Jean-Paul Marat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jean-Paul Marat

Jean-Paul Marat (24 Mei 1743 – 13 Juli 1793) adalah seorang dokter, wartawan, ilmuwan, dan politikus yang aktif selama Revolusi Prancis. Seorang jurnalis dan politikus selama Revolusi Prancis, dia adalah pembela sans-culottes yang gigih, bersuara radikal, dan menerbitkan pandangannya dalam pamflet, plakat, dan surat kabar. Surat kabarnya L'Ami du peuple (Sahabat Rakyat) membuatnya menjadi penghubung tidak resmi dengan kelompok Jacobin radikal yang berkuasa setelah Juni 1793.

Perburuannya yang menetap, suaranya yang konsisten dan kekuatan ramalannya yang ajaib membuatnya dipercayai oleh rakyat dan menyebabkannya memiliki hubungan tak resmi dengan Klub Jacobin yang radikal yang naik kuasa pada bulan Juni 1793.

Ia dibunuh oleh Charlotte Corday, seorang simpatisan Girondis, ketika sedang mandi obat untuk kondisi kulitnya yang melemahkan. Corday dieksekusi empat hari kemudian atas pembunuhannya, pada 17 Juli 1793. Marat kemudian dimakamkan di Panthéon, Paris.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Marat mengenyam pendidikan awalnya di kota Neuchâtel dan ada murid Jean-Élie Bertrand, yang kemudian mendirikan Société typographique de Neuchâtel. Pada usia 17 tahun dia melamar ekspedisi Jean-Baptiste Chappe d'Auteroche ke Tobolsk untuk mengukur transit Venus, tetapi ditolak. Perlindungan pertamanya dipenuhi dengan keluarga Nairac yang kaya di Bordeaux, tempat dia tinggal selama dua tahun. Dia kemudian pindah ke Paris dan belajar kedokteran tanpa memperoleh kualifikasi formal apapun. Setelah pindah ke Prancis, Jean-Paul Mara mengubah namanya menjadi "Marat". Dia bekerja, secara informal, sebagai dokter setelah pindah ke London pada tahun 1765 karena takut "diseret ke dalam pemborosan". [rujukan?] Sementara di sana dia berteman dengan seniman Akademisi Kerajaan Angelica Kauffman. Lingkaran sosialnya termasuk seniman dan arsitek Italia yang bertemu di kedai kopi di sekitar Soho. Sangat ambisius, tetapi tanpa perlindungan atau kualifikasi, dia mulai memasukkan dirinya ke dalam kancah intelektual.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]