Konsulat Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Konsulat Prancis

Consulat français
Pemerintahan eksekutif Republik Pertama Prancis
Coat of arms or logo
Sejarah
Dibentuk10 November 1799
Dibubarkan18 Mei 1804
Didahului olehDirektori Prancis
Digantikan olehKekaisaran Prancis Pertama
dengan Napoleon Bonaparte sebagai kaisar

Konsulat (Prancis: Le Consulat) adalah pemerintahan tingkat tinggi Prancis dari kejatuhan Direktori dalam kudeta Brumaire pada 10 November 1799 sampai permulaan Kekaisaran Napoleonik pada 18 Mei 1804. Secara garis besar, istilah Konsulat juga merujuk kepada periode ini dalam sejarah Prancis.

Pada periode tersebut, Napoleon Bonaparte, sebagai Konsul Tingkat Satu, yang menjadikan dirinya sebagai kepala pemerintahan republikan yang lebih otoriter, otokrat dan tersentralisasi di Prancis meskipun tak mendeklrasikan dirinya sendiri sebagai penguasa tunggal. Karena lembaga-lembaga jangka panjang yang didirikan pada masa tersebut, Robert B. Holtman menyebut Konsulat sebagai "salah satu periode paling penting dari seluruh sejarah Prancis."[1] Napoleon mendatangkan kekuasaan personal otoritarian yang dipandang sebagai kediktatoran militer.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Robert B. Holtman, The Napoleonic Revolution (Baton Rouge: Louisiana State University Press, 1981), 31.
  2. ^ Jones, Colin. The Cambridge Illustrated History of FrancePerlu mendaftar (gratis) (edisi ke-1st). Cambridge University Press. hlm. 193–94. ISBN 0-521-43294-4. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]


 Artikel ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikWiriath, Paul (1911). "France § History". Dalam Chisholm, Hugh. Encyclopædia Britannica. 10 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 859–860.