Guillaume Marie Anne Brune

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Guillaume Brune

Guillaume Marie Anne Brune (13 Maret 1763—2 Agustus 1815) adalah seorang tentara Prancis dan juga figur politik yang akhirnya menjadi marsekal Prancis.

Brune tinggal di Paris sebelum Revolusi Prancis, belajar hukum dan kemudian menjadi seorang jurnalis politik. Selama Revolusi Prancis dia bergabung dengan kelompok Cordeliers dan berteman dengan Georges Danton. Pada tahun 1793, ia diangkat sebagai Brigadir Jenderal dan turut ambil bagian dalam pertempuran menumpas pemberontakan tentara kerajaan di Paris.

Pada tahun 1796 ia ikut bertempur bersama Napoleon dalam ekspedisi ke Italia, dan dipromosikan sebagai Jenderal Divisi karena kemampuannya yang handal. Ia menjadi komandan tentara Prancis saat merebut Swiss tahun 1798 dan membentuk Republik Helvetic. Tahun berikutnya ia menjadi komandan tentara Prancis dalam menjaga pertahanan di Belanda melawan tentara gabungan Anglo-Rusia dibawa pimpinan Adipati York, dan ia menjalankan tugas ini dengan sempurna dengan mengalahkan para penyerang tersebut pada pertempuran Castricum dan memaksa mereka mundur dan balik lagi ke kapal perang. Dia juga sangat berperan dalam medan tempur di Vendee dan di semenanjung Italia selama tahun 1799-1801.