hollywood dengan perusahaan teknologi untuk mencapai kompromi dalam hal undang-undang.[10]

Setelah pemadaman berakhir, pada Wikipedia bahasa Inggris ditampilkan pesan sebagai berikut,

Terima kasih

Pemadaman Wikipedia telah berakhir — dan Anda telah menyuarakan pendapat.

Lebih dari 162 juta orang telah melihat pesan kami yang menanyakan apakah kalian bisa membayangkan dunia tanpa pengetahuan bebas. Kalian mengatakan tidak. Kalian mematikan operator telepon Kongres. Kalian melelehkan peladan mereka. Suara kalian begitu besar dan kuat. Jutaan orang telah menyuarakan untuk mempertahankan Internet yang bebas dan terbuka.

Bagi kami, ini bukanlah masalah uang. Ini masalah pengetahuan. Sebagai komunitas yang beranggotakan penulis, penyunting, juru foto, dan pemrogram, kami mengundang semua orang untuk berbagi dan mengembangkan karya kami ini.

Misi kami adalah untuk mengajak orang untuk mulai dan memperkuat keterlibatan masyarakat dalam mendokumentasikan sejumlah pengetahuan manusia, dan membuatnya tersedia bagi seluruh peradaban manusia, untuk selama-lamanya. Kami peduli dengan benar mengenai hak penulis, karena kami adalah penulis.

SOPA dan PIPA belum mati; mereka sedang menunggu dalam bayang-bayang. Apa yang terjadi dalam 24 jam terakhir tadi, bagaimana pun juga, adalah hal yang luar biasa. Internet telah memungkinkan kreativitas, pengetahuan, dan inovasi dapat bersinar, dan saat Wikipedia menggelap, kalian mengirimkan energi kalian untuk melindunginya.

Kami mulai menyalakan kembali cahaya kami. Bantulah kami dalam menjaga cahaya tersebut tetap bersinar dengan terang.

Baca selangkapnya.


Belum terlalu terlambat untuk menghubungi wakil rakyat Anda

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ English Wikipedia anti-SOPA blackout, Wikimedia Foundation. Diakses pada 17 Januari 2012
  2. ^ "Camera dei Deputati: disegno di legge N. 1415-B". Camera dei Deputati (dalam bahasa Italian). Diakses October 4, 2011. 
  3. ^ Rosen, Rebecca (2011-12-13). "Wikipedia Considers Black Out to Protest Anti-Piracy Law". Atlantic Wire. Diakses 2012-01-20. 
  4. ^ a b Sutter, John (January 17, 2012). "Why Wikipedia is going down at midnight". CNN. Diakses January 17, 2012. 
  5. ^ Anthony, Sebastian (January 18, 2012). "Surviving the Wikipedia blackout: Mirrors, caches, alternatives, apps, and more". ExtremeTech. Diakses January 18, 2012. 
  6. ^ Steel, Emily (January 17, 2012). "Need Wikipedia Wednesday? Here’s How to Access It". The Wall Street Journal. Diakses January 17, 2012. 
  7. ^ "Wikipedia anti-SOPA blackout/Technical FAQ". Wikimedia Foundation. January 18, 2012. Diakses January 20, 2012. 
  8. ^ "Wikipedia:SOPA initiative/Actions by other communities". English Wikipedia. Diakses January 20, 2012. 
  9. ^ "Internet's dark day: Anti-piracy bills take a beating". Seattle Times. January 18, 2012. Diakses January 18, 2012. 
  10. ^ "Dodd Calls for Hollywood and Silicon Valley to Meet". The New York Times. January 19, 2012. Diakses January 20, 2012. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]