Komite Akurasi Laporan Timur Tengah di Amerika

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Committee for Accuracy in Middle East Reporting in America
Jenis
Tujuan Advokasi and Lobi media negara pro-Israel di Amerika Serikat
Kantor pusat Boston
Wilayah layanan
Global
Presiden nasional
Andrea Levin
Relawan
Lebih dari 65.000 orang [1]
Situs web Situs web

Committee for Accuracy in Middle East Reporting in America, atau CAMERA atau Komite Akurasi Laporan Timur Tengah di Amerika adalah lembaga nirlaba Amerika Serikat yang mengadakan monitor media, riset dan ormas yang pro-negara Israel[2] didirikan pada 1982. Pendirian CAMERA semula sebagai bentuk tanggapan atas kabar di Washington Post tentang serangan tentara Israel ke Lebanon. Lembaga ini bertujuan menghentikan bias tentang anti-negara Israel di media, khususnya Amerika Serikat.

CAMERA dikenal atas pengendalian media dan advokasi pro-negara Israel,[3][4][5][6] CAMERA merilis laporan-laporan untuk menyerang balik pemberitaan yang mengandung "karakteristik negara Israel dan peristiwa-peristiwa di Timur Tengah yang sering diselewengkan dan tidak akurat hingga memicu kecenderungan anti-negara Israel dan anti-Yahudi." Kelompok ini mengadakan protes terhadap media yang dianggap curang dengan memasang iklan sebesar satu halaman penuh di koran.[7] Melalui demonstrasi terorganisasi,[8] dan mencari sponsor lembaga ini mengumpulkan dana yang mengklaim telah memperluas hingga 46 cabang.

Di Wikipedia, Kampanye CAMERA sempat menjadi topik kontroversial berkaitan dengan Konflik negara Israel-Palestina pada tahun 2008.[9],[10][11][12] Lembaga ini mengadakan "perang suntingan" yang memanipulasi informasi-informasi yang berkaitan dengan konflik untuk menyerang suntingan dari kontributor pro-Palestina dan menekankan terhadap suntingan pro-negara Israel.[13] Kemudian dampak dari konflik kepentingan ini mengakibatkan beberapa petugas dari konspirasi ini diblokir dari Wikipedia.[14][15][16]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]