Jean Lannes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jean Lannes, Adipati Montebello ke-1, Pangeran Siewierz (10 April 1769 – 31 Mei 1809), adalah seorang komandan militer Prancis dan Marsekal Kekaisaran yang bertugas selama Revolusi Prancis dan Perang Napoleon.

Dia adalah salah satu jenderal Napoleon yang paling berani dan berbakat, dan dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu komandan militer terbesar dalam sejarah. Napoleon pernah mengomentari Lannes: "Saya menemukan dia seorang kerdil dan meninggalkan dia seorang raksasa". Seorang teman pribadi kaisar, dia diizinkan untuk memanggilnya dengan akrab tu, sebagai lawan dari formal vous.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Lannes lahir di kota kecil Lectoure, di provinsi Gascony di Prancis Selatan. Ia adalah putra seorang pemilik tanah kecil dan pedagang, Jeannet Lannes (1733–1812), putra Jean Lannes (w. 1746), seorang petani, dan istrinya, Jeanne Pomiès (w. 1770), dan cucu dari pihak ayah Pierre Lane dan istri Bernarde Escossio (keduanya meninggal pada tahun 1721), dan istri Cécile Fouraignan (1741–1799), putri Bernard Fouraignan dan istri Jeanne Marguerite Laconstère. Dia magang di usia remajanya di tukang celup. Lannes menerima sedikit pendidikan, tetapi kekuatan dan kemahirannya yang luar biasa dalam banyak olahraga menyebabkan dia pada tahun 1792 terpilih menjadi sersan mayor dari batalion sukarelawan Gers, yang dia ikuti setelah pecahnya perang antara Perancis dan Spanyol. Dia bertugas di bawah Jenderal Jean-Antoine Marbot selama kampanye di Pyrenees pada tahun 1793 dan 1794, dan naik pangkat menjadi chef de brigade dengan perilakunya yang luar biasa. Selama berada di Pyrenees, Lannes diberi beberapa tugas penting oleh Jenderal Jacques François Dugommier dan direkomendasikan untuk dipromosikan oleh calon Marsekal Louis-Nicolas Davout.

Kampanye Italia dan Mesir[sunting | sunting sumber]

Lannes bertugas di bawah Jenderal Barthélemy Louis Joseph Schérer, mengambil bagian dalam Pertempuran Loano. Namun, pada tahun 1795, sebagai akibat dari reformasi tentara yang dilakukan oleh Thermidorians, ia diberhentikan dari pangkatnya. Dia mendaftar kembali sebagai sukarelawan sederhana di Armée d'Italie Prancis. Dia bertugas dalam kampanye Italia tahun 1796, dan naik pangkat tinggi sekali lagi, diberi komando sebuah brigade di divisi Jenderal Pierre Augereau dan kemudian 3 batalion penjaga depan permanen pada waktu yang berbeda. Lannes menonjol dalam setiap pertempuran dan memainkan peran penting dalam kemenangan di Dego. Pada Pertempuran Bassano, dia merebut dua bendera musuh dengan tangannya sendiri dan menerima banyak luka di Pertempuran Arcole tetapi tetap memimpin pasukannya secara langsung.

Lannes memimpin pasukan di bawah Claude Victor-Perrin dalam invasi Negara Kepausan. Ketika dia dan kelompok pengintai kecil bertemu dengan 300 kavaleri Kepausan, dia menghindari bahaya dengan secara cerdik memerintahkan orang-orang tersebut untuk kembali ke markas, meyakinkan mereka untuk tidak menyerang.

Ia dipilih oleh Bonaparte untuk menemaninya ke Mesir sebagai komandan di salah satu brigade Jenderal Jean-Baptiste Kléber, yang mana ia sangat menonjol dalam kapasitasnya, terutama selama mundur dari Suriah. Lannes terluka di Pertempuran Abukir, sebelum dia kembali ke Prancis bersama Bonaparte, dan membantunya dalam Kudeta 18 Brumaire. Setelah pengambilalihan dan pengangkatan Bonaparte sebagai Konsul Prancis, Lannes dipromosikan menjadi jenderal divisi dan komandan pengawal konsuler.

Kembali dengan Armée d'Italie, Lannes memimpin barisan terdepan dalam penyeberangan Pegunungan Alpen pada tahun 1800, berperan penting dalam memenangkan Pertempuran Montebello, yang kemudian ia ambil gelarnya, dan memainkan peran besar dalam Pertempuran Marengo.

Perang Napoleonik[sunting | sunting sumber]

Jenderal Joachim Murat dan Chef de brigade Jean-Baptiste Bessières berencana untuk memecat Lannes karena defisit anggaran, tetapi Augereau menyelamatkannya. Akibatnya, Lannes tidak dipermalukan sepenuhnya, melainkan dikirim sebagai duta besar untuk Portugal pada tahun 1801. Ada perbedaan pendapat mengenai manfaatnya dalam kapasitas ini; Napoleon tidak pernah memanfaatkannya lagi. Lannes membeli Château de Maisons abad ketujuh belas, dekat Paris, pada tahun 1804 dan salah satu apartemen negaranya didekorasi ulang untuk kunjungan Napoleon.

Setelah berdirinya Kekaisaran Prancis Pertama, ia diangkat menjadi salah satu dari delapan belas Marsekal Kekaisaran yang asli. Pada tahun 1805, dia mendapatkan kembali dukungan Napoleon, yang hilang selama di konsulat. Di Austerlitz, dia memimpin sayap kiri Grande Armée. Selama Perang Koalisi Keempat, Lannes berada dalam kondisi terbaiknya, memimpin korpsnya dengan penghargaan terbesar dalam perjalanan melalui Hutan Thuringian, Pertempuran Saalfeld (yang dipelajari sebagai model saat ini di Sekolah Staf Prancis), dan Pertempuran Saalfeld. Pertempuran Jena. Kepemimpinannya dalam barisan terdepan di Friedland bahkan lebih menonjol.

Pada tahun 1807, Napoleon menciptakan kembali Kadipaten Siewierz (Sievers), memberikannya kepada Lannes setelah Prusia terpaksa menyerahkan semua perolehannya dari partisi kedua dan ketiga Polandia.

Setelah itu, Lannes diuji sebagai panglima tertinggi, karena Napoleon mengirimnya ke Spanyol pada tahun 1808 dan memberinya sayap terpisah dari pasukan untuk memimpin, yang dengannya ia memenangkan kemenangan telak atas Jenderal Francisco Castaños di Tudela pada 22 November. Pada bulan Januari 1809, ia dikirim untuk merebut Zaragoza, dan pada tanggal 21 Februari, setelah salah satu pertahanan paling keras kepala dalam sejarah, Lannes berhasil menguasai tempat itu. Dia kemudian berkata, "Bonaparte terkutuk ini akan membuat kita semua terbunuh" setelah kampanye terakhirnya di Spanyol. Pada tahun 1808, Napoleon mengangkatnya menjadi Adipati Montebello, dan pada tahun 1809, untuk terakhir kalinya, memberinya komando barisan depan. Dia mengambil bagian dalam pertempuran di sekitar Eckmühl dan kemajuan di Wina. Dengan korpsnya, ia memimpin Angkatan Darat Prancis melintasi Sungai Danube dan menanggung beban terberat, bersama Marsekal André Masséna, pada Pertempuran Aspern-Essling.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 22 Mei 1809, saat jeda di hari kedua Pertempuran Aspern-Essling, Lannes pergi dan duduk di tepi parit, tangan menutupi mata dan kaki bersilang.

Saat dia duduk di sana, tenggelam dalam meditasi suram saat melihat temannya, Jenderal Pierre Charles Pouzet, terpenggal di tengah percakapan oleh peluru meriam, peluru meriam kedua yang ditembakkan dari meriam ke arah Enzersdorf memantul dan mengenai dia tepat di tempat kakinya bersilang. Lutut yang satu patah, dan urat punggung yang lain robek. Marsekal berkata, "Saya terluka; tidak apa-apa; berikan tangan Anda untuk membantu saya berdiri." Dia mencoba bangkit, tapi tidak bisa.

Dia dibawa ke tête de pont, di mana kepala ahli bedah mulai membalut lukanya. Salah satu kaki Lannes diamputasi dalam waktu dua menit oleh Dominique Jean Larrey. Dia menanggung operasi yang menyakitkan itu dengan keberanian; belum berakhir ketika Napoleon datang dan, sambil berlutut di samping tandu, menangis sambil memeluk sang marshal. Pada tanggal 23 Mei, dia diangkut dengan perahu ke rumah terbaik di Kaiserebersdorf, yang sekarang menjadi bagian dari distrik Simmering di Wina. Delapan hari kemudian, Lannes meninggal karena luka yang menyakitkan saat fajar tanggal 31 Mei.

Ia awalnya dimakamkan di Les Invalides, Paris, namun pada tahun 1810, ia digali dan dimakamkan kembali di Panthéon nasional setelah upacara megah.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Lannes menikah dua kali, di Perpignan pada tanggal 19 Maret 1795 dengan Paulette Méric, yang diceraikannya karena perselingkuhan pada tahun 1800, setelah dia melahirkan seorang anak laki-laki tidak sah saat dia bertugas di Mesir:

  • Jean-Claude Lannes de Montebello (Montauban, 12 Februari 1799 – 1817), yang meninggal tanpa menikah dan tanpa keturunan,

Pernikahan keduanya dilakukan di Dornes pada 16 September 1800 dengan Louise Antoinette, Comtesse de Guéhéneuc (Paris, 26 Februari 1782 – Paris, 3 Juli 1856), dan dikaruniai lima orang anak:

  • Louis Napoléon (30 Juli 1801 – 19 Juli 1874)
  • Alfred-Jean (11 Juli 1802 – 20 Juni 1861)
  • Jean-Ernest (20 Juli 1803 – 24 November 1882)
  • Gustave-Olivier (4 Desember 1804 – 25 Agustus 1875)
  • Josephine-Louise (4 Maret 1806 – 8 November 1889)

Satu berhasil mendapatkan gelarnya dan tiga lainnya menggunakan gelar kehormatan baron. Salah satu keturunan langsungnya, Philippe Lannes de Montebello, adalah direktur Museum Seni Metropolitan hingga tahun 2008.

Penilaian[sunting | sunting sumber]

Lannes sejajar dengan Louis-Nicolas Davout dan André Masséna sebagai yang paling mampu dari semua perwira Napoleon. Dia terus dipekerjakan dalam tugas-tugas yang membutuhkan resolusi dan keberanian tertinggi, dan lebih khusus lagi ketika kombinasi kaisar bergantung pada kekuatan dan pengorbanan diri dari detasemen atau fraksi tentara. Demikian pula dengan Lannes di Friedland dan di Aspern seperti halnya dengan Davout di Austerlitz dan Auerstedt, dan perkiraan Napoleon tentang kapasitas bawahannya hampir dapat dinilai dengan tepat dari frekuensi yang dia gunakan untuk mempersiapkan jalan bagi pukulannya sendiri yang menghancurkan. . Jenderal yang dapat diandalkan dengan kebajikan militer yang biasa, atau pemimpin pasukan yang berhati-hati dan tepat seperti Jean-de-Dieu Soult dan Jacques MacDonald, ditahan di bawah tangan Napoleon sendiri untuk serangan terakhir yang diluncurkannya sendiri; berjam-jam pertempuran persiapan melawan rintangan dua lawan satu, yang dengan sendirinya memungkinkan pukulan terakhir, dia hanya mempercayakan kepada orang-orang yang memiliki keberanian luar biasa dan kapasitas komando yang tinggi. Tempat Lannes dalam kasih sayangnya tidak pernah terisi.

Aneka ragam[sunting | sunting sumber]

Kue coklat, "Gâteau au chocolat de la Maréchale de Lannes", dinamai menurut namanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Artikel ini menyertakan teks dari publikasi yang sekarang ada di domain publik: Chisholm, Hugh, ed. (1911). "Lannes, Jean". Encyclopædia Britannica. Vol. 16 (11th ed.). Cambridge University Press.
  • Clausewitz, Carl von (2018). Napoleon's 1796 Italian Campaign. Trans and ed. Nicholas Murray and Christopher Pringle. Lawrence, Kansas: University Press of Kansas. ISBN 978-0-7006-2676-2
  • Dunn-Pattison, R. P. (1909), Napoleon's Marshals, Little, Brown & co., ISBN 9781428629264