Tikrit

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Tikrit (تكريت, juga dieja Takrit atau Tekrit) adalah sebuah kota di Irak, terletak sekitar 140 km di sebelah barat laut Bagdad di Sungai Tigris. Tikrit adalah pusat pemerintahan provinsi Salah ad Din. Penduduknya berjumlah 28.900 jiwa (2002). Tikrit dikenal sebagai tempat lahir mantan presiden Irak, Saddam Hussein. Selain itu, beberapa anggota senior dalam pemerintahannya juga berasal dari Tikrit.

Nama Tikrit pertama kali disebut dalam "Kisah Jatuhnya Assiria" sebagai tempat tinggal Raja Babilonia, Nabopolassar saat ia menyerang kota Assur pada 615 SM. Sekitar seribu tahun dahulu, Tikrit mempunyai sebuah benteng dan biara Kristen yang besar. Tikrit terkenal sebagai pusat produksi tekstil berbahan wol. Sekitar tahun 1137, pemimpin legendaris Kurdi, Salahuddin Ayyubi dilahirkan di sini.

Tikrit, dan sebagian besar Irak, mengalami kerusakan yang parah pada abad ke-14 saat pasukan Mongol pimpinan Timur Lenk datang menyerang. Pada September 1917, pasukan Britania Raya merebut kota ini dalam sebuah serangan terhadap Kerajaan Ottoman pada Perang Dunia I.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]