Louis Antoine de Saint-Just

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Louis Antoine de Saint-Just
Lukisan potret Saint-Just
Saint-Just karya Prud'hon, 1793 (Museum Seni Rupa Murni Lyon)
Anggota Konvensi Nasional
Masa jabatan
20 September 1792 – 27 Juli 1794
Presiden Konvensi Nasional ke-38
Masa jabatan
19 Februari 1794 – 6 Maret 1794
Anggota Komite Keamanan Publik
Masa jabatan
30 Mei 1793 – 27 Juli 1794
Informasi pribadi
Lahir (1767-08-25)25 Agustus 1767
Decize, Perancis
Meninggal dunia 28 Juli 1794(1794-07-28) (umur 26)
Paris
Partai politik La Montagne

Louis Antoine Léon de Saint-Just[a] (pengucapan bahasa Perancis: [sɛ̃ʒyst]; lahir 25 Agustus 1767 – meninggal 28 Juli 1794 pada umur 26 tahun) adalah seorang pemimpin politik dan militer pada masa Revolusi Perancis. Sebagai deputi termuda yang terpilih dalam Konvensi Nasional pada 1792, Saint-Just cepat meningkatkan pangkatnya dan menjadi pemimpin besar dari pemerintahan Republik Perancis Pertama. Ia merebakkan gerakan untuk mengeksekusi Raja Louis XVI dan kemudian merancang Konstitusi Perancis 1793 yang radikal.

Ia merupakan teman dekat Maximilien Robespierre, dan menjabat dengannya sebagai salah satu komisioner Komite Keamanan Publik yang berkuasa. Disamping menjadi komisar tentara pada awal Peperangan Revolusioner Perancis, Saint-Just menghimpun beberapa disiplin, dan ia dikenal oleh beberapa orang karena kebangkitan lanjutan tentaranya pada garis depan. Kembali ke Paris, ia menaungi konsolidasi kekuasaan Robespierre melalui program intimidasi yang kejam dan berdarah. Dalam masa kejayaannya pada panggung sejarah, ia menjadi wajah publik dari Pemerintahan Teror dan dijuluki "Malaikat Kematian" oleh para penulis pada masa berikutnya. Saint-Just mengadakan penangkapan dan penyiksaan beberapa figur paling terkenal dari Revolusi tersebut.

Saint-Just ditangkap dalam peristiwa kekerasan 9 Thermidor dan dieksekusi sehari berikutnya dengan Robespierre dan para sekutu mereka. Dalam beberapa catatan sejarah Revolusi, kematian mereka di guillotine menandakan akhir Pemerintahan Teror.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Penggunaan tradisional dari nom de terre ("nama lahan") tanpa menggunakan penyebutan kebangsawanan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]