Kebohongan Henryk Batuta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jalan Batuta asli di Warsawa.

Kebohongan Henryk Batuta adalah peristiwa pembohongan yang terjadi di Wikipedia bahasa Polandia sejak November 2004 sampai Februari 2006.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Para pelaku merintis sebuah artikel tentang Henryk Batuta (nama lahir Izaak Apfelbaum), seorang revolusioner sosialis dan komunis Polandia fiktif. Biografi palsunya menyebutkan Batuta lahir di Odessa tahun 1898 dan berpartisipasi dalam Perang Saudara Rusia. Artikel ini dibuat tanggal 8 November 2004 dan ketahuan palsu 15 bulan kemudian setelah masuk pertimbangan penghapusan pada tanggal 1 Februari 2006.

Artikel ini memiliki panjang sepuluh kalimat saat masih ada di Wikipedia. Keberadaannya mulai mencuat setelah beritanya muncul di beberapa surat kabar (Gazeta Wyborcza) dan majalah (Przekrój) ternama di Polandia dan Britania Raya (The Observer).

Artikel ini juga mengklaim bahwa sebuah jalan di Warsawa diberi nama "Jalan Henryk Batuta" dan diambil dari nama pejabat komunis fiktif tersebut. Menurut pers, pelaku anonim yang merintis artikel ini menyebut dirinya "Pasukan Batuta" ("Armia Batuty") dan mungkin ingin mengungkapkan bahwa masih ada beberapa tempat di Polandia yang diberi nama sesuai nama mantan pejabat komunis yang "tidak berhak dihormati".

Kebohongan ini terungkap saat artikel tersebut masuk pertimbangan penghapusan. Bahkan setelah artikelnya ketahuan bohong, penulisnya mencoba meyakinkan pengguna lain tentang otentisitasnya dengan memberikan informasi pustaka palsu dan mengunggah foto nama jalan "ulica Henryka Batuty" (Jalan Henryk Batuta) yang dimanipulasi. Misteri ini "resmi" terungkap dan dikonfirmasi pada tanggal 9 Februari 2006 setelah harian Gazeta Wyborcza dan mingguan Przekrój menerbitkan artikel seputar kebohongan ini.

Memang ada "ulica Batuty" (Jalan Batuta) di Warsawa,[1] tetapi namanya diambil dari kata "batuta" dalam bahasa Polandia yang berarti "tongkat konduktor".

Isi[sunting | sunting sumber]

Berikut isi artikel Henryk Batuta di Wikipedia bahasa Polandia pada 1 Februari 2006:[2]

Henryk Batuta, właśc. Izaak Apfelbaum (ur. 1898 w Odessie, zm. 1947 pod Ustrzykami Górnymi) - polski komunista, działacz międzynarodowego ruchu robotniczego.

Uczestnik wojny domowej w Rosji, po powrocie do kraju członek Komunistycznej Partii Polski. Na mocy partyjnych wyroków organizował zabójstwa tajnych współpracowników policji politycznej, których wykonawcą był m.in. Wacław Komar. Sprawa ta wyszła na jaw dopiero w latach 50. W latach 1934–1935 więzień Berezy Kartuskiej, później na emigracji. Uczestnik wojny domowej w Hiszpanii. W czasie II wojny światowej w ZSRR, od 1943 członek Związku Patriotów Polskich, major Korpusu Bezpieczeństwa Wewnętrznego. Zginął w 1947 pod Ustrzykami Górnymi w starciu z UPA.

Jego osobie poświęcona jest ulica w Warszawie (Służew nad Dolinką). Po 1989 r. pojawiały się liczne głosy, by zmienić jej nazwę, jednak do zmiany nie doszło.

Terjemahan:

Henryk Batuta, nama aslinya Izaak Apfelbaum, (lahir 1898 di Odessa – meninggal 1947 dekat Ustrzyki Górne) adalah seorang komunis dan aktivis Polandia di serikat buruh internasional.

Ia ikut serta dalam Perang Saudara Rusia. Ia bergabung dengan Partai Komunis Polandia setelah kembali ke kampung halamannya. Demi menerapkan rencana partai, ia merancang pembunuhan para informan polisi politik rahasia; pembunuhan tersebut dilakukan oleh Wacław Komar dan lain-lain. Kasus ini baru terungkap pada tahun 1950-an. Sejak 1934 sampai 1935, ia dipenjara di Bereza Kartuska, lalu ia beremigrasi. Ia berpartisipasi dalam Perang Saudara Spanyol. Selama Perang Dunia II, ia menetap di Uni Soviet; tahun 1943, ia bergabung dengan Persatuan Patriot Polandia; ia juga menjadi mayor Korps Keamanan Dalam Negeri. Ia meninggal dunia tahun 1947 dekat Ustrzyki Górne dalam sebuah pertempuran melawan UPA.

Namanya diabadikan di sebuah jalan di Warsawa (Służew nad Dolinką). Setelah 1989, banyak pihak menyarankan agar nama jalannya diubah, tetapi tidak pernah dilakukan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Polandia[sunting | sunting sumber]