Generasi Biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Untuk film musikal tahun 2009 tentang Slank, lihat Generasi Biru (film).
Generasi Biru
Slank GB.jpg
Album studio karya Slank
Dirilis Desember 1994
Genre Rock
Label Slank Records, ProGram
Produser Slank
Kronologi Slank
Piss!
(1993)Piss!1993
Generasi Biru
(1994)
Minoritas
(1996)String Modul Galat: Tidak cocok1996
Singel dari album Generasi Biru
  1. Kamu Harus Pulang
  2. Terbunuh Sepi

Generasi Biru adalah album studio keempat karya grup musik Indonesia, Slank, yang dirilis pada tahun 1994. Album ini diproduksi sendiri oleh Slank. Album yang berisikan 11 lagu ini mengandalkan lagu Kamu Harus Pulang dan Terbunuh Sepi sebagai singel terkenalnya.

Atas angka penjualan yang tinggi dalam semua kategori musik di Indonesia pada tahun 1994-1995, album ini meraih penghargaan Platinum Ganda (bahasa Inggris: Double Platinum) dari BASF Awards.[1]

Proses produksi[sunting | sunting sumber]

Generasi Biru adalah album tonggak reformasi Slank. Setelah manajemen Slank lepas dari Boedi Soesatio pada tahun 1994, Slank mendirikan biro manajemen, studio rekaman, rumah produksi, dan perusahaan rekaman yang berdiri sendiri.[1] Manajemen dikelola oleh Pulau Biru Production. Produksi album dilakukan oleh Piss Record, perusahaan rekaman milik Slank sendiri.[2]

Proses rekaman dilakukan melalui eksperimen tiga tempat berbeda, yaitu di Potlot 14, Pondok Nurul (Puncak, Jawa Barat), dan Cibubur, Jawa Barat. Sampul album didesain oleh seorang sutradara ternama, yakni Dimas Djayadiningrat. Berbeda dengan album sebelumnya, logo Slank pada album ini dibuat oleh Bongky. Hal menarik lainnya adalah, proses pengambilan vokal untuk lagu Terbunuh Sepi dilakukan oleh Kaka di tengah lapangan dan saat tengah malam.

Album ini dipasarkan dalam bentuk kaset dan Compact Disc (CD) dengan pendistribusian dibantu oleh Program/Virgo Rec. Mixing dan mastering dikerjakan oleh Indra Q di Jackson Studio.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Generasi Biroe
  2. Serba Salah
  3. Kamu Harus Pulang
  4. Blues Males
  5. Nggak Perawan Lagi
  6. .........
  7. Hey Bung!
  8. Reaksi
  9. Feodalisme
  10. Birokrasi Complex
  11. Pisah Saja Dulu
  12. Terbunuh Sepi

Personil[sunting | sunting sumber]

Personil Slank dalam album ini sama dengan album sebelumnya, yaitu:

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Album ini memperoleh penghargaan Platinum Ganda (Double Platinum) dalam BASF Awards untuk kategori album terlaris tahun 1994–1995.[1]

Video klip lagu Kamu Harus Pulang yang disutradarai oleh Gusti Hermansyah dari Djerit Sinema berhasil meraih penghargaan Video Klip Favorit dari Video Musik Indonesia tahun 1994-1995 dan Video Klip Terbaik Sepanjang Tahun 1995-1996.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Sen, Krishna; Hill, David T. (2004). "5 Global industry, national politics: Popular music in 'New Order' Indonesia". Dalam Chun, Allen; Rossiter, Ned; Shoesmith, Brian. Refashioning Pop Music in Asia: Cosmopolitan Flows, Political Tempos, and Aesthetic Industries. ConsumAsian Series (dalam bahasa bahasa Inggris). Routledge. hlm. 81. ISBN 9781135791513. 
  2. ^ Bunda Iffet; Darmawan Sepriyossa (2010). Rock'n Roll Mom: Kasih Bunda Iffet Membebaskan Slank dari Narkoba. Hikmah. hlm. 60. ISBN 9786028767156. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]