Wikipedia:Konflik kepentingan: Perbedaan antara revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konten dihapus Konten ditambahkan
Agenklikqq (bicara | kontrib)
k KLIK DISINI UNTUK MELIHAT SUMBER-SUMBER INFORMASI MENARIK
Tag: Dikembalikan
Gombang (bicara | kontrib)
k Suntingan Agenklikqq (bicara) dibatalkan ke versi terakhir oleh RaFaDa20631
Tag: Pengembalian
Baris 102: Baris 102:
! Action
! Action
|-
|-
|Those who feel the need to make controversial edits, in spite of a real or perceived conflict of interest, are '''[http://klikqq88.com/ strongly encouraged]''' to submit proposed edits for review on the article's talk page along with a {{[[Template:Request edit|Request edit]]}} tag to attract users to review the edit, or to file a [[Wikipedia:Requests for comment|request for comment]].
|Those who feel the need to make controversial edits, in spite of a real or perceived conflict of interest, are '''strongly encouraged''' to submit proposed edits for review on the article's talk page along with a {{[[Template:Request edit|Request edit]]}} tag to attract users to review the edit, or to file a [[Wikipedia:Requests for comment|request for comment]].
|}
|}



Revisi per 12 Agustus 2021 15.52

Halaman ini merupakan pedoman di Wikipedia bahasa Indonesia.
Isinya telah diterima luas oleh para pengguna dan dianggap sebagai standar yang harus diikuti oleh semua pengguna, meskipun sebaiknya dipahami dengan akal sehat, dan pengecualian dapat berlaku sewaktu-waktu. Segala penyuntingan substansial yang dilakukan di halaman ini harus menggambarkan konsensus. Jika Anda ragu, diskusikan terlebih dahulu di halaman pembicaraan.

Konflik kepentingan di Wikipedia adalah ketidakcocokan antara tujuan Wikipedia, yaitu membuat sebuah ensiklopedia yang netral dan memiliki sumber yang tepercaya, dengan tujuan penyunting-penyunting secara perseorangan. Yang termasuk dalam suntingan dengan konflik antara lain berkontribusi ke wikipedia untuk mempromosikan kepentingan Anda sendiri, atau kepentingan individu, atau perusahaan, atau kelompok lain. Jika memajukan kepentingan luar lebih penting bagi seorang penyunting daripada memajukan tujuan Wikipedia, penyunting tersebut sedang berkonflik kepentingan.

Suntingan dengan konflik kepentingan sangatlah tidak dianjurkan. Jika suntingan menimbulkan gangguan terhadap ensiklopedia melalui pelanggaran kebijakan seperti sudut pandang netral, Wikipedia bukanlah..., dan pelanggaran hak cipta, akun pengguna dapat diblokir. Suntingan dengan konflik kepentingan juga berisiko menimbulkan rasa malu di depan publik, baik terhadap perseorangan maupun kelompok yang sedang dipromosikan. [1]

Penyunting dengan konflik kepentingan sangat dianjurkan—tetapi tidak diharuskan—untuk menyatakan tujuan mereka, baik di halaman pengguna mereka, maupun di halaman pembicaraan artikel yang mereka sunting, terutama jika suntingan tersebut dapat dipertentangkan. Penyunting yang menyembunyikan konflik kepentingan mereka biasanya akan terbongkar, sehingga menimbulkan kesan bahwa mereka, dan kemungkinan tempat mereka bekerja, berusaha untuk mendistorsi Wikipedia. Ketika seorang dengan terbuka menyatakan konflik kepentingan mereka, penyunting yang lain harus selalu mengasumsikan bahwa penyunting tersebut berusaha melakukan yang terbaik. Jangan menggunakan pernyataan konflik kepentingan yang diberikan secara terbuka sebagai senjata untuk melawan sang penyunting.

Ketika menginvestigasi kasus kemungkinan konflik kepentingan, para Wikipediawan harus berhati-hati untuk tidak menunjukkan identitas penyunting yang lain. Kebijakan anti-penistaan lebih tinggi daripada panduan konflik kepentingan ini. Konflik kepentingan seorang penyunting sering terungkap ketika sang penyunting menunjukkan hubungannya dengan subyek artikel yang ia sunting. Ketika seorang penyunting tidak menunjukkan afiliasi apa pun, ikutilah kebijakan NPOV Wikipedia dengan hati-hati, sehingga dapat membantu menangkal suntingan bias. Semua yang Anda katakan atau lakukan di Wikipedia dapat memiliki konsekuensi di dunia nyata. Suntingan dengan konflik kepentingan rutin diekspos di media. Semua suntingan direkam di ruang publik dan akan tetap selamanya demikian. Anda tidak memiliki artikel dan penyunting lain mungkin akan menghapusnya, membiarkannya, atau menambahkan informasi yang mungkin tidak banyak diketahui.

Catatan

  1. ^ Editing in the interests of public relations is particularly frowned upon. This includes, but is not limited to, edits made by public relations departments of corporations or governmental entities; or of other public or private for-profit or not-for-profit organizations; or by professional editors paid to edit a Wikipedia article with the sole intent of improving that organization's image. Wikipedia is a very public forum, and news of what occurs here is frequently reported in the media. "Anything you say here and anything you do here can have real world consequences." See: Wikipedia is in the real world