Kontroversi Essjay

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Kontroversi Essjay adalah kontroversi di Wikipedia bahasa Inggris yang dimulai pada bulan Februari 2005, di mana sebuah account dengan nama Essjay dibuat dan pemiliknya menyunting artikel mengenai Imprimatur.

Dalam halaman User:Essjay, Essjay memperkenalkan dirinya sebagai seorang guru besar dalam bidang agama di sebuah universitas swasta dan menyandang gelar "Ph.D". Sepak terjangnya sangat luar biasa. Pada Juli 2005, Essjay telah menjadi anggota aktif dan disegani oleh komunitas wikipedia.

Tahun 2007[sunting | sunting sumber]

Namun, pada awal 2007 Essjay mendapat tawaran dari untuk bekerja di Wikia, sebuah perusahaan yang berorientasi laba yang dibentuk oleh anggota dewan pengurus Yayasan wikimedia.

Menghadapi kenyataan harus bekerja secara pribadi, Essjay akhirnya bersikap jujur bahwa dia bukanlah seorang guru besar seperti yang sering dia ceritakan selama itu. Essjay mengatakan bahwa dia sebenarnya hanyalah seorang laki-laki muda berusia 24 tahun dari Kentucky, dan tidak mempunyai gelar sarjana sama sekali.

Hal ini menimbulkan perdebatan dalam kalangan wikipedian. Ketika yang terungkap makin konyol, komunitas menjadi gelisah. Dan meminta agar Essjay keluar dari jabatannya.
Tidak lama setelah itu, Essjay mengundurkan diri untuk selamanya, setelah memuat pesan perpisahan, tetapi tidak pernah merasa bersalah atas kebohongannya.