Might Guy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Guy Maito)
Karakter dalam seri Naruto
Hasashi Uzumaki
マイト・ガイ
Hasashi Uzumaki
Hasashi Uzumaki
Penampilan perdana
MangaChapter 38
AnimeNaruto Episode 22
FilmNaruto: Shippūden the Movie
Permainan videoNaruto: Clash of Ninja 2
OVAFinally a clash! Jōnin vs. Genin!! Indiscriminate Grand Melee Tournament Meeting!!
Tampil diAnime, manga, film, OVA, dan permainan
Pengisi suara
InggrisSkip Stellrecht
JepangMasashi Ebara

Might Guy (マイト・ガイ, Maito Gai) adalah karakter fiksi dari anime dan manga Naruto. Sifatnya selalu bersemangat dan berapi-api menyebabkan dirinya diberi gelar Might. Kata "Might" sendiri berasal dari sebuah humor sindiran untuk "pahlawan yang selalu bersemangat" yang muncul dalam beberapa cerita pahlawan super. Sebagai contoh, sebuah robot dari anime Might Gaine, Yuusha Tokkyuu Might Gaine, mendapatkan nama tersebut karena sikapnya yang selalu bersemangat dan terlihat "norak".

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Guy berbadan kurus dengan otot besar, mirip seperti Bruce Lee. Dia adalah saingan terberat Kakashi dan memimpin sebuah tim yang beranggotakan Neji Hyuga, Rock Lee dan Tenten yang selalu ia membanding-bandingkan dengan Tim 7 asuhan Kakashi. Ia juga yang (mungkin) memberikan pengaruh besar pada penampilan maupun sifat Lee. Rambutnya yang super nge-bob juga ditiru oleh Lee. Dia juga punya ciri khas pose lelaki sejati yang membuatnya tampak eksentrik. Meskipun demikian, dia bisa terlihat serius.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Kemampuannya sebagai ninja banyak terfokus pada taijutsu. Gerakannya sangat cepat seperti yang diperlihatkan saat penyerbuan shinobi Suna ke Konoha. Jutsu-jutsu taijutsu seperti omoto renge, Konoha senpuu dan urarenge dikuasai olehnya. Dia juga mempersenjatai diri dengan nunchaku. Kemampuan fisiknya sangat besar, seperti saat dia menahan serangan kisame, yang notabene bertenaga monster.

Jurus terkuat hingga saat ini adalah:

  • Morning Peacock (atau dalam bahasa jepang yaitu Asa Kujaku). Jurus ini membuat pukulan yang dilancarkan penggunanya membakar targetnya hingga hangus dengan pukulan cepat bertubi-tubi.
  • Jurus pukulan "Hirudora". Jurus ini merupakan pukulan sangat cepat. Setelah membuka ketujuh dari Delapan Gerbang, pengguna menempatkan telapak menghadap ke depan di depan wajah mereka dengan satu tangan dan kemudian menepuk itu dengan tangannya yang lain, dibentuk menjadi sebuah tinju, yang menciptakan sejumlah besar tekanan udara. Berikutnya, pengguna membentuk segel tangan unik menyerupai harimau, yang meluncurkan tekanan udara pada lawan dalam bentuk harimau, dengan meninggalkan kesan harimau berbentuk raksasa ke tekanan udara awalnya sudah dibangun dengan segel tangan. Tekanan udara akan mengembun seperti itu bergerak dan difokuskan ke satu titik.
  • Yagai (Pria Malam). Jurus ini merupakan tendangan lurus ke arah dada lawan yang dimulai dengan berlari dari jarak jauh dengan sangat cepat kemudian melompat lurus dengan satu kaki mengarah ke dada lawan. Jurus ini merupakan jurus terakhir Guy saat melawan Uchiha Madara.

Guy juga bisa membuka delapan gerbang Hachimon hingga gerbang ke delapan tanpa kesulitan, bertolak belakang dengan Lee yang bersusah payah membuka gerbang keenam.

Naruto[sunting | sunting sumber]

Ujian Chuunin[sunting | sunting sumber]

Kemunculan pertama Guy adalah ujian chuunin. Ketika Lee yang saat itu menantang sasuke bertarung satu lawan satu, dia datang dan mengintervensi pertarungan tersebut. Pada mulanya yang muncul hanyalah seekor kura-kura yang secara mengejutkan dipanggil guru oleh Lee. Ternyata guru sebenarnya adalah maito Guy ini. Dia muncul sebagai orang yang mengaku-ngaku sebagai rival terberat kakashi.

Ketika ujian babak utama berlangsung, dia mengizinkan Lee untuk melepas beban di kakinya. Dia juga mengizinkan penggunaan jurus terlarang, Urarenge. Ketika Lee hampir dihabisi oleh Gaara, dia menyelamatkannya, yang membuat gaara syok karena tidak pernah mengenal rasa kasih sayang hampir selama hidupnya. Ketika para shinobi Suna dan Oto menyerbu Konoha, dia dan jounin-jounin konoha lain bahu membahu menghabisi para penyerbu. Dia memperlihatkan kemampuan taijutsu-nya yang tidak kalah dari Lee.

Pencarian Tsunade[sunting | sunting sumber]

Setelah penyerbuan selesai, sesaat Konoha dalam keadaan aman. Namun kekuatan militer desa turun drastis akibat penyerbuan itu. Dua anggota Akatsuki, Kisame dan Itachi menyusup ke konoha untuk mengambil Naruto. Usaha ini terdeteksi oleh kakashi dan memanggil jounin-jounin lain untuk menghadapi penyusup tersebut. Guy datang pada saat-saat terakhir dan menyelamatkan Kakashi dari mangekyou sharingan milik Itachi.

Ketika mendengar kedatangan Itachi, sasuke yang baru sadar mengejar Naruto. Tetapi dia dengan mudah dikalahkan. Setelah lagi-lagi kedua orang itu melarikan diri dari Jiraiya, Guy yang datang agak terlambat malah menyerang sannin tersebut dengan tendangan ala Kamen Rider. Dia lalu menggotong Sasuke yang tidak sadarkan diri ke Konoha.

Setelah itu Guy muncul sekilas di Pengejaran Sasuke, dan beberapa anime filler.

Naruto Shippuden[sunting | sunting sumber]

Penyelamatan Gaara[sunting | sunting sumber]

Tim Guy diberi misi untuk menjadi backup tim kakashi yang sedang mengejar 2 anggota akatsuki yang menculik gaara. Ditengah perjalanan, mereka bertemu tubuh bayangan Kisame Hoshigaki, anggota akatsuki yang pernah dihadapi oleh guy. Kisame yang emosi karena guy bertingkah bodoh langsung menyerangnya. Guy berhasil menahannya, lalu kisame mengeluarkan jutsu air yang membuat daratan di sekelilingnya menjadi sebuah danau. Guy sempat kewalahan karena kisame diuntungkan keadaan lingkungannya, mengeluarkan jurus pamungkasnya "morning peacock", yang langsung menghanguskan tubuh bayangan Kisame.

Ketika Deidara melarikan diri dari Naruto dan Kakashi, Tim Guy berhasil memojokkan dirinya dan memaksanya untuk meledakkan diri, yang ternyata hanyalah samaran untuk melarikan diri.

Keadaan terkini[sunting | sunting sumber]

Pada saat penyerangan Pein (ketua Akatsuki) ke Konoha sempat diperlihatkan Guy bersama timnya kembali ke Konoha karena firasat buruk, dan sesampainya di Konoha. Might Guy ikut mengantar Naruto dalam perjuangannya mengontrol kekuatan ekor sembilan. Saat perjalanan ia sering menghadapi mabuk laut. Kemudian ia bertemu kembali dengan Kisame, ia berhasil mengalahkan kisame setelah membuka gerbang ke 7. setelah ia berhasil megalahkan Kisame ia bersama Kakashi memimpin divisi 3 dalam perang shinobi ke 4 menghadapi Obito Uciha dan Madara Uciha yang dihidupkan kembali menggunakan Edo Tensei. Ia berhasil membantu Naruto mengalahkan 7 dari monster ekor yang dihidupkan kembali bersama dengan inang mereka.Sempat terdesak karena datangnya Madara Uchiha;ia,Kakashi Hatake,Naruto Uzumaki dan Killer Bee tertolong oleh Pasukan Aliansi Shinobi bersama para ninja aliansi shinobi juga ikut bertarung bersama Naruto, 4 Hokage yang di-Edo Tensei, Tim Taka dan Orochimaru melawan Obito Uchiha yang sudah berubah bentuk ke Mode JInchuriki Juubi. Ia juga sempat bertarung dengan Madara Uchiha yang telah berubah jadi Jinchuriki Juubi. Meski telah mencapai gerbang ke-8 dan membuat Madara sempat kerepotan, ia kalah dan nyaris tewas andai tak ditolong Naruto.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]