Gazeta Wyborcza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gazeta Wyborcza
Gazeta Wyborza, Wrocław.jpg
Halaman depan surat kabar GW.
Tipe Surat kabar harian
Format Padat
Pemilik Agora SA
Cox Communications
Redaksi Adam Michnik
Didirikan 1989; 29 tahun lalu (1989)
Pandangan politik Liberalisme
Bahasa Polandia
Pusat Warsawa
Sirkulasi surat kabar 151,077 (Oktober 2016)
ISSN 0860-908X
Situs web wyborcza.pl

Gazeta Wyborcza (pengucapan bahasa Polski: [ɡaˈzɛta vɨˈbɔrtʂa]; berarti Surat Kabar Elektoral dalam bahasa Inggris) adalah sebuah surat kabar yang diterbitkan di Warsawa, Polandia. Surat kabar ini mencakup keseluruhan berita politik, internasional dan umum dari perspektif liberal.

Sejarah dan profil[sunting | sunting sumber]

Kantor pusat Gazeta Wyborcza di Warsawa, Czerska Street
Logo Gazeta Wyborcza (1989)

Gazeta Wyborcza pertama kali dipublikasikan pada 8 Mei 1989,[1] di bawah semboyan masthead berima, "Nie ma wolności bez Solidarności" ("Tidak ada kebebasan tanpa Solidaritas"). Pendiri surat kabar ini adalah Andrzej Wajda, Aleksander Paszyński dan Zbigniew Bujak.[2] Pendiriannya adalah hasil dari Perjanjian Meja Bundar Polandia antara pemerintah komunis di Republik Rakyat Polandia dan lawan-lawan politik berpusat pada gerakan Solidaritas. Surat kabar ini awalnya dimiliki oleh Agora SA.[3] Kemudian Cox Communications sebagian membeli harian ini.[3] Perusahaan ini menjadi Perusahaan Amerika "Cox Enterprises" pada tahun 1993.[2]

Surat kabar ini berfungsi sebagai suara Solidaritas saat pemilihan pemilihan semi-kemerdekaan yang diadakan pada tanggal 4 Juni 1989 (oleh karenanya dinamai "Elektoral"). Dengan demikian, Gazeta Wyborcza merupakan surat kabar legal pertama yang diterbitkan di luar kendali pemerintah komunis sejak didirikan pada akhir 1940an.

Pemimpin redaksi surat kabar ini, sejak didirikan, adalah Adam Michnik.[4][5] Dia diangkat menempati posisi tersebut oleh Lech Wałęsa.[6] Surat kabar tersebut dipublikasikan dalam format tabloid.[7][8]

Menurut editor, edisi pertama berukuran kecil (150,000 eksemplar) dan relatif mahal karena terbatasnya persediaan kertas yang tersedia di negara tersebut. Satu setengah tahun kemudian, sirkulasi harian ini telah mencapai 500,000 eksemplar. Pada bulan September 1990, selama perpecahan sengit dari kamp Solidaritas menyusul runtuhnya pemerintahan komunis, Lech Wałęsa mencabut hak surat kabar untuk menggunakan logo Solidaritas di masthead-nya. Sejak saat itu, Gazeta Wyborcza telah menjadi surat kabar independen yang umumnya mendukung nilai-nilai liberal. Surat kabar ini sekarang merupakan surat kabar harian multi-bagian yang besar dan menerbitkan edisi lokal setiap hari untuk kota-kota berikut ini: Warsaw, Białystok, Bydgoszcz, Częstochowa, Gdańsk, Gorzów Wielkopolski, Katowice, Kraków, Kielce, Lublin, Łódź, Olsztyn, Opole, Płock, Poznań, Radom, Rzeszów, Szczecin, Toruń, Wrocław dan Zielona Góra.

Sirkulasi[sunting | sunting sumber]

Gazeta Wyborcza memiliki sirkulasi 432,000 eksemplar selama tiga perempat pertama tahun 1998.[8] Peredaran surat kabar ini berjumlah 459,473 eksemplar antara bulan Januari dan Februari 2001.[9] Sirkulasinya berada pada angka 542,000 eksemplar di tahun 2003, menjadikannya surat kabar terlaris kedua di negara ini.[7] Sirkulasi surat kabar pada tahun 2004 adalah 516,000 eksemplar pada hari kerja dan 686,000 eksemplar pada akhir pekan.[1] Rata-rata sirkulasi surat kabar mencapai puncaknya pada 672,000 dan merupakan surat kabar dengan penjualan terbesar di Polandia, namun pada tahun 2010, sirkulasinya telah menurun lebih dari setengah, menjadi 319,000, dan Fakt menyusul Gazeta Wyborcza sebagai surat kabar terkemuka di Polandia. Penurunan tersebut berlanjut pada 2013 ketika sirkulasi turun ke angka 190,000 dengan penurunan pendapatan iklan yang sepadan.[10]

Jurnalis[sunting | sunting sumber]

Bagian[sunting | sunting sumber]

Gazeta Praca (iklan lowongan pekerjaan, daftar gaji, Senin), Gazeta Sport (Senin), Komunikaty (properti baris, hari Selasa), Gazeta Dom (bangunan dan perabotan, Rabu), Duży Format (reportase, Kamis), Gazeta Telewizyjna (program TV, Jumat), Gazeta Co Jest Grane (repertoar bioskop dan teater, ulasan film dan buku, acara musik, Jumat), Gazeta Turystyka (perjalanan ekstra, Sabtu) dan Wysokie Obcasy, Wysokie Obcasy Extra[11] (wanita ekstra, Sabtu, sejak April 1999).

Edisi daring[sunting | sunting sumber]

Edisi daring Gazeta Wyborcza adalah salah satu bagian pada portal Gazeta.pl. Versi elektronik berbayar dari surat kabar merupakan pilihan. Situs web wyborcza.pl telah diperluas melalui rangkuman artikel yang paling sering dibaca dan dikomentari. Portal ini menyajikan sejarah Polandia dan global pada sampul terkenal Gazeta Wyborcza. Selain bagian analog dari edisi surat kabar tersebut, situs web juga menyediakan bagian umpan balik yang memungkinkan pembaca untuk menghubungi staf redaksi dan mengungkapkan pendapatnya.

Situs web surat kabar tersebut terhubung ke blog jurnalis 'Gazeta', termasuk oleh: Ewa Milewicz, Dominika Wielowieyska, Jan Turnau, Bartosz Węglarczyk dan Wojciech Orliński. Jumlah wartawan yang menulis blog tersebut terus meningkat.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "The press in Poland". BBC. 29 April 2004. Diakses tanggal 10 November 2014. 
  2. ^ a b Andrzej Adamski. "Press market in Poland A.D. 2010" (PDF). CeON Repository. Diakses tanggal 10 December 2013. 
  3. ^ a b "Poland". Press Reference. Diakses tanggal 6 October 2013. 
  4. ^ "Polish Dissident Adam Michnik: 'We Are Bastards of Communism'". Der Spiegel (31). 29 July 2013. Diakses tanggal 10 November 2014. 
  5. ^ Ryszard Filas; Pawe Paneta (2009). "Media in Poland and Public Discourse". Dalam Andrea Czepek et. al. Press Freedom and Pluralism in Europe. Bristol: Intellect. Diakses tanggal 12 December 2014. 
  6. ^ Everete E. Dennis; Jon Vanden Heuvel (October 1990). "Emerging Voices: East European Media in Transition. A Gannett Foundation Report" (Report). Ganet Foundation. Diakses tanggal 28 November 2014. 
  7. ^ a b "World Press Trends" (PDF). World Association of Newspapers. Paris. 2004. Diakses tanggal 15 February 2015. 
  8. ^ a b "Selected Financial Data" (PDF). Agora Holding. Diakses tanggal 7 April 2015. 
  9. ^ "Polish national dailies - circulation and sales". OBP. Diakses tanggal 2 December 2014. 
  10. ^ Wirtualne Media
  11. ^ Jan Puhl (18 February 2010). "'Turbo-Emancipation': Polish Women Enjoy Post-Communist Success". Der Spiegel. Diakses tanggal 10 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]