Get Married (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Get Married
SutradaraHanung Bramantyo
ProduserChand Parwez Servia
SkenarioMusfar Yasin
CeritaMusfar Yasin
PemeranNirina Zubir
Ringgo Agus Rahman
Aming
Deddy Mahendra Desta
Richard Kevin
Meriam Bellina
Jaja Mihardja
Ira Wibowo
Inggrid Widjanarko
Iga Mawarni
Penata musikSlank
SinematograferFaozan Rizal
PenyuntingCesa David Luckmansyah
Perusahaan
produksi
Tanggal rilis
11 Oktober 2007
Durasi105 menit
NegaraIndonesia
BahasaBahasa Indonesia
Penghargaan
Festival Film Indonesia 2007

Get Married adalah film drama komedi Indonesia yang dirilis pada tahun 2007. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dibintangi oleh Nirina Zubir, Ringgo Agus Rahman, Aming, Deddy Mahendra Desta, Richard Kevin, Meriam Bellina, Jaja Mihardja, Ira Wibowo, Inggrid Widjanarko dan Iga Mawarni.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini mengangkat kehidupan 4 anak muda yang mangakui dirinya sebagai anak muda paling frustrasi se-Indonesia. Mae (Nirina Zubir) obsesi terbesarnya adalah menjadi seorang polisi wanita tetapi justru oleh orangtuanya dimasukkan ke akademi sekretaris dan bergelar sarjana. Eman (Aming) yang ingin mengabdikan dirinya di dunia politik, dan menjadi politikus sejati, malah dimasukkan ke pesantren oleh orang tuanya. Anak muda yang tidak beruntung selanjutnya adalah Beni (Ringgo Agus Rahman) yang bercita-cita jadi petinju tetapi masuk sekolah pertanian. Sedangkan Guntoro (Deddy Mahendra Desta) yang selalu berangan-angan jadi seorang pelaut dan bisa keliling dunia, malah selalu berurusan dengan komputer, ia mengikuti kursus komputer. Jadilah mereka anak-anak muda yang frustrasi yang mengisi hari-hari mereka dengan bermain gaple bersama di sebuah gubug di pinggiran kali.

Tiba-tiba saja ada kesadaran pada orang tua Mae (Jaja Mihardja dan Meriam Bellina), bahwa setiap manusia mestilah berkembang biak. Sedangkan satu-satunya penerus yang mereka miliki hanyalah Mae. Tapi Mae yang tomboy yang tak pernah merawat diri sebagai perempuan sejati, tak tersentuh kosmetik pasti tidak aka dilirik pria, baik pria satu kampung atau dari luar. Dan lebih parahnya lagi setiap harinya ia bergaul dengan tiga pemuda tidak jelas dan sewaktu-waktu bisa mengganggu keselamatan pria yang mendekat padanya.

Akhirnya Mae pun dicarikan jodoh di luar kampung. Tak disangka ternyata yang berminat, hanya anak muda yang cuma bermotor bebek. Sementara selera Mae sangat tinggi. Ingin punya suami yang gagah dan mentereng. Terbesit keinginan untuk dijodohkan dengan seorang olahragawan bertubuh kekar. Tapi sayangnya Mae tetap saja menolak, dan akhirnya ke-3 sahabatnya turun tangan untuk mengenyahkan si pria kekar ini. Sampai akhirnya muncullah sang pangeran, Rendy (Richard Kevin) seorang pemuda yang tampan dan kaya yang mampu membuat Mae jatuh cinta pada pandangan pertama, Rendy yang tak lain adalah Bos dari si Bodyguard yang pernah melamar Mae.

Tidak beda dengan Mae, Rendy juga sedang di kejar-kejar oleh Mamanya untuk segera mencari istri. Rendy yang sedang mencari gadis unik, beda dengan gadis-gadis lain yang seragam, pun juga jatuh cita pada Mae. Tapi ulah ketiga sahabatnya, Eman, Beni, dan Guntoro, yang belum sanggup berpisah dengan Mae membuat hari-hari bahagia yang ada di depan mata Mae hancur berantakan.

Bu Mardi, ibu Mae, jatuh sakit karena memikirkan anaknya yang tak juga berjodoh. Bila ia mati dan Mae belum kawin maka ia mengancam akan jadi hantu. Mae pun panik dan berusaha untuk menyelamatkan nyawa ibunya.

Karena tidak tahu harus menikah dengan siapa maka calon yang ada hanya tiga sahabatnya itu. Bagi Eman, Beni, dan Guntoro, ini amat menggelikan. Tapi akhirnya mereka menyadari ini merupakan ujian persahabatan bagi mereka.

Ke tiga pria ini pun berunding di gubuk kebanggaan mereka dan menetapkan siapa yang akan menjadi pendamping Mae. Perundingan ditentukan dengan suit, yang kalah dan yang menjadi pengantin pria adalah Guntoro, tetapi beberapa hari menjelang pernikahan tiba-tiba saja Guntoro sakit. Perundingan kembali dilakukan dan pilihan jatuh pada Eman. Senada dengan Guntoro, Eman pun tiba-tiba sakit. Tinggallah Ben yang tersisa. Mau tak mau Ben yang menjadi pendamping Mae.

Pesta pernikahan pun digelar, tetapi dari pihak luar tidak terima Mae direbut oleh Ben. Rendy membawa pasukan Harley-nya menyerbu kampung Mae dan terjadilah tawuran tak terkendali.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Album[sunting | sunting sumber]

Ost. Get Married
Album lagu tema karya Slank
Dirilis2007
GenrePop Rock
LabelSlank Music Indonesia
ProduserSlank
Kronologi Slank
Ost. Anak Menteng
(1997)String Module Error: Match not found1997
Ost. Get Married
(2007)
Ost. Generasi Biru
(2009)String Module Error: Match not found2009

Ost. Get Married adalah album musik karya Slank yang dirilis pada tahun 2007 untuk mengiringi film Get Married yang dibintangi oleh Nirina Zubir dan Richard Kevin.

Hits singel album ini adalah lagu lawas milik A. Rafiq yang diaransemen ulang berjudul Pandangan Pertama. Dalam lagu ini Slank berkolaborasi dengan pemain filmnya, Nirina Zubir. Sedangkan hits singel keduanya lagu Kuil Cinta

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  • 1. Pandangan Pertama feat Nirina Zubir
  • 2. Kuil Cinta
  • 3. Orkes Sakit Hati
  • 4. Loe Harus Grak
  • 5. Atmosphere Ngeblues
  • 6. Sosial Betawi Yoi (SBY)
  • 7. Atas Nama Blues
  • 8. Friendship
  • 9. Pacar & Sahabatku
  • 10. Kamu Harus Pulang

Album Slank ini merupakan original soundtrack untuk film Get Married yang tayang di layar lebar Indonesia. Dari 10 lagu yang ada di album kompilasi ini, terdapat 1 buah lagu lama ciptaan (Alm) A.Rafiq yang berjudul Pandangan Pertama yang diaransemen ulang SLANK bareng Nirina Zubir sang tokoh utama di film Get Married. Untuk album ini SLANK juga menghadirkan sebuah lagu baru berjudul Kuil Cinta. Album yang diedarkan dalam bentuk kaset dan compact disc ini diisi oleh Kaka (vocal & harmonica), Abdee (guitar), Ridho (guitar & piano), Ivanka (bass) dan Bimbim (drums) dengan SLANK Records sebagai executive producer, SLANK sebagai produser & Program/PT.Virgo Ramayana Record sebagai distributor. Untuk proses recording kedua lagu baru di luar lagu lama SLANK tadi dilakukan di Parah Studio – Potlot yang dioperatorin sama Caca Sadat, yang kemudian dilanjut mixing oleh Tommy P Utomo & mastering oleh Conrad Lamuri. Desain cover untuk album ini digarap oleh Ari, sementara untuk desain album oleh Refiq Prasetyo. Photo for SLANK untuk album ini dikerjakan oleh Kelvin Oking, dan album ini disponsori oleh Telkomsel.

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref.
2007 Festival Film Indonesia 2007 Film Terbaik Get Married Nominasi [1]
Sutradara Terbaik Hanung Bramantyo Menang
Pemeran Utama Pria Terbaik Ringgo Agus Rahman Nominasi
Pemeran Pendukung Pria Terbaik Jaja Mihardja
Pemeran Pendukung Wanita Terbaik Meriam Bellina Menang
Skenario Terbaik Musfar Yasin Nominasi
Penyunting Gambar Terbaik Cesa David Luckmansyah Menang
Sinematografi Terbaik Faozan Rizal Nominasi
Tata Artistik Terbaik Allan Sebastian
Tata Suara Terbaik Adityawan Susanto dan Adimolana Machmud
2008 Indonesian Movie Awards 2008 Aktris Terbaik Nirina Zubir [2]
Aktor Pendukung Terbaik Jaja Mihardja
Aktris Pendukung Terbaik Meriam Bellina
Film Terfavorit Get Married
Aktris Terfavorit Nirina Zubir Menang
Soundtrack Terfavorit "Pandangan Pertama" — (Slank feat. Nirina Zubir) Nominasi
Festival Film Bandung 2008 Film Terpuji Get Married Nominasi [3]
Sutradara Terpuji Hanung Bramantyo
Pemeran Utama Pria Terpuji Aming
Pemeran Utama Wanita Terpuji Nirina Zubir Menang [4]
Pemeran Pendukung Pria Terpuji Jaja Mihardja Nominasi
Pemeran Pendukung Wanita Terpuji Meriam Bellina Menang
Penulis Skenario Terpuji Musfar Yasin Nominasi
Penata Musik Terpuji Slank Nominasi
Penyunting Gambar Terpuji Cesa David Luckmansyah Menang

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Nominasi Piala Citra 2007 Diumumkan". KapanLagi.com. 30 November 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-06. Diakses tanggal 15 November 2020. 
  2. ^ Mahgriefie, Lusi Catur (28 Maret 2008). "IMA 2008, Digelar Malam Nanti". Okezone.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-29. Diakses tanggal 15 November 2020. 
  3. ^ "Enam Film Rebutan Gelar Terpuji Festival Film Bandung". KapanLagi.com. 3 April 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-02. Diakses tanggal 21 November 2020. 
  4. ^ "Ayat-Ayat Cinta Sabet 5 Piala Terpuji Festival Film Bandung". detikcom. 30 April 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-10-04. Diakses tanggal 21 November 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]