Hai to Gensou no Grimgar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hai to Gensou no Grimgar
Grimgar of Fantasy and Ash, volume 1.jpg
Sampul novel ringan volume pertama.
灰と幻想のグリムガル
(Hai to Gensō no Gurimugaru)
Genre Petualangan, Fantasi
Novel ringan
Pengarang Ao Jūmonji
Ilustrator Eiri Shirai
Penerbit Overlap Bunko
Tanggal terbit 25 Juni 2013 – sekarang
Volume 13
Manga
Pengarang Mutsumi Okubashi
Penerbit Square Enix
Demografi Shōnen
Majalah Gangan Joker
Tanggal terbit 22 April 2015 – sekarang
Volume 3
Seri anime televisi
Sutradara Ryosuke Nakamura
Produser Masaya Saito
Naoki Harada
Shigetoshi Sato
Penulis
naskah
Ryosuke Nakamura
Penggubah
musik
R.O.N
Studio A-1 Pictures
Pemegang
lisensi
Madman Entertainment
Jaringan
asli
AT-X, Tokyo MX, BS11, ABC
Jaringan
bahasa Inggris
Tayang perdana 11 Januari 2016 28 Maret 2016
Episode 12 + OVA
Wikipe-tan face.svg Portal anime dan manga

Hai to Gensou no Grimgar (灰と幻想のグリムガル) adalah sebuah serial novel ringan Jepang yang ditulis oleh Ao Jūmonji dengan ilustrasi oleh Eiri Shirai. Novel ringan ini mengisahkan sekelompok orang yang secara tiba-tiba terbangun di sebuah dunia fantasi dan berjuang untuk bertahan hidup.

Mutsumi Okubashi memulai serialisasi sebuah adaptasi manga di majalah Gangan Joker pada tahun 2015. Novel ini diadaptasi dalam sebuah serial anime televisi dengan 12 episode yang tayang sejak Januari hingga Maret 2016. Sebuah OVA dirilis pada bulan Maret 2016.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Haruhiro (ハルヒロ)
Pengisi suara: Yoshimasa Hosoya[2]
Merupakan tokoh utama dan seorang "Pencuri" dalam kelompok mereka. Haruhiro adalah karakter yang paling baik secara menyeluruh karena kepribadiannya yang tidak sombong dan rendah hati. Dia selalu membantu anggota kelompoknya. Dia terpaksa mejadi pemimpin kelompok setelah kematian Manato. Akhirnya ia mulai lebih memperhatikan perasaan rekan sekelompoknya, secara perlahan menjadi pemimpin yang baik.
Yume (ユメ)
Pengisi suara: Mikako Komatsu[2]
Pemberani dan bersemangat, Yume adalah seorang pemburu dalam kelompok. Dia juga selalu berusaha melindungi Shihoru karena kepribadiannya yang pemalu. Dia memiliki hubungan pertemanan yang baik dengan Haruhiro.
Shihoru (シホル)
Pengisi suara: Haruka Terui[2]
Merupakan seorang penyihir dalam kelompok tersebut. Dia emiliki sifat pemalu, hanya terbuka kepada Yume dan Manato, sebelum kematiannya. Yume membuat Shihoru untuk lebih berinteraksi dengan anggota kelompok yang lain.
Ranta (ランタ)
Pengisi suara: Hiroyuki Yoshino[2]
Merupakan seorang "Dark Knight" dalam kelompok. Dia kurang ajar, impulsif, dan agak mesum, yang membuat dirinya sering berdebat dengan Haruhiro. Ranta adalah pembuat masalah dalam kelompok ini dan sering membuat keputusan gegabah.
Mary (メリイ)
Pengisi suara: Chika Anzai[2]
Bergabung sesaat setelah kematian Manato, Mary secara efektif menggantikan perannya sebagai "Priest" dalam kelompok. Awalnya, terdapat perselisihan antara Mary dan anggota kelompok lainnya. Dia sebenarnya memiliki kesamaan dengan Manato, tetapi setelah insiden tragis yang menyebabkan kematian beberapa temannya, ia menjadi dingin dan penyendiri, namun setelah Haruhiro menceritakan tentang keadaan mereka sendiri, ia perlahan-lahan mulai terbuka kepada kelompok barunya.
Kuzaku (クザク)
Merupaka seorang "Paladin" dalam kelompok yang bergabung setelah kematian Moguzo.
Manato (マナト)
Pengisi suara: Nobunaga Shimazaki[2]
Manato memilih untuk menjadi seorang "Priest" dan memiliki peran sebagai pemimpin dalam kelompok.Dia mampu melihat nilai lebih dari orang-orang dan memanfaatkannya untuk membuat strategi bertarung yang efektif. Setelah mereka berkembang sebagai sebuah kelompok, mereka mulai memetakan kota-kota terbengkalai sambil berburu kelompok goblin yang lebih besar. Namun, saat beristirahat kelompok tersebut disergap oleh sekelompok goblin. Ketika dia sedang memerintahkan kelompoknya untuk mundur, seorang goblin pemanah berhasil mengenai Manato dari belakang saat mereka melarikan diri. Dia meninggal sesaat kemudian.
Moguzo (モグゾー)
Pengisi suara: Fukushi Ochiai[2]
Moguzo adalah anggota tertinggi dan terberat dalam kelompok dan memilih menjadi seorang "Warrior". Dia menggunakan pelindung besi sebuah pedang besar setinggi bahu. Meskipun kuat secara fisik, ia memiliki tutur kata yang halus. Dalam beberapa kesempatan, ia sering menggantikan temannya dalam giliran memasak sarapan. Dia juga sering membuat ukiran kayu di waktu luangnya.

Media[sunting | sunting sumber]

Novel ringan[sunting | sunting sumber]

Novel ringan ini ditulis oleh Ao Jūmonji dengan ilustrasi Eiri Shirai, diterbitkan oleh Overlap Bunko. Volume pertama diterbitkan pada tahun 2013.[3]

Manga[sunting | sunting sumber]

Sebuah adaptasi manga oleh Mutsumi Okubashi memulai serialisasi di majalah Gangan Joker pada 22 April 2015.[3][4]

Anime[sunting | sunting sumber]

Sebuah serial televisi anime yang didireksi oleh Ryosuke Nakamura dan diproduksi oleh A-1 Pictures. Desain karakter oleh Mieko Hosoi.[3] Lagu tema pembuka, "Knew day", dan lagu tema penutup, "Harvest", dibawakan oleh (K)NoW_NAME. Serial ini mulai tayang di AT-X, Tokyo Metropolitan Television, Nippon BS Broadcasting, dan Asahi Broadcasting Corporation pada 11 Januari 2016.[5] Anime ini dirilis dalam 6 volume Blu-ray dan DVD dengan masing-masing berisi 2 episode.[6]

OVA[sunting | sunting sumber]

Sebuah OVA berdurasi 10 menit, disebutkan sebagai "episode 2.5", terlampir dalam volume pertama Blu-ray dan DVD anime, yang dirilis pada 16 Maret 2016.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Animax Asia to Air , Grimgar, Ashes and Illusions, Kindaichi R". Anime News Network. 6 Januari 2016. Diakses tanggal 18 April 2016. 
  2. ^ a b c d e f g Komatsu, Mikikazu (4 November 2015). "Main Voice Cast for "Hai to Gensou no Grimgal" TV Anime Announced". Crunchyroll. Diakses tanggal 4 November 2015. 
  3. ^ a b c "Grimgar of Fantasy and Ash Light Novels Get TV Anime in January". Anime News Network. 16 Oktober 2015. Diakses tanggal 16 Oktober 2015. 
  4. ^ 灰と幻想のグリムガル [Grimgar of Fantasy and Ash]. Square Enix (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 16 Oktober 2015. 
  5. ^ Chapman, Paul (2 Desember 2015). "VIDEO: "Grimgar of Fantasy and Ash" 2nd PV". Crunchyroll. Diakses tanggal 3 Desember 2015. 
  6. ^ "Blu-ray&DVD Vol.6" (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal 24 Januari 2016. 
  7. ^ "Grimgar of Fantasy and Ash Anime's 1st Volume Contains OVA Episode". Anime News Network. 18 Januari 2016. Diakses tanggal 18 Januari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]