Hidangan Veneto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fegato alla veneziana
Risi e bisi

Masakan Veneto (cucina veneta) adalah jenis masakan yang berasal dari regione Veneto, Italia Utara.[1] Masakan kawasan Veneto dikaitkan dengan tradisi kuliner warga di kawasan daerah pedalaman, pegunungan Alpen serta kota Venezia.[2] Produk khas daerah ini dipengaruhi oleh daerah-daerah lain seperti polenta (bubur jagung), beras, kacang-kacangan dan ikan kod asin. Kuliner khas Venezia berciri khas dengan penggunaan rempah-rempah dan hasil-hasil laut. Sayuran yang digunakan antara lain courgette, kol, asparagus, kacang polong, kubis bunga yang diproduksi di daerah-daerah subur di dataran tinggi.

Masakan khas[sunting | sunting sumber]

  • Sarde in carpione, masakan ikan sarden yang disajikan dengan saus bawang, anggur sultana, manisan buah, kacang cemara dan cuka.
  • Baccalà mantecato, hidangan ikan kod asin yang dibuat menjadi saus kental dan lembut.
  • Fegato alla veneziana, hati anak sapi yang dimasak dengan bawang, mentega, dan peterseli.[3]
  • Risi e bisi, masakan nasi dengan kacang polong, merupakan masakan khas yang biasa dikonsumsi pada perayaan Santo Markus.
  • Polenta e osei, polenta (bubur jagung) yang dihidangkan dengan daging burung liar yang digoreng dengan api kecil yang disajikan dengan bacon, daun sage dan minyak zaitun.
  • Paeta al malgaragna, masakan khas Vicenza berupa daging ayam polandia (Gallina padovana) yang berdada lebar, dimasak dengan lemak babi dan dipercikkan dengan sari buah delima.

Minuman[sunting | sunting sumber]

Kawasan Veneto memiliki jenis minuman anggur dengan jumlah terbesar yang mendapat status berkualitas DOC yang terdiri dari 17 daerah produksi yang menghasilkan anggur putih, merah dan sparkling.

Daerah produsen utama anggur adalah Verona dengan produk Valpolicella, Recioto, Bardolino dan Soave, daerah Treviso, dengan produk Prosecco, serta Conegliano dan Valdobbiadene (produk sparkling wine). Minuman lain yang terkenal adalah grappa, dengan produk terkenal berasal dari Bassano, yang memiliki rasa herba khas Alpen.[2]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris)The Cuisine of Veneto - A Mixed Culinary Palette, epinions. Diakses pada 16 April 2011.
  2. ^ a b (Inggris)Venice and Veneto Cuisine Diarsipkan 2011-01-15 di Wayback Machine., tangoitalia. Diakses pada 16 April 2011.
  3. ^ (Inggris)Fegato alla Veneziana Recipe - Venetian Style Liver - Fegato alla Veneziana Diarsipkan 2010-11-02 di Wayback Machine., about.com. Diakses pada 16 April 2011.