Kiwix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kiwix
TipePaket perangkat lunak
Versi pertama2006
Versi stabil
2.3.1 (16 April 2023)
LisensiGPLv3
Bahasa
Daftar bahasa

Lebih dari 100 bahasa

Karakteristik teknis
Sistem operasiLinux
Windows
Mac
Android
iOS
PlatformIA-32 (en), x86_64 dan ARM
Bahasa pemrogramanC++, Javascript, Python, Kotlin dan Swift
Format berkas
Antarmuka BibliotecaQt
Informasi pengembang
PembuatEmmanuel Engelhart dan Renaud Gaudin (en)
PengembangEmmanuel Engelhart
Sumber kode
Informasi tambahan
Situs webwww.kiwix.org
BlogBlog oficial
SourceForgekiwix
Free Software Directorykiwix
Subredditkiwix
Facebook: KiwixOffline Twitter: KiwixOffline Mastodon: kiwix@mastodon.social LinkedIn: 11026506 GitHub: kiwix
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kiwix adalah perangkat lunak bebas yang digunakan untuk membaca Wikipedia secara luar jaringan (offline), artinya tidak memerlukan koneksi internet. Hal ini dilakukan dengan membaca seluruh konten tersebut dari sebuah berkas berformat ZIM yang berisi data/konten Wikipedia yang telah dikompresi terlebih dahulu.

Perangkat lunak ini didesain secara khusus untuk komputer-komputer yang tidak memiliki akses internet, dan terutama sekolah-sekolah di negara-negara berkembang yang tidak memiliki akses internet atau yang akses internetnya mahal.

Kiwix menggunakan kerangka kerja Mozilla dan tersedia dalam lebih dari 100 bahasa. Perangkat lunak ini memiliki fitur pencarian teks, navigasi dengan tab, dan fitur ekspor PDF dan HTML.[1]

Pengunduhan[sunting | sunting sumber]

Untuk tersedianya Kiwix pada sebuah komputer, diperlukan pengunduhan komponen-komponen perangkat lunak tersebut secara terpisah ataupun secara langsung dalam sebuah paket pengunduhan. Pengunduhan terpisah hanya mengunduh Kiwix atau mengunduh berkas ZIM saja. Pengunduhan secara langsung adalah penguduhan sebuah paket yang disediakan berisikan Kiwix dan berkas ZIM yang dibutuhkan untuk Wikipedia dalam bahasa yang dipilih untuk dapat dibaca secara luring.

Cara pengunduhan[sunting | sunting sumber]

  • Pengunduhan dengan BitTorrent direkomendasikan karena dapat mengefisiensikan penggunaan lebar pita dan mencegah data pengunduhan supaya tidak korup dalam proses pengunduhan seandainya koneksi Internet terputus ataupun beberapa kendala lainnya yang dapat mengganggu proses pengunduhan.
  • Pengunduhan langsung yang mengunduh secara langsung melalui penjelajah web. Supaya mencegah kegagalan pengunduhan dikarenakan terputusnya koneksi Internet ataupun beberapa kendala lainnya, Internet Download Manager dapat digunakan sebagai solusi dalam pengunduhan secara langsung. Jika Kiwix sudah tersedia di sebuah komuputer, dianjurkan hanya mengunduh berkas ZIM yang disediakan situs web pengunduhan Kiwix.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kiwix". SourceForge. Diakses tanggal 22 Maret 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]